Mengintip Upacara Tumpek Landep di Tanah Dewata

IMG-20150516-WA0005

Hal menarik dari pulau Dewata yang tak kalah terkenal dengan pesona alamnya adalah beberapa tradisi umat Hindu dengan upacara yang selalu membuat kita ingin tahu apa makna dari upacara tersebut. Salah satunya adalah Upacara Tumpek Landep yang baru saja dirayakan oleh umat hindu sabtu kemarin.

Tumpek Landep adalah hari dimana umat hindu melakukan upacara dengan tujuan untuk memohon keselamatan kepada Tuhan atas segala yang telah diberikan berupa ketajaman pikiran untuk menciptakan benda-benda yang dapat membantu kehidupan manusia. Tumpek landep sendiri dilakukan enam bulan sekali dalam kalender hindu.  Landep sendiri berarti tajam,  diartikan untuk benda-benda tajam seperti perkakas atau senjata yang dipakai untuk mempermudah pekerjaan. Disebut juga hari raya besi karena alat-alat yang terbuat dari besi diikut sertakan dalam upacara ini.

IMG-20150516-WA0003

Seiring perkembangan jaman, upacara Tumpek Landep sendiri lebih mengarah untuk mengupacarai kendaran bermotor seperti mobil, motor ataupun kendaran lain yang biasa dipakai dalam kehidupan sehari-hari sebagai ucapan syukur atas kemudahan yang diberikan oleh Tuhan khususnya dalam kemajuan pengetahuan. ( image credit: WY)

 

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

Pipit

Programmer who loves code, traveling, food and fashion.
IG @penguintengil
TW @penguintengil
FB http://facebook.com/pipitnurulfitria
Sites http://penguintengil.wordpress.com http://nurulfitria.com