Couchsurfing: A Place where Each Other are Helping

Travel like a local

aplikasi couchsurfing : Travel like a local

Traveling di era modern ini rasanya sudah tidak sulit untuk dilakukan. Informasi tentang suatu destinasi dapat dengan mudah kita dapatkan di internet. Berbagai forum dan sosial media sekarang dapat membuat orang-orang yang tidak tidak saling mengenal menjadi sangat dekat meskipun sebenarnya terpisah jarak dan waktu yang begitu jauh.

Pengalaman dari seseorang yang yang sudah berkeliling dari satu tempat ke tempat yang lainnya pun dapat dengan mudah kita jumpai di blog-blog traveling dan dapat kita gunakan sebagai referensi sebelum melakukan traveling. Dengan kemajuan teknologi seperti ini seharusnya kesulitan-kesulitan saat traveling mulai sedikit berkurang dan dapat membantu kita dalam mulai menentukan destinasi yang ingin kita tuju.

Bukan hanya sebatas itu, sekarang juga sudah mulai bermunculan aplikasi-aplikasi yang memang dikhususkan untuk para penikmat traveling. Sebut saja Airbnb, sebuah aplikasi yang membantu para traveler untuk mencari penginapan dari harga termurah sampai paling mahal di suatu daerah, mulai dari hotel sampai penyewaan kamar.

Ada juga Skyscanner, aplikasi yang membantu para traveler untuk mencari penerbangan menuju destinasi yang ingin dituju. Ada juga Weatherpro, sebuah aplikasi yang berisi informasi cuaca di berbagai belahan dunia yang bisa membantu para traveler untuk mempertimbangkan mengunjungi suatu daerah. Namun beberapa aplikasi tersebut rasanya hanya menawarkan kemudahan yang interaksinya kita lakukan hanya dengan aplikasi atau mesin.

Ada sebuah aplikasi traveling yang daily voyagers rasa sedikit berbeda. Aplikasi yang benar-benar dikhususkan untuk para pecinta traveling yang tidak hanya menawarkan kemudahan tetapi juga relasi, kekeluargan, keceriaan dan cerita dengan para traveler lainnya. Aplikasi tersebut ialah Couchsurfing.

Aplikasi yang sudah mendunia ini dapat diunduh secara gratis di smart phone ini sudah di download lebih dari 500.ooo kali oleh pengguna android dan juga pengguna iOS. Sejarah munculnya aplikasi ini ialah ketika Casey Fenton (Founder Aplikasi Couchsurfing) pada tahun 1999 menemukan penerbangan murah dari Boston ke Islandia. Fenton secara acak mengirim 1500 email ke seluruh pelajar di Universitas Islandia dan menanyakan apakah dia bisa tinggal disana.

Secara mengejutkan dia mendapat lebih dari 50 bantuan yang menawarkan untuk tinggal di tempat mereka. Sepulangnya dia dari Islandia, Fenton langsung memulai untuk mengembangkan ide yang mendukung proyek couchsurfing ini. Pada tahun yang sama juga Fenton mendaftarkan couchsurfing.com. (Cerita mengenai sejarah dan korporasi Couchsurfing bisa dibaca disini).

Aplikasi Couchsurfing terdiri atas dua kata yaitu “Couch” yang artinya  penginapan dan “Surfing” yang artinya berselancar namun pada hal ini lebih diidentikkan dengan traveler. Dengan aplikasi couchsurfing kita bisa mendapatkan tumpangan penginapan dari seorang Host secara gratis di suatu negara atau daerah, interaksi kita menjadi lebih nyata karena kita tinggal dengan “orang asing” yang mungkin belum pernah kita temui sebelumnya, disinilah kita belajar untuk percaya dan menghargai.

Tidak hanya itu saja, kita juga bisa menjadi host. Maksudnya adalah kita menjadi tuan rumah yang mempersilahkan para surfer untuk tinggal dan menetap di rumah atau penginapan kita sampai akhirnya surfer tersebut beranjak ke destinasi berikutnya, disini kita bisa belajar untuk melayani. Namun tidak hanya itu, ternyata pada kenyataannya kita justru bisa mendapatkan sesuatu hal yang lebih yaitu misalnya kita mendapatkan info dari si host mengenai destinasi wisata apa saja yang ada di kota mereka dan tak jarang juga kita mendapat teman traveling bareng.

Aplikasi Couchsurfing telah menyatukan seluruh traveler di dunia yang mau untuk berbagi dengan cara yang menyenangkan dan memiliki arti, membuat sebuah perjalanan menjadi lebih memiliki interaksi sosial.  Sampai saat ini Aplikasi Couchsurfing sudah menjadi sebuah komunitas yang besar yang terdiri dari lebih dari 10.000.000 orang di lebih dari 200.000 kota yang  berbagi hidup mereka, dunia mereka, perjalanan mereka.

Ada beberapa nilai positif yang bisa didapat dari Aplikasi Couchsurfing:

  1. Berbagi Kehidupan
    Couchsurfing itu intinya soal berbagi kehidupan, pengalaman, perjalanan, rumah, makanan atau view sunset. Dengan aplikasi couchsurfing diharapkan semangat dari kemurahan hati bila diterapkan dengan bebas dan benar akan memiliki kekuatan untuk mengubah dunia. Kita belajar untuk membuka diri dan menjadi orang yang tidak pelit.
  2. Membuat Koneksi
    Koneksi dan relasi membuat orang menjadi lebih bahagia dan aplikasi Couchsurfing menawarkan itu. Dengan menerima keramahan dari “Orang Asing” membuat kepercayaan kita terhadap orang lain meningkat dan membantu kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik.
  3. Menawarkan Kebaikan
    Aplikasi Couchsurfing mengajak untuk bertoleransi, menghormati dan menghargai perbedaan yang diwujudkan dalam sebuah kebaikan.
  4. Selalu Penasaran
    Selalu penasaran disini maksudnya adalah selalu memiliki keinginan untuk mengetahui satu sama lain baik soal kebudayaan daerah atau kebiasaan-kebiasaan yang berlaku di suatu tempat, selalu ingin tahu tentang dunia sehingga kita bisa bertumbuh menjadi orang-orang yang lebih baik melalui traveling.

Menjadi seorang yang baik bukanlah sebuah pilihan melainkan sebuah keharusan. Percayalah apa yang kamu lakukan terhadap orang lain maka orang lain akan memperlakukan yang sama kepada kalian. Jadilah seorang surfer yang baik dengan menghargai host yang sudah menjamu kita, kelak ketika kita menjadi host maka surfer lainnya pun akan berlaku baik terhadap kita.

Tunggu Apalagi, segera download aplikasinya dan rasakan kemudahan-kemudahan yang ditawarkan oleh Aplikasi Couchsurfing. Coba dan rasakan bagaimana couchsurfing mengubah cara pandangmu mengenai traveling.

Happy Traveling Guys 🙂

We Envision a world where everyone can explore and create meaningful connections with the people and places they encounter. Building meaningful connections across cultures enables us to respond to diversity with curiosity, appreciation and respect. The appreciation of diversity spreads tolerance and creates global community.
–Couchsurfing

Link Download Android: disini

Link Download iOS: disini

referensi:

  • http://www.couchsurfing.com/about/about-us/
  • http://www.couchsurfing.com/about/values/
  • https://en.wikipedia.org/wiki/CouchSurfing

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

Darius Go Reinnamah

Twitter: @dgoreinnamah |
IG: @dgoreinnamah |
FB: dgoreinnamah |
youtube: Darius Alexander Go Reinnamah | http://goreinnamah.com

You may also like...