Cara Menggunakan Aplikasi Couchsurfing

Seperti yang sudah dibahas pada postingan sebelumnya mengenai couchsurfing, Couchsurfing ternyata banyak membantu para traveler dalam menemukan “rumah” bagi mereka ketika sedang traveling dilihat dari banyaknya unduhan yang sudah dilakukan pada aplikasi ini. Selain rumah sebagai tempat menginap, ternyata para Couchsurfer (sebutan untuk pengguna couchsurfing) juga mendapatkan banyak hal lainnya seperti informasi mengenai objek wisata di daerah dekat tempat ia menginap, mendapatkan teman traveling, mencicipi makanan atau minuman khas daerah sekitar, dan masih banyak lagi yang mungkin tidak pernah direncanakan ketika ingin traveling ke daerah tersebut. Couchsurfing telah mengubah pandangan banyak orang mengenai traveling.

Ditengah kemudahan yang sudah diberikan oleh aplikasi Couchsurfing, pertanyaan yang muncul selanjutnya adalah sudah pernahkah voyagers mengunduh dan menggunakan aplikasi ini pada smartphone kalian, serta mendapatkan kemudahan dari aplikasi ini? Atau voyagers sudah mengunduh namun mengalami kesulitan dengan aplikasi ini? Untuk yang belum pernah mengunduh, maka bisa mengunduh aplikasi tersebut disini (untuk android) dan disini (untuk iOS). Sedangkan untuk voyagers yang mengalami kesulitan dalam menggunakan aplikasi ini, tenang saja, karena daily voyagers akan membantu kalian dalam menggunakan aplikasi ini.

Berikut ini adalah sedikit tutorial untuk menggunakan Couchsurfing pada android dan fitur apa saja yang terdapat di dalamnya:

Halaman Log In

Halaman Log In

  1. Log In
    Saat sudah selesai mengunduh aplikasi couchsurfing, klik aplikasi tersebut dan kalian akan dihadapkan dengan halaman pertama yaitu Log In. Bagi yang sudah punya akun, silahkan login menggunakan username dan password yang sudah didaftarkan, namun untuk yang baru pertama kali menggunakan aplikasi ini, sudah pasti belum mempunyai akun, pilih Sign Up untuk mendaftarkan diri anda menjadi bagian Couchsurfing.
    Hampir sama seperti aplikasi lainnya seperti Facebook atau Twitter, tahap selanjutnya kita akan diminta untuk mengisi nama, email, password, tanggal lahir, dan lokasi dimana kita tinggal. setelah semua informasi yang dibutuhkan oleh couchsurfing terpenuhi maka pilih create account. Kalau sudah, cek inbox pada email kita. Pada email tersebut akan ada link untuk mengaktifkan akun kalian.

    Dashboard Couchsurfing

    Dashboard Couchsurfing

  2. Dashboard
    Setelah selesai Log In kita akan masuk ke halaman Dashboard. Halaman ini berisi beberapa pemberitahuan seputar couchsurfing. Bagi pengguna yang baru pertama kali menggunakan couchsurfing tentu belum ada pemberitahuan apapun selain To Do List. Informasi akan muncul setelah kita melengkapi data diri kita.
    Setelah melengkapi data diri kita (akan dijelaskan pada nomor 3), pada Halaman Dashboard ini kita bisa melihat ada kegiatan apa saja yang sedang diadakan di sekitar tempat tinggal kita sekarang (What’s Happening Nearby). Kita juga bisa melihat ada event apa aja yang ada disekitar kita (Upcoming Events), secara default couchsurfing akan mencari event disekitar tempat tinggal kita ketika kita menekan tombol “search for events” namun jangan khawatir,  kita juga bisa mencari event di daerah yang ingin kita tuju.
    Upcoming Travel adalah rencana perjalanan yang akan kita lakukan, setelah membuat jadwal perjalanan maka rencana perjalanan kita akan tampil pada Upcoming Travel. Jika kita bersedia menjadi host dan sudah menawarkan bantuan menjadi seorang host pada seorang traveler, maka list nama traveler yang akan kita jamu akan tampil pada “Upcoming Guest”. Menu Dashboard ini memang benar-benar berfungsi untuk menampilkan informasi-informasi mengenai apa saja yang akan kita lakukan di couchsurfing, baik menjadi host, perjalanan apa yang akan kita lakukan sampai acara terdekt yang bisa kita hadiri.

    Fitur yang terdapat pada Couchsurfing

    Fitur yang terdapat pada Couchsurfing

    Apabila kita memilih humberger menu (icon berupa 3 garis paralel) yang ada disebelah Dashboard, kita akan melihat menu-menu apa saja yang ada pada couchsurfing. Ada Dashboard, Inbox, Hosts, Travelers, Members, Events, Your Events, Your Public Trips dan Profil. Mari Kita bahas satu per per satu.

    Profil pada Couchsurfing

    Profil pada Couchsurfing

  3. Profil
    Di Menu Profil ini kita diminta untuk menerangkan tentang pribadi kita sendiri. Mulai dari hobi, dimana kita tinggal, alasan kenapa berada di couchsurfing, apakah kita membuka rumah kita untuk menjadi tempat menginap bagi para couchsurfer yang sedang berkunjung ke daerah kita, apa yang bisa kita tawarkan ketika kita menjadi surfer dan masih banyak lagi.  Isilah segala informasi sejujur mungkin.
    Gunakan bahasa yang mudah dimengerti. Gunakan juga foto asli yang jelas, dengan menggunakan foto asli yang jelas maka orang lain dapat memberi penilaian kepada kita dan ketika bertemu tidak timbul kecurigaan akibat perbedaan wajah antara yang asli dengan yang di foto.
    Umumnya orang akan malas untuk menerima kita jika kita menggunakan foto profil seperti gambar kartun, symbol atau yang memang bukan pribadi kita. Pada profil ini kamu berhak untuk memilih informasi apa saja yang perlu diketahui oleh para couchsurfer, ketika kamu anggap itu terlalu personal maka kita memiliki hak untuk tidak menceritakannya.

    Inbox pada Couchsurfing

    Inbox pada Couchsurfing

  4. Inbox
    Inbox disini fiturnya hampir sama seperti yang ada pada sosial media seperti Facebook atau Direct Message pada Twitter. Gunanya adalah untuk berkomunikasi secara personal pada surfer yang berada di couchsurfing. Salah satu contoh penggunaannya adalah seperti berikut, ada seorang Surfer yang ingin berkunjung ke Jakarta dan ingin mencari tempat untuk bermalam, karena kita tinggal di Jakarta dan kita membuka rumah kita untuk dijadikan tempat menginap maka kita bisa menawarkan bantuan kepadanya, kita bisa berkomunikasi secara langsung kepada surfer tersebut melalui inbox dan berbalas pesan dengan surfer tersebut.

    Your Public Trips dan Your Events

    Your Public Trips dan Your Events

  5. Your Public Trips dan Your Events
    Your Public Trips adalah perjalanan ke depan yang akan kita lakukan, kita bisa membuat rencana perjalanan kita disini dengan menekan tombol “Create Public Trip” dan mem-publishnya. Ceritakan kalian akan pergi kemana dan untuk jangka waktu berapa lama dan tuliskan saja bantuan apa yang anda butuhkan. Salah satu tujuan membuat Your Public Trips ini adalah untuk mencari Host, dengan adanya informasi yang kita berikan maka akan dengan mudah Host untuk menawarkan bantuan kepada kita, baik itu bantuan untuk memperoleh penginapan atau sekedar bertemu untuk minum sambil mengobrol.
    Your Events sendiri adalah event yang sudah dibuat oleh para couchsurfer lainnya yang ingin kita hadiri. Ketika kita belum memiliki acara untuk dihadiri, kita bisa mencarinya dengan menekan tombol Browse Events Near You. Tapi setelah menekan tombol tersebut kita langsung dibawa pada menu Events.  Secara default couchsurfing akan mencarikan acara paling dekat disekitar kita baik dari segi jarak dan juga waktu. Ketika kita memiliki banyak events untuk dihadiri maka couchsurfing akan mengurutkannya berdasarkan tanggal yang paling dekat pada menu Your Events ini.

    Events & Members

    Events & Members

     

  6. Events & Members
    Untuk Events, seperti yang telah dijelaskan di atas memiliki keterkaitan dengan Your Events. Kalau Your Events berisi informasi acara apa saja kedepannya yang akan kita hadiri sedangkan Events adalah fasilitas untuk mencari acara tersebut. di sini kita bisa mengetahui acara apa saja yang ada di sekitar kita dan memilih untuk bergabung atau tidak dengan acara tersebut. Kalau kita memilih untuk bergabung maka acara tersebut otomatis akan masuk pada Your Events kalian. Kita bisa mencari Events berdasarakan daerah yang ingin kita tuju pada kolom search.
    Untuk Members, fungsi menu tersebut adalah untuk mencari Traveler yang sudah menjadi member di couchsurfing. Cara menggunakannya adalah dengan mengetikkan nama member yang ingin kamu cari dan akan keluar hasil semua nama member dengan keyword yang sudah kamu ketikkan.

    Travelers and Hosts

    Travelers and Hosts

  7. Travelers dan Hosts
    Fitur Travelers berfungsi untuk melihat travelers yang sedang berkunjung, secara default couchsurfing akan menampilkan Couchsurfer yang berkunjung ke daerah sekitar kita tinggal. Dengan fitur ini kita bisa melihat travelers dan menawarkan diri untuk menjadi Host dengan menekan tombol “Offer to Host”, atau kita bisa langsung untuk berkirim pesan secara personal.
    Sedangkan Hosts berkebalikan dengan Travelers. Fungsi fitur ini adalah untuk mencari Hosts baik disekitar tempat kita sedang berkunjung atau kita mengetikkan sendiri daerah yang kita inginkan pada bagian “Search”, dari sana kita bisa mencoba untuk menginap di tempat host yang menawarkan diri dengan cara menekan tombol “stay with him” atau bisa berbincang terlebih dahulu dengan sang host melalu personal message

    Settings

    Settings

  8. Settings
    Sama seperti aplikasi-aplikasi lainnya. Couchsurfing juga memiliki beberapa pengaturan yang bisa kita atur sendiri. seperti notifikasi masuk seperti apa yang akan kita terima di smartphone kita atau mengedit akun kita. pada menu ini juga kita bisa melihat versi dari couchsurfing dan beberapa bantuan lainnya yang nantinya akan langsung diarahkan ke website couchsurfing.

Gimana? sudah tidak kebingungan lagi kan sekarang untuk menggunakan couchsurfing? semoga sedikit  info diatas dapat membantu kalian untuk menggunakan aplikasi couchsurfing. Tetap ingat untuk menjadi Couchsurfer dan Host yang baik. Be as smart user who can use a technology wisely 🙂

Happy Couchsurfing 🙂

 

The world is a book and those who do not travel read only one page
–Augustine Hippo

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

Darius Go Reinnamah

Twitter: @dgoreinnamah |
IG: @dgoreinnamah |
FB: dgoreinnamah |
youtube: Darius Alexander Go Reinnamah | http://goreinnamah.com

You may also like...