Yuk Bikin Trip Sendiri ke Pahawang

Spot Nemo Pulau Pahawang

Spot Nemo Pulau Pahawang

Belakangan ini mulai banyak warga Indonesia yang menyadari bahwa keindahan alam di Indonesia itu sangat luar biasa. Mereka mulai rajin menyisihkan sedikit penghasilan dan waktu mereka untuk digunakan berkeliling Indonesia atau biasa disebut traveling. Di tengah fenomena traveling yang sedang berkembang ini, Dailyvoyagers melihat mulai banyak bermunculan jasa tour and travel yang “membantu” para traveler untuk memuaskan hasratnya tersebut. Kelebihan yang mungkin kita dapatkan dari jasa tour and travel tersebut adalah kita tidak perlu repot-repot menyusun jadwal perjalanan kita karena dari pihak travel yang akan menyusunnya. Kemudian kita juga tidak perlu memikirkan mode transportasi apa yang akan kita gunakan karena dari pihak tour and travel tersebut yang akan menyesuaikannya dengan budget yang kita miliki. Istilah kasarnya, kita hanya perlu menyiapkan badan dan uang saja. Namun salah satu hal yang tidak menguntungkan dari penggunaan jasa tour and travel tersebut adalah soal harga. Karena tidak jarang harga yang ditawarkan oleh mereka sangatlah tinggi, kadang bisa mencapai 2x lipat dari harga yang kita keluarkan bila kita pergi menggunakan transportasi umum. Karena memang salah satu tujuan mereka adalah untuk menghasilkan profit.

Selisih harga antara menggunakan jasa open trip dan bepergian sendiri ke pulau tersebut ternyata bisa mencapai 150rb/orang. Nominal tersebut tentu dapat digunakan untuk membiayai trip berikutnya. Pun sensasi yang dirasakan saat menjalankan liburan sendiri tanpa bantuan jasa tour and travel tentunya pasti lebih seru.

Karena itulah pada kesempatan kali ini, Dailyvoyagers ingin berbagi kepada voyagers sekalian mengenai cara untuk bepergian atau membuat trip sendiri ke Pulau Pahawang, Lampung dari Jakarta bersama teman-teman. Pulau ini sangat terkenal akan spot nemonya dan sudah tidak diragukan lagi keindahan biru lautnya.

Simak rincian biaya trip ke Pahawang ala Daily Voyagers Berikut.

Plaza Slipi Jaya Source: http://1hal.com/listing/slipi-jaya-plaza/

Plaza Slipi Jaya
Source: http://1hal.com/listing/slipi-jaya-plaza/

1. Slipi Jaya –> Pelabuhan Merak

Transportasi umum yang paling gampang digunakan untuk ke Pelabuhan Merak adalah Bus. Bagi yang berada di Jakarta bisa naik bus melalui Terminal Kampung Rambutan atau Terminal Tanjung Priok. Namun untuk yang merasa jarak ke kedua terminal tersebut terlalu jauh, bisa menunggu bus tersebut di Slipi Jaya, tepat di depan Plaza Slipi Jaya. Karena baik bus dari Terminal Kampung Rambutan atau Terminal Tanjung Priok yang menuju ke Merak akan melewati Slipi Jaya. Bus yang Dailyvoyagers sarankan adalah Arimbi namun apabila voyagers memiliki referensi bus yang lain, silahkan menggunakan referensi tersebut. Ongkos dari Slipi Jaya ke Pelabuhan merak sekitar Rp 28.000/orang. Perjalanan menuju Merak memakan waktu sekitar 2,5 – 3 Jam. Buat voyagers yang berada di Tangerang bisa berangkat dari Stasiun Cikokol.

Pelabuhan Merak

Pelabuhan Merak

2. Pelabuhan Merak –> Pelabuhan Bakauheni

Sesampainya di Pelabuhan Merak maka kita bisa langsung menuju ke lokasi penjualan tiket. Harga tiket untuk kelas Ekonomi dari Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakauheni adalah Rp 10.000/orang. Namun jangan terlalu mengharapkan kenyamanan yang berlebih apabila menggunakan kelas ekonomi. Buat yang mau upgrade kelas dari kelas ekonomi ke Eksekutif maka voyagers hanya perlu menambah Rp 12.000/orang. Di kelas eksekutif ini kita akan mendapatkan ruangan ber-AC dan tempat duduk, setidaknya lebih nyaman apabila kita ingin beristirahat selama kapal berjalan. Perjalanan dari Merak ke Bakauheni memakan waktu sekitar 3 Jam. Kapal dari Merak ke Bakauheni itu 24 Jam, jadi tinggal voyagers sendiri yang atur waktu berangkatnya ya.

Pelabuhan Bakauheni

Pelabuhan Bakauheni

3. Pelabuhan Bakauheni –> Dermaga Ketapang

Dari Pelabuhan Bakauheni ke Dermaga Ketapang, kita bisa menggunakan angkutan umum di sekitar. Namun bukan naik angkutan umum secara konvensional melainkan menyewa angkutan umum tersebut. Harga untuk menyewa angkutan umum tersebut paling mahal adalah Rp 200.000 sekali jalan, (harga bisa saja berbeda tergantung dari bagaimana voyagers menawarnya). Perjalanan dari Bakauheni ke Ketapang memakan waktu sekitar 3 Jam. Infrastruktur di Lampung memang belum begitu bagus hanya saja sekarang ini sudah mulai membaik, jadi jangan kaget ya kalau beberapa kilometer sebelum sampai ke Dermaga Ketapang itu jalannya agak sedikit bergelombang.

Dermaga Ketapang

Dermaga Ketapang

4. Dermaga Ketapang –> Pulau Pahawang

Dari Dermaga Ketapang menuju Pahawang kita harus menggunakan kapal warga sekitar. Kapal umumnya berkapasitas 25-30 orang. Kapal ini jugalah yang akan kita gunakan untuk Hoping Island atau berpindah dari satu spot ke spot yang lainnya. Dari Dermaga Ketapang ke Pulau Pahawang memakan waktu sekitar 2 Jam.

Pulau Pahawang

Pulau Pahawang

Sewa Kapal dan Home stay di Pahawang

Kemungkinan voyagers akan menghabiskan waktu 1-2 hari selama di Pahawang untuk mengunjungi beberapa spot luar biasa yang ada di sana. Untuk itu voyagers perlu menyewa home stay untuk bermalam dan kapal untuk mengunjungi spot-spot tersebut. Biaya sewa home stay di sana itu Rp 500.000/hari dan begitu pula dengan sewa kapal. Biaya makan terpisah dari biaya sewa kamar. Voyagers hanya butuh mengalokasikan dana Rp 20.000/orang untuk satu kali makan apabila ingin menyerahkan persoalan makanan pada pemilik home stay. Jika tidak, kita juga bisa menemukan banyak warung makan di Pulau Pahawang yang dapat menyediakan makanan dan minuman dengan harga yang bervariasi namun terjangkau. Sekarang kita coba mengkalkulasi total biaya yang dihabiskan:

Rincian biaya versi Dailyvoyagers

Rincian biaya versi Dailyvoyagers

Gambar di atas hanyalah perhitungan secara kasar oleh Dailyvoyagers. Perhitungan biaya bisa jadi lebih murah atau mahal bergantung dari pertimbangan yang diambil. Misalnya biaya bisa jadi lebih murah apabila Voyagers hanya menginap 1 hari 1 malam atau makan hanya 4x saja. Sedikit tambahan, angka 14 di atas ialah kuota orang yang harus terpenuhi.

Semoga perkiraan rincian biaya di atas dapat membantu voyagers semua yang ingin pergi ke Pahawang tanpa bantuan pihak yang menyelenggarakan Open Trip. Untuk menyewa homestay bisa menghubungi ibu Painah di 082282515331, sedangkan untuk kapal bisa menghubungi Pak Yanto di 081272832060. Terima Kasih. Happy Traveling 🙂

–Update (Desember 2015) : Bahry Kapal Katir (082281193417) → Penyewaan alat snorkeling, kamera underwater

–Update (26 April 2016): Pak Hendika (081283274253)  Homestay (2nd Opinion)

We are all travelers in the wilderness of this world, and the best we can find in our travels is an honest friend.
–Robert Louis Stevenson

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

Darius Go Reinnamah

Twitter: @dgoreinnamah |
IG: @dgoreinnamah |
FB: dgoreinnamah |
youtube: Darius Alexander Go Reinnamah | http://goreinnamah.com

You may also like...