Surga itu Ternyata ada di Berau

Kalau dulu waktu masih di Sekolah Dasar kita sering sekali diberi tahu kalau Kalimantan merupakan paru-paru dunia. Hal tersebut memang benar, dunia sangat membutuhkan hutan Kalimantan. Selain untuk menjaga ekosistem di Kalimantan sendiri, juga untuk membantu menjaga stabilitas dan kualitas udara di dunia.

Namun waktu di Sekolah Dasar atau bahkan di Sekolah Menengah Pertama jarang sekali ada guru yang menceritakan keindahan laut yang ada di Kalimantan, padahal potensi wisata laut di Kalimantan tidak kalah hebat dengan di tempat lain di Indonesia seperti NTT atau Papua.

Di Kalimantan Timur tepatnya di Kabupaten Berau, terdapat sebuah surga kecil bagi pecinta wisata bahari. Surga itu bernama Kepulauan Derawan. Sebenarnya bukan hanya Derawan yang menjadi Primadona di Kalimantan Timur, ada banyak pulau indah yang masuk ke dalam gugusan kepulauan Derawan yang menambah eksotisme tempat tersebut yaitu Sangalaki, Maratua, dan Kakaban.

Anggota Kepulauan Derawan, Berau

Saat tiba di Derawan, jangan heran kalau kita akan disambut jernihnya laut biru dan penyu yang berenang bebas tanpa takut terhadap manusia. Kalau di Derawan sih kita gak perlu capek-capek mencari penyu karena di sini, penyu ibarat kucing, mereka belalu lalang di laut sekitar. Derawan juga memiliki penginapan di atas laut yang mempesona lho, cocok untuk kalian yang ingin Honeymoon.

Lain lagi di Maratua, di sini merupakan surga bagi para penyelam (Scuba Divers). Di Pulau ini, terdapat banyak sekali spot untuk menyelam. Di Maratua kita bisa melihat Lionfish berkumpul tepat di bawah Cafe Maratua Paradise Resort. Masih di Maratua, kita bisa juga mencoba aktivitas yang memacu adrenalin yaitu Cave Jumping di Hajimangku.

Voyagers ingin bertemu dengan Manta tanpa huruf “N” di belakangnya? Itu lho ikan Pari versi tidak beracun. Sangalakilah tempatnya. Di sini kalian bisa bertemu dengan puluhan atau bahkan ratusan Manta dengan ukuran yang sangat besar. Di Pulau Sangalaki juga terdapat konservasi tukik. Di tempat inilah hewan ini dikembangbiakkan, maklum saja populasi tukik (penyu) di dunia semakin berkurang karena terus diburu dan saat ini Penyu masuk ke dalam daftar hewan yang dilindungi.

Mau main dengan Ubur-ubur tapi takut tersengat? Tenang saja, Di Pulau Kakaban terdapat sebuah Danau yang berisi Ubur-ubur cantik yang tidak menyengat (Stingless Jellyfish). Di sini Voyagers bisa bebas memegang atau bahkan mencium ubur-ubur tersebut. Di Kakaban juga terdapat Secret Lagoon, Surga tersembunyi yang ada di balik sebuah Goa.

Masih belum puas? masih merasa kurang juga? tenang saja, Berau masih punya banyak stok tempat yang siap memuaskan hasrat traveling kamu. Tempat selanjutnya terdapat di ujung timur Berau tepatnya di Biduk-Biduk. Di sini ada tempat untuk “Berkaca”, namanya Labuan Cermin. Karena airnya yang sangat jernih seolah benda apapun yang ada di atas Danau Labuan Cermin akan direfleksikan secara sempurna.

Kalau bermain bersama Clownfish A.K.A. Nemo di laut itu sih sudah biasa, tidak perlu kita jauh-jauh datang ke Berau. Kalau mau ke Berau ya harus main bersama ikan yang sangat besar sekalian, ukurannya bisa ratusan kali lipat dari Nemo. Dimana kita bisa bertemu ikan tersebut dan ikan apa sih yang dimaksud itu?

Ikan itu adalah Whale Shark atau Hiu Paus. Sudah tahu dong ukuran Hiu Paus yang masih “anak-anak” saja sebesar apa? Kita bisa berenang lucu dengan Hiu Paus di Talisayan. Di sana tidak hanya ada 1 Hiu Paus, kalau kamu beruntung kamu bisa bertemu dengan minimal 5 gerombolan Hiu Paus saat bermain ke Talisayan.

Video di atas merupakan sedikit rangkuman perjalanan dari yang sudah ditulis di atas. Jangan lupa main-main ke Berau ya. Selamat menyaksikan video terbaru dari kita. Have a great day 🙂

Simply enjoy life and the great pleasures that come with it.

–Karolina Kurkova

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

Darius Go Reinnamah

Twitter: @dgoreinnamah | IG: @dgoreinnamah | FB: dgoreinnamah | youtube: Darius Alexander Go Reinnamah | http://goreinnamah.com

You may also like...