Jelajah Ceningan dan Lembongan dalam 2 Hari

Hari Pertama

WaktuDeskripsi
07:30 WITATiba Di Bandara Ngurah Rai
08:00 WITATiba di Pantai Sanur
08:30 WITABerangkat Dari Pantai Sanur menuju Mushroom Beach di Nusa Lembongan
09:30 WITATiba di Mushroom Beach Nusa Lembongan
10:00 WITATiba di Penginapan (Hotel Nusa Indah) yang berada di depan Pantai Jungut Batu
11:00 WITABerangkat dari Hotel Menuju Mangrove Point
12:30 WITAMakan Siang di Dream Beach Bar and Lounge
13:30 WITABermain di Dream Beach
15:30 WITAMampir Ke Devil's Tear
17:00 WITAMampir ke Sunset Point Sandy Bay
19:00 WITAKembali Ke Penginapan dan Acara Bebas

Pertama, yang harus Voyagers lakukan saat ingin berkunjung ke Nusa Lembongan adalah pilih penerbangan ke Bali yang paling pagi. Voyagers yang berangkat dari Jakarta sebaiknya menggunakan penerbangan pagi sekitar 4.00 – 5.30 WIB. Sehingga saat menyebrang ke Lembongan dengan kapal cepat,matahari belum terlalu terik. Setibanya di Bandara Internasional Ngurah Rai, Voyagers langsung saja berangkat menuju Pantai Sanur, tempat di mana kapal penyeberangan ke Lembongan berada. Opsi yang bisa voyagers gunakan untuk menuju ke Pantai Sanur adalah dengan menggunakan Grab Taxi atau Uber. Kedua opsi tersebut adalah pilihan paling cepat dan murah menurut Dailyvoyagers. Setibanya di Pantai Sanur, langsung saja menuju ke loket Penjualan Tiket Kapal cepat yang tepat berada di sebelah bundaran Patung Mermaid. Di depan loket terpampang jelas papan besar yang berisi daftar harga tiket dan jenis kapal penyebrangan ke Lembongan. Voyagers bisa memilih kapal cepat yang menuju ke Mushroom Bay di Lembongan. Perjalanan dengan menggunakan kapal cepat memakan waktu kurang lebih 45 – 60 menit, tergantung pada kondisi ombak.

Harga Tiket penyebrangan dari Sanur ke Lembongan

Harga Tiket penyebrangan dari Sanur ke Lembongan

Saat tiba di Mushroom Beach, Voyagers bisa langsung menyewa sepeda motor untuk keperluan voyagers berkeliling Nusa Lembongan dan Ceningan. Pemuda-pemuda Bali yang ada di sana dengan ramah akan langsung menawarkan jasa penyewaan sepeda motor saat voyagers menapakkan kaki pertama kali di Pantai tersebut. Silahkan bernego soal harga sewa motornya. Jarak dari Mushroom Beach ke penginapan kami yang berada di Jungut Batu yaitu Nusa Indah Bungalow tidaklah terlalu jauh, hanya sekitar 30 Menit dengan menggunakan sepeda motor yang dikemudikan dengan sangat santai. Nusa Indah Bungalow tersebut letaknya tepat di depan Pantai Jungut Batu, pantai yang warna biru lautnya sangat menggoda. Untuk review penginapan Nusa Indah Bungalow sendiri, voyagers bisa membacanya di sini.

Pantai Jungut Batu

Pantai Jungut Batu

Setelah Check in di penginapan, meletakkan semua barang bawaan, istirahat sejenak, dan mengganti pakaian, tibalah waktunya voyagers melajukan kuda besi yang sudah disewa ke destinasi pertama yaitu Mangrove Point. Jarak dari Nusa Indah Bungalow ke Mangrove Point sangat dekat, hanya sekitar 10 menit. Sesampainya di Mangrove Point, sewalah sebuah perahu sampan untuk berkeliling Hutan Mangrove tersebut. Mengapa memilih sampan dan bukannya perahu bermesin? Alasanya adalah selain untuk mendapatkan kesan lebih tradisional, alasan lainnya adalah lebih lambat, lebih murah, dan hemat bahan bakar sehingga voyagers lebih bisa menikmati petualangan di hutan kecil yang sedikit menyerupai Amazon tersebut. Hanya dibutuhkan waktu kurang lebih 30-45 menit untuk berkeliling Hutan ini.

Menjelajahi Hutan mangrove

Menjelajahi Hutan mangrove

Setelah berkeliling hutan Mangrove, sudah pasti perut voyagers akan lapar. Untuk mengisi perut kosong voyagers yang sudah memberontak, voyagers bisa langsung bertolak ke Dream Beach dari Mangrove Point. Perjalanan memakan waktu kurang lebih 20 Menit bila berkendara dengan sangat santai. Di Dream Beach ini, 2 hasrat bisa langsung terpuaskan. Yang pertama, Hasrat untuk mengenyangkan perut dan yang kedua hasrat untuk memuaskan mata. Untuk memuaskan hasrat yang pertama, voyagers bisa mampir ke Dream Beach Bar and Lounge, ini adalah sebuah resto yang tepat berada di pinggir Dream Beach. Dream Beach Bar and Lounge menyajikan masakan Indonesia dan Barat dengan harga yang masih cukup terjangkau dan yang spesial adalah view-nya yang langsung menghadap ke Dream Beach. Setelah hasrat yang pertama terpuaskan, voyagers bisa langsung memuaskan hasrat yang kedua dengan cara foto-foto cantik atau berenang langsung di Dream Beach. Oh ya, kalau voyagers tidak mau makan di Resto ini dan hanya ingin langsung bermain di Dream Beach juga bisa lho, tidak dipungut biaya.

Dream Beach bar & Lounge

Dream Beach bar & Lounge

Setelah puas bermain air di Dream Beach, voyagers bisa bergeser sedikit ke sebelahnya. Ada sebuah tempat dengan fenomena alam unik yang bernama Devil’s Tear. Devil’s Tear merupakan sebuah tempat di pinggir laut berbentuk cekung dengan karang besar yang membentuk tebing di sekitarnya. Kalau versi Dailyvoyagers sih tempat tersebut diberi nama Devil’s Tear karena di tempat ini ombak besar selalu hadir dan menghantam tebing di tempat ini dimana ada sebagian air yang sampai naik ke atas dan ada sebagian lagi yang masuk ke dalam sebuah lubang kecil dimana air yang masuk ke dalam lubang tersebut akan dimuntahkan kembali setelah penuh oleh dorongan gas yang ada di dalamnya. Suara dan air yang dikeluaran tersebutlah yang membuat tempat ini disebut sebagai Devil’s Tear. Di tempat ini voyagers bisa berfoto-foto sambil mengabadikan fenomena alam tersebut.

Devil's Tear saat mengeluarkan semburan air

Devil’s Tear saat mengeluarkan semburan air

Devil's Tear

Devil’s Tear

Selesai dari Devil’s Tear maka voyagers bisa bergeser lagi ke pantai yang ada di sebelahnya yaitu Sandy Bay. Di sini voyagers bisa bersantai di sebuah resto yang bernama The Beach Club sembari menikmati sunset. Ini adalah salah satu spot terbaik untuk menikmati Sunset di Lembongan. Di resto ini juga terdapat mini pool di depannya yang langsung menghadap ke pantai di mana voyagers bisa bersantai sambil berendam atau berenang di sini. Kalau voyagers tidak ingin mampir ke The Beach Club dan hanya ingin menikmati sunset sambil bermain pasir atau bersantai di pinggir Sandy Bay juga bisa, sama halnya seperti di Dream Beach, biayanya juga gratis bila hanya ingin bermain di pantai ini. Tapi di pantai ini voyagers tidak bisa berenang karena selain ombaknya deras, juga pinggiran pantai ini dipenuhi batu karang yang keras.

Sandy Bay

Sandy Bay

Sunset di Sandy bay

Sunset di Sandy bay

Pulang dari Sandy Bay, voyagers bisa merapikan diri terlebih dahulu dengan kembali ke penginapan. Setelah itu voyagers bisa melanjutkannya dengan acara bebas. Aktivitas yang bisa Voyagers lakukan seperti mencari makan yang murah seperti Nasi Jinggo yang ada di depan Puskesmas Jungut batu atau kalau mau yang sedikit mewah dan glamor maka voyagers bisa mencoba dinner di The Le Pirates Beach Club.

Hari Kedua

WaktuDeskripsi
07:00 WITABerangkat untuk Snorkeling dan Diving
12:30 WITASelesai Aktivitas Snorkeling dan Freediving. Kembali ke Penginapan
13:00 WITAMakan Siang di Penginapan dan kemudian Istirahat
14:30 WITABerangkat Menuju Ceningan
15:00 WITAFoto Cantik di Yellow Bridge.
15:15 WITATiba di Twilight Hut.
Foto-foto cantik kemudian berangkat ke Blue Lagoon
15:30 WITATIba di Blue Lagoon. Foto-Foto Cantik kemudian ke Mahana Point
15:45 WITAMencoba Cliff Jumping di Mahana Point.
16:45 WITAMampir ke The Palms dan menunggu waktu sunset tiba.
18:45 WITAKembali ke Penginapan
19:00 WITAAcara Bebas

Di Hari kedua ini, voyagers akan memulainya sedikit lebih awal yaitu sekitar pukul 07:00 WITA. Aktivitas yang bisa voyagers lakukan adalah snorkeling dan diving. Karena Aktivitas ini cukup melelahkan, kalau bisa jangan begadang dan beristirahatlah dengan cukup. Destinasi snorkeling dan diving yang bisa voyagers kunjungi dapat dibaca di sini. Nah, untuk melakukan snorkeling dan diving voyagers akan membutuhkan kapal dan guide yang sudah mengenal spot-spot snorkeling tersebut. Dailyvoyagers merekomendasikan voyagers sekalian untuk menggunakan jasa dari CAPTAIN FLAT OUT. Captain Flat Out adalah warga Lembongan yang rumahnya tepat berada di belakang Nusa Indah Bungalow. Dia mempunyai sebuah kapal dan beberapa penawaran untuk paket snorkeling dan diving. Beliau ini orangnya ramah dan pelayanan darinya juga sangat memuaskan. Soal urusan destinasi mana saja yang akan voyagers kunjungi, serahkan saja semuanya kepada Captain Flat Out. Silahkan telepon untuk meminta saran atau bernegosiasi soal harga.

foto bersama Captain Flat Out

foto bersama Captain Flat Out

Paket Snorkeling dari Captain Flat Out

Paket Snorkeling dari Captain Flat Out

Setelah Selesai melakukan aktivitas snorkeling dan diving kurang lebih selama 5 jam, Dailyvoyagers yakin sekali pasti voyagers semua akan sangat kelelahan dan lapar. Untuk itu, setelah snorkeling voyagers bisa makan siang di penginapan dan dilanjutkan dengan beristirahat sejenak.

Usai beristirahat, voyagers bisa langsung bersiap menuju ke Nusa Ceningan, Pulau yang tepat berada di sebelah Nusa Lembongan. Perjalanan dari penginapan ke Nusa Ceningan hanya memakan waktu kurang lebih 30 Menit apabila mengendarai si kuda besi dengan sangat santai. Pulau Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan dihubungkan oleh sebuah jembatan yang diberi nama Yellow Bridge. Sesuai dengan namanya, jembatan ini berwarna kuning menyala. Sudah merupakan suatu kewajiban untuk voyagers berfoto di atas jembatan penyebrangan ini.

Yellow Bridge: Jembatan Penghubung Ceningan dan Lembongan. Pic via TwilightLembongan

Yellow Bridge: Jembatan Penghubung Ceningan dan Lembongan. Pic via TwilightLembongan

Puas foto-foto di atas Yellow Bridge, voyagers bisa melanjutkan ke Twilight Hut yang jaraknya sangat dekat. Twilight Hut merupakan sebuah penginapan yang berada di pinggir pantai namun lokasinya sedikit berada di atas. Di bagian bawah Penginapan ini terdapat semacam teras dengan gambar hati yang view nya langsung ke laut. Katanya sih kalau pasangan yang foto di tempat ini bakalan langgeng terus. Voyagers bisa dengan gratis berfoto di tempat ini tanpa harus menginap di Twilight Hut.

Twilight Hut

Twilight Hut

Dari Twilight Hut kita bisa langsung menuju ke Blue Lagoon, apalagi kalau bukan sebuah tebing yang berbentuk menyerupai huruf C dengan bebatuan dan laut yang sangat biru di bawahnya. Panorama di tempat ini benar-benar luar biasa. Untuk yang takut akan ketinggian, Dailyvoyagers sarankan untuk tidak mengambil foto terlalu di pinggir. Di Blue Lagoon terdapat sebuah tempat untuk melakukan aktivitas Cliff Jumping. Bagi voyagers yang bernyali besar rasanya wajib mencoba aktivitas tersebut.

Blue Lagoon Ceningan

Blue Lagoon Ceningan

Tidak jauh dari Blue Lagoon, dengan jarak kurang lebih hanya 15 menit dengan berjalan kaki maka voyagers dapat menjumpai Mahana Point. Nah, alternatif tempat untuk aktivitas Cliff Jumping selain di Blue Lagoon adalah di Mahana Point. Di tempat ini voyagers bisa melompat ke laut dari sebuah tebing dengan ketinggian kurang lebih 15 meter. Berani?

Cliff jumping di Mahana point. pic via rhondaw6

Cliff jumping di Mahana point. pic via rhondaw6

Akan sangat indah bila mengakhiri sore hari dengan bersantai di The Palms. The Palms merupakan tempat paling baik menurut dailyvoyagers untuk menikmati sunset di ceningan. Di The Palms ini terdapat tempat makan dan juga infinity pool. Voyagers bisa bersantai di atas sofa yang telah disediakan sambil memesan makanan atau voyagers bisa berenang sambil menikmati view pantai di infinity pool tersebut & ditemani oleh sebotol bir. Syarat untuk voyagers bisa menikmati sunset di tempat ini hanya dengan memesan makanan dan atau minuman di sini. Oh ya, di sini juga terdapat free wifi lho. Jadi voyagers bisa bersantai sambil mengupload foto-foto hasil jepretan di Blue Lagoon atau Yellow Bridge tadi. 🙂

Menikmati senja di Infinity pool The Palms

Menikmati senja di Infinity pool The Palms

Rincian Biaya:

Rincian Biaya selama di Lembongan - Ceningan

Rincian Biaya selama di Lembongan – Ceningan

Rincian biaya di atas belum termasuk biaya ngemil & makan tambahan

Tips:

  1. Kalau voyagers bingung di Lembongan, jangan ragu untuk bertanya ke warga sekitar di sana. Warga di sana sangat baik dan ramah lho.
  2. Menjadi Warga Indonesia khususnya orang Bali adalah sebuah keuntungan. Voyagers menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Jangan ragu untuk nego soal harga di sana. Seperti contoh, Dailyvoyagers berhasil mendapat tiket pp untuk kapal cepat dengan harga Rp 1.000.000 untuk 5 orang yang berarti Rp 200.000/orang. Negosiasi tersebut juga bisa voyagers lakukan untuk penyewaan lain seperti motor atau kapal.
  3. Rajin-rajin membuka situs travel seperti agoda, traveloka atau semacamnya karena banyak diskon penginapan yang bisa sangat membantu untuk menghemat budget.
  4. Rencanakan dari jauh-jauh hari sehingga rencana bisa disusun secara matang dan biaya bisa dicicil.
Harga tiket penyebrangan ke Lembongan setelah bernegosiasi

Harga tiket penyebrangan ke Lembongan setelah bernegosiasi

Itu tadi sedikit rincian kegiatan yang bisa voyagers lakukan selama dua hari di Lembongan dan Ceningan. Semoga informasi di atas dapat membantu voyagers yang ingin berlibur ke sana. Selamat berlibur 🙂

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

Darius Go Reinnamah

Twitter: @dgoreinnamah |
IG: @dgoreinnamah |
FB: dgoreinnamah |
youtube: Darius Alexander Go Reinnamah | http://goreinnamah.com

You may also like...