Ini Dia Sharing Asyik Trip ke Toraja

Jejeran Peti Mati di Londa

Jejeran Peti Mati di Londa

Toraja, Tanah penuh cerita yang identik dengan banyak ritual “kematian” dan harga Tedong yang bisa mencapai ratusan juta memang salah satu bagian dari keunikan dan daya tarik daerah di utara Makassar ini. Sebut saja ritual Rambu Solo’ , sebuah upacara kematian yang biayanya itu tidak murah karena harus menyembelih banyak kerbau dan babi. Atau ritual Tau-tau, sebuah ritual pembuatan boneka diri jenazah dari kayu setelah dimakamkan. Ada lagi ritual yang sangat terkenal yaitu Manene’ , sebuah ritual penggantian pakaian oleh warga Toraja Utara yang dianggap akan memberikan keberkahan yang lebih setelah melakukannya.

Cerita-cerita yang beredar mengenai “Keangkeran” Toraja inilah juga yang membuat Daily Voyagers penasaran dan menyempatkan waktu untuk berkunjung ke Toraja pada libur Lebaran kemarin. Trip kemarin bisa dibilang trip dadakan dan dilakukan dengan persiapan yang kurang matang. Namun dibalik setiap perjalanan pastilah ada hal yang bisa dibagikan dan berikut ini sedikit sharing pengalaman atau cerita mengenai perjalanan kami menuju Toraja yang kami kemas dalam bentuk tanya jawab.

  1. Dari Jakarta ke Toraja itu naik apa?
    Sebenarnya bisa naik apa saja dan via mana saja tapi cara yang paling cepat ke Toraja menurut Daily Voyagers itu naik pesawat menuju Makassar. Setelah tiba di Makassar, voyagers bisa memilih  menggunakan pesawat terbang atau bus untuk menuju Toraja.
  2. Terus kalau sudah sampai di Bandara Makassar apa ada bus untuk langsung ke sana?
    Dari pengalaman Daily Voyagers sih tidak ada, kita harus menuju langsung ke Pool bus nya atau kita bisa langsung menuju ke terminal Daya untuk membeli tiket perjalanan Makassar – Toraja dan menunggu di sana. Nah, untuk menuju ke Terminal maka voyagers bisa menggunakan jasa Bus DAMRI, biayanya hanya 20 ribu sekian. Memang sih tidak langsung sampai di Terminal, tapi voyagers bisa meminta untuk berhenti dekat Terminal. Nanti kondektur bus tersebut akan memberi tahu angkutan umum yang bisa kita gunakan untuk menuju ke Terminal Daya.
    Opsi lainnya adalah menggunakan Taxi untuk menuju Pool bus atau terminal. Voyagers tidak perlu bingung untuk mencari taxi, karena saat voyagers keluar dari pintu bandara maka puluhan taxi sudah siap untuk mengangkut voyagers. Saran kami, pilihlah taxi Bosowa atau Burung Biru. Jangan kaget kalau disini sopirnya tidak mau menggunakan argo alias tembak harga, voyagers tetap tenang dan minta saja untuk tetap menggunakan argo.
    Ada 2 kali jadwal keberangkatan bus menuju Toraja itu per harinya, yaitu pemberangkatan pagi dan malam. Kalau pagi hari bus akan berangkat pukul 09.00 WITA sedangkan kalau malam hari itu ada yang jam 20.00 WITA dan 21.00 WITA. Waktu tempuh menuju Toraja dengan bus rata-rata adalah 8-9 jam. Nah voyagers pilih deh mana yang cocok untuk kalian. Kalau berangkat pagi ya voyagers bisa melihat pemandangan alam yang indah selama perjalanan menuju Toraja, kalau berangkat malam voyagers bisa menggunakan waktu di bus untuk tidur dan ketika tiba pagi hari di sana maka voyagers bisa langsung cari penginapan dan lanjut menjelajah Toraja.
  3. Misalnya saya sampai di Makassar jam 10.00 WITA, kan sudah lewat tuh jam keberangkatan Bus yang pagi. Nah enaknya saya kemana dulu ya?
    Voyagers bisa menjelajah Makassar. Kalian bisa menikmati keindahan alam Makassar atau wisata kuliner di Makassar. Kalau mau wisata kuliner maka voyagers bisa mencarinya di sekitar Pantai Losari. Di sana terdapat banyak rumah makan atau restoran yang menjual berbagai makanan khas Makassar seperti Pisang Epe, Es Pisang Ijo, Palubutung, Coto Makassar, Konro dan masih banyak lainnya. Voyagers hanya tinggal pusing memilih saja mau makan dimana 🙂
    Sedangkan kalau mau menikmati keindahan Makassar selain Pantai Losari, Pantai Samalona dan Benteng Fort Rotterdamnya maka Voyagers bisa berkunjung ke Ramang-ramang Maros, tempat dimana gugusan tebing cadas yang terbentuk akibat erosi bawah tanah atau biasa disebut dengan Karst berada. Keindahan bebatuan yang tersusun secara alami akan memuaskan Voyagers.
    Setelah itu lanjut dari sana, voyagers bisa bermain ke Leang-Leang, lokasinya tidak terlalu jauh dari Ramang-ramang. Leang-leang merupakan taman prasejarah dimana terdapat goa-goa dengan lukisan-lukisan di dindingnya yang sudah berusia ratusan tahun.
    Kalau mau sedikit segar, dari Leang-leang maka voyagers bisa mampir ke Air Terjun Bantimurung. Nah disitu voyagers bisa “mandi” dengan air yang berasal dari alam langsung. Membunuh waktu demi menunggu keberangkatan bis malam menuju Toraja dengan cara berkunjung ke tiga destinasi tersebut, Daily Voyagers rasa sudah sangat cukup.
  4. Nah, kalau keliling begitu enaknya naik apa ya?
    Paling enak sih sewa Mobil + supir, tapi itu hanya untuk voyagers yang memiliki uang lebih. Lantas kalau yang koceknya pas-pasan bagaimana? voyagers bisa mencoba angkutan umum di Makassar atau yang biasa disebut pete-pete. Untuk tau angkutan umum dengan jurusan yang tepat maka voyagers harus berani bertanya atau teliti memperhatikan kode-kode yang ada di kaca depan pete-pete. Kode huruf yang ada di pete-pete tersebutlah yang menentukan jurusan dari angkutan umum tersebut.
    Untuk yang mau sewa mobil, saran Daily Voyagers adalah sebelum keluar dari bandara, voyagers bisa mampir ke bagian Tourist Information. Di sana terdapat sebuah komputer yang bisa digunakan untuk Browsing. Silahkan googling dengan keyword “Penyewaan Mobil Makassar” dan carilah harga yang termurah. Tapi kalau tidak mau repot, voyagers tinggal keluar bandara dan banyak lelaki yang siap mengerubuti voyagers dan menawarkan jasa penyewaan mobil + supir 🙂
  5. Bus yang bagus untuk ke Toraja itu apa ya?
    Dari sekian banyak bus yang ada di sana, saran Daily Voyagers adalah sebaiknya kalian menggunakan Primadona Bus atau Manggala Trans. Meskipun sedikit lebih mahal namun harga tersebut setimpal dengan fasilitas dan keramahan yang mereka tawarkan. Untuk primadona bus, voyagers bisa langsung menuju ke website-nya di primadonabus(dot)com , sekarang ini hanya bus tersebut yang bisa melakukan reservasi secara online, sisanya masih harus memesan secara manual lewat telepon.
    Nah, kalau Manggala Trans maka voyagers bisa menghubungi nomor (0411) 582088 atau 085255543434 untuk kantor perwakilan Makassar atau (0423) 21237 untuk perwakilan Rantepao. Saran Daily Voyagers, baik untuk Primadona ataupun Manggala Trans pilihlah tipe Bis Scania, sudah terjamin kenyamanannya.
  6. Kalau di Toraja, menginapnya dimana?
    Sebelumnya, voyagers harus tau dulu kalau Toraja itu terbagi atas 2 Kabupaten yaitu Kabupaten Tana Toraja dengan Makale sebagai ibu kotanya dan Kabupaten Toraja Utara dengan Rantepao sebagai ibu kota kabupatennya. Saran Daily Voyagers adalah lebih baik voyagers menginap di Toraja Utara saja karena selain lebih banyak destinasi wisata di sana, destinasi wisata yang berada di Makale pun mudah dicapai dari Rantepao.
    Untuk penginapan murah di Rantepao, voyagers bisa mencoba disalah satu penginapan favorit para Backpacker yaitu Wisma Maria 1 (Jl Sam Ratulangi 40, Rantepao, Indonesia – 0423 21165). Terdapat 20 kamar di sini dan Harga Per kamar berkisar antara Rp 150rb – 250rb per harinya. Bisa dikatakan yang disediakan oleh Wisma Maria itu masuk kategori “Cukup”, jangan berharap terlalu banyak dari tempat dengan harga yang cukup murah. Disekitar Wisma Maria juga ada penginapan lainnya yang sedikit lebih mahal yaitu Wisma Monika (Jln. Dr. Ratulangi No. 36 Rantepao – 0423 21216). Terdapat 17 kamar dengan harga Per Kamarnya berkisar dari Rp 200rb – 400rb, tentunya dengan fasilitas yang lebih baik dari Wisma Maria 1.

    Buat yang punya uang lebih dan ingin fasilitas yang lebih wah, Voyagers bisa menginap di Hotel Bintang 2 yaitu Luta Resort Toraja (Jln. Ratulangi No. 26 Rantepao – 0423 21060). Letaknya tidak jauh dari Wisma Monika dan Wisma Maria, sama-sama di pusat kota Rantepao. Terdapat 36 Kamar dengan harga kamar yang berkisar Rp 550rb – 2,5 juta.
  7. Kalau Mau Sewa mobil atau motor dimana?
    Untuk voyagers yang ingin sewa motor, voyagers bisa datang ke Wisma Maria 1 (telp 0423 21165). Meskipun voyagers tidak menginap di sana namun voyagers tetap bisa menyewa motor di sana. Atau voyagers bisa mencoba menyewa di Lebonna Tour (Depan SMA Katolik Rantepao) dengan nomor telelpon 0423 23520.
    Untuk yang mau sewa mobil, voyagers bisa menghubungi 085255833067 atau 081355549100, Lokasinya terletak di jalan Mappayuki, depan Indomaret Pasar Pagi. Opsi lainnya voyagers bisa menghubungi 081253366011, hubungi bapak Basri Jayus (telepon 085299503883, 081244441882, 085255394980). Harga rental mobil bervariasi antara 400-500 ribu/perhari. (info dari  Heriyanto Kompasiana)
  8. Kalau Kulineran, harus kemana? kalau temenku yang muslim mau makanan yang halal apa sudah ada di Toraja? dengar-dengar kan susah makanan halal di Toraja.
    Buat kamu pecinta makanan non Halal, voyagers bisa datang ke Pong Buri. Lokasinya di depan SMPN 1 Rantepao. Kalau voyagers bingung, voyagers hanya perlu bertanya kepada warga sekitar. Seluruh orang Rantepao tau di mana letak rumah makan Pong Buri ini. Tempatnya tidak terlalu besar namun selalu ramai dikunjungi para pecinta Kuliner Toraja. Sesampainya di sana, makanan yang wajib voyagers coba adalah Pa’piong. Selain itu voyagers juga mencoba ikan pammarasan dan dangkot ayam. Harga menu makanan di sana juga masih cukup terjangkau kantong kok.
    Nah buat kamu yang mencari makanan halal, sekarang tidak perlu khawatir lagi. Voyagers bisa mencarinya di sekitar Masjid Raya Rantepao. Di sana sudah banyak rumah makan yang bertuliskan “Rumah Makan Muslim”, salah satunya adalah Warung Sari Kostan. Kalau voyagers mencoba berkeliling Masjid Raya Rantepao maka voyagers bisa menemukan 4 – 5 rumah makan Halal di sana.
  9. Lalu, destinasi wisata apa saja ya yang bisa atau wajib saya kunjungi selama di Toraja?

    Tempat wisata favorit di Toraja

    Tempat wisata favorit di Toraja

    Wah kalau ini sih banyak sekali, namun inilah beberapa tempat terfavorit untuk dikunjungi.

    No.Objek WisataPenjelasan
    1Kate KesuDi Objek Wisata ini kita bisa melihat Tongkonan yang tersusun dengan gagah dan sangat rapi. Selain itu, yang menjadi daya tarik objek wisata ini adalah situs pekuburan yang menggantun di sisi tebing dimana terdapat boneka kayu atau yang biasa dikenal dengan istila Tau Tau di dalamnya. Situs pekuburan ini konon usianya sudah ratusan tahun.
    2LondaTempat makam keluarga dimana peti mati hanya dibiarkan di dalam goa. Terdapat banyak tengkorak di sini yang diserai dengan beberapa sesajen seperti uang, rokok atau air mineral. Di objek wisata ini juga terdapat Tau Tau dan cerita Romeo dan Juliet versi Tana Toraja.
    3LemoSebuah pekuburan di tebing batu Khas Toraja yang dulunya hanya diperuntukkan untuk para bangsawan. Terdapat Tau-tau dengan posisi tangan yang khas yaitu tangan kanan menghadap ke atas dan tangan kiri menghadap ke bawah.
    4KambiraKuburan bayi yang diletakkan di dalam pohon. orang Toraja menyebutnya dengan Pasilliran. Bayi yang meninggal sebelum giginya tumbuh dikuburkan di dalam sebuah lubang di pohon Tarra
    5PallawaSelain di Kate Kesu, Tongkonan yang tersusun dengan sangat rapi di dataran tinggi terdapat di sini. Tempat ini terlihat lebih hidup dibandingkan Kate Kesu. Bisa digunakan sebagai opsi lain apabila Kate Kesu sedang banyak pengunjung.
    6Batutomongakalau ingin menikmati pemandangan alam yang hijau nan Indah dengan sawah yang terhampar luas. Inilah tempat yang paling cocok. Datang di pagi hari merupakan waktu yang paling tepat karena kabut dan awan akan menambah keeksotisan tempat ini.
    7BoriMerupakan situs pekuburan juga hanya saja yang membedakan adalah kuburan disini berbentuk menhir yang tertancap ke tanah, bukan yang menggantung di Tebing. Terdapat juga Kuburan yang terletak di dalam batu besar yang diperkirakan usianya sudah ribuan tahun
    8PanaDari sekian banyak situs pekuburan. Tempat inilah yang bisa dibilang paling seram. terdapat jurang pemisah yang cukup besar antara pengunjung yang ingin menikmati objek wisata ini dengan makam yang ada di tebing ini.
    9LolaiIni adalah negeri di atas awannya Toraja. Meskipun hanya terletak di ketinggian 1700 sekian MDPL dan bisa dijangkau dengan menggunakan kendaraan bermotor, namun keindahannya tidak kalah dengan gunung yang memiliki ketinggian di atas 2500 MDPL.
    10Sa'danBuat yang ingin mencari kain tenun khas toraja mulai dari yang berukuran kecil sampai yang berukuran besar, inilah tempat yang paling tepat.
    11Patung YesusTerletak di Makale, ini merupakan situs wisata religi untuk warga Kristiani. Terdapat patung Yesus yang sedang menumpahkan tangan di sini. Selain itu juga terdapat Gua Maria yang lokasinya masih berdekatan dengan patung Yesus.
    12 Danau LimbongSebuah danau tosca yang terletak di Toraja Utara
  10. Kalau Mau beli oleh-oleh Khas Toraja di mana?
    Untuk voyagers yang mau cari oleh-oleh kain tenun khas Toraja, maka voyagers bisa datang ke daerah Sa’dan. Di sana terdapat banyak penjual kain tenun, voyagers tinggal memilih kain yang cocok dengan kesukaan voyagers.
    Buat yang ingin mencari oleh-oleh makanan untuk dibawa pulang, voyagers bisa memesannya di depot Kuliner Nenek. Tempat ini juga sudah terkenal di Rantepao. Di sana voyagers bisa memesan Deppa Tori, Jipang dan daging asap sapi. Untuk pemesanan, lebih baik dilakukan satu hari sebelum pulang. Silahkan hubungi 081343787736 untuk melakukan pemesanan.
    Untuk yang mencari makanan ringan, souvenir khas toraja atau kopi, voyagers bisa mengunjungi pusat pertokoan Rantepao di Jalan Pembangunan. Voyagers bisa puas berkeliling untuk di area ini karena terdapat banyak sekali toko. Rekomendasi Dailyvoyagers untuk tempat pembelian kopi adalah SALU SOPAI, letaknya ada di Jalan Pembangunan no. 36. Kalau untuk kaos khas Toraja maka voyagers bisa mampir ke sebuah distro dekat Wisma Maria 1. Distro tersebut menjual kaos motif toraja dengan model terkini.
  11. Upacara atau Kegiatan apa aja sih yang bisa saya nikmati selama di sana selain mengunjungi Objek Wisata Pekuburan?
    Di Toraja terdapat ritual yang terkenal yaitu Rambu Solo (Upacara Kematian) dan Rambu Tuka’ (Pesta Pernikahan). Acara ini sifatnya tidak pasti namun umumnya diadakan saat bulan Juli- Agustus dan Desember. Kenapa pada bulan tersebut? karena acara ini dibutuhkan kehadiran banyak anggota keluarga sehingga diadakan pada waktu liburan dan bulan-bulan tersebut adalah bulan liburan sekolah. Daily voyagers berhasil melihat upacara Rambu Solo Juli (2016) kemarin yang diadakan di Pallawa, mungkin voyagers bisa juga mencoba ke sana pada bulan-bulan tersebut.
    Selain itu ritual yang terkenal lainnya adalah Ma’nene yaitu upacara penggantian pakaian jenazah. Ritual ini diadakan setiap tahun di bulan Agustus. Ingat ya, ini ritual penggantian pakaian jenazah, bukan penggantian peti jenazah. Upacara ini bisa voyagers temukan di Baruppu, Rindingallo, Pangala, Sarambu, Lo’Ko Uru’, Ke’Pe’ Maiting, Lempo Poton. (sumber: Heriyanto kompasiana)
    Lalu kalau voyagers ingin melihat festival adu kerbau, acara ini biasanya diadakan setiap akhir pekan. Kerbau atau yang biasa disebut Tedong yang merupakan hewan kebanggaan masyarakat Toraja akan diadu satu lawan satu untuk menentukan kerbau siapa yang terbaik. Salah satu tempat yang bisa voyagers datangi adalah Lapangan terbuka arah Sa’dan kalau voyagers berangkat dari Rantepao.
  12. Ada alternatif lain yang lebih cepat selain menggunakan Bus untuk ke Toraja?
    Kalau voyagers punya uang berlebih, voyagers bisa mencoba menggunakan pesawat untuk pergi ke Toraja. ada dua maskapai yang sudah terlebih dahulu beroperasi dari dan ke Bandara Pongtiku yaitu Susi Air dan Aviastar. Namun sejak akhir Juni, sudah datang lagi pemain baru yaitu Gatari Airline. Berikut adalah jadwalnya:
    HariRuteHargaKedatangan Keberangkatan
    Selasa (AviaStar)Makassar - TorajaRp 350.000/Orang (Dewasa)
    Rp 40.000/Orang (Bayi)
    08:00 WITA08:55 WITA
    Toraja - MakassarRp 370.000/Orang (dewasa)
    Rp 60.000/Orang (bayi)
    09:25 WITA10.25 WITA
    Selasa (Susi Air)Kolaka - TorajaRp 346.000/Orang (dewasa)
    Rp 38.000/Orang
    (bayi)
    08:45 WITA09:40 WITA
    Toraja - KolakaRp 350.000/Orang (dewasa)
    Rp 40.000/Orang (bayi)
    12:50 WITA13:30 WITA
    Rabu (Susi Air)Kolaka - TorajaRp 346.000/orang (Dewasa)
    Rp 38.000/Orang (Bayi)
    09:50 WITA10:45 WITA
    Toraja - KolakaRp 350.000/Orang (dewasa)
    Rp 40.000/Orang (bayi)
    10:55 WITA11:50 WITA
    Jumat (AviaStar)Makassar - Toraja Rp 350.000/Orang (Dewasa)
    Rp 40.000/Orang (Bayi)
    07:00 WITA07:55 WITA
    Toraja - Makassar Rp 370.000/Orang (dewasa)
    Rp 60.000/Orang (bayi)
    08:15 WITA09:10 WITA
    Mamuju - Toraja
    Rp 264.000/Orang (dewasa)
    Rp 31.000/orang (dewasa)
    11:50 WITA12:30 WITA
    Toraja - MamujuRp 285.000/orang (dewasa)
    Rp 50.000/orang (bayi)
    12:50 WITA13:30 WITA

    (Sumber jadwal: Makassar Tribune).
    Untuk pemesanan tiket pesawat silahkan hubungi 082348959515 atau 082291945683
    Sedangkan untuk jadwal Gatari Airline bisa dilihat pada gambar berikut:

    Gatari Airline. Source: Visittoraja

    Gatari Airline. Source: Visittoraja

    Itu tadi sedikit sharing mengenai trip ke Toraja, semoga bisa membantu voyagers yang ingin berlibur ke Toraja. Happy Traveling Guys 🙂

People take different roads seeking fulfillment and happiness. Just because they’re not on your road doesn’t mean they’ve gotten lost
–Dalai Lama

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

Darius Go Reinnamah

Twitter: @dgoreinnamah | IG: @dgoreinnamah | FB: dgoreinnamah | youtube: Darius Alexander Go Reinnamah | http://goreinnamah.com

You may also like...