Cara Menuju ke Gunung Semeru

Nah, Pada Kesempatan kali ini Dailyvoyagers ingin membagikan sedikit informasi bagaimana sih cara untuk bisa sampai di Kaki Gunung Semeru atau mungkin lebih tepatnya di Desa Ranu Pani, sebuah Desa terakhir sebelum memulai pendakian ke Puncak Para Dewa. Pada kesempatan kali ini juga dailyvoyagers akan mengupas tentang rincian biaya, tempat beristirahat atau bermalam, moda transportasi apa yang bisa kita gunakan untuk menuju ke Desa Ranu Pani tersebut dan beberapa informasi penting lainnnya.

Seperti yang sudah kita ketahui, Gunung Semeru masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang berada di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Daerah paling dekat dari Lumajang dengan sarana Transortasinya yang cukup lengkap adalah Malang, Malang merupakan kota yang berbatasan langsung dengan bagian Barat Kabupaten Lumajang.

Secara Singkat, kira-kira beginilah Rute yang harus voyagers lalui dari Kota Asal voyagers sampai ke Ranu Pani:

Rute Perjalanan dari kot asal menuju Desa Ranu Pani

Mari kita bahas satu per satu mulai:

  1. Kota Asal →Malang
    Dari kota asal menuju Malang, ada 2 moda transportasi mainstream paling dianjurkan yang bisa voyagers gunakan yaitu dengan Pesawat Terbang atau dengan Kereta Api. Untuk kalian yang menggunakan pesawat terbang, voyagers akan tiba di Bandar Udara Abdul Rachman Saleh (MLG) dan untuk yang menggunakan Kereta Api maka voyagers bisa turun di Stasiun Malang.
  2. Malang → Pasar Tumpang
    Untuk voyagers yang menggunakan Pesawat Terbang, dari Bandar Udara Abdul Rachman Saleh kalian bisa menggunakan Taxi atau mobil sewaan yang tersedia di sana untuk menuju Pasar Tumpang. Setahu dailyvoyagers sih tidak ada angkutan lain di bandara kecuali yang Dailyvoyagers sebutkan tadi, namun kalau beruntung voyagers bisa menggunakan aplikasi untuk menemukan Taxi Online yang sedang beroperasi di sekitar bandara. Biaya yang dikeluarkan apabila menggunakan Taxi sampai Pasar Tumpang adalah Rp 150.000 dan waktu tempuh kurang lebih 30 Menit.
    Untuk voyagers yang menggunakan Kereta Api, ada 2 cara dari Stasiun Malang untuk sampai ke Pasar Tumpang. Yang pertama dengan naik Kendaraan Umum dan yang kedua adalah dengan menggunakan Kendaraan Umum Sewaan. Untuk voyagers yang datang hanya seorang diri atau berdua, disarankan untuk menggunakan kendaraan umum. Dari Stasiun Malang voyagers bisa menggunakan kendaraan umum AMG, ADL (warna biru) menuju terminal Arjosari (lama waktu ±35 menit). Dari Terminal Arjosari voyagers bisa melanjutkan dengan kendaraan berwarna putih jurusan Arjosari – Tumpang dan turun di Pasar tumpang (lama waktu ± 45 menit). (2x Transfer: Stasiun Malang Terminal Arjosari Pasar Tumpang)
    Nah untuk yang datangnya rombongan (5-13 orang) di Stasiun Malang, maka lebih baik menggunaan kendaraan umum yang disewa langsung. Biaya sewanya sendiri sekitar Rp 120.000 – Rp 150.000 per mobil. Keuntungannya adalah dari Stasiun Malang voyagers langsung diantar sampai ke Pasar Tumpang.
  3. Pasar Tumpang Ranu Pani
    Dari Pasar Tumpang menuju Ranu Pani, kendaraan paling dianjurkan adalah dengan menggunakan Jeep. Kenapa Jeep? karena jalur yang dilalui cukup berat (naik turun) dan Jeep merupakan kendaraan paling cocok untuk melalui medan tersebut. Lama perjalanan dari Pasar Tumpang – Ranu Pani juga cukup lama yaitu 2- 3 jam. Biaya sewa per Jeep umumnya Rp 600.000 – Rp 650.000 dan 1 Jeep bisa menampung hingga 13 orang. Sebenarnya voyagers juga bisa menggunakan motor atau mobil sewaan/pribadi (sewa di Pasar Tumpang), hanya saja ditakutkan kendaraan tersebut tidak mampu melewati jalan d bagian akhir yang memang rusak dan bertanah. Untuk yang menggunakan kendaraan pribadi, voyagers bisa memarkirkannya di lahan parkir yang disediakan di Base Camp Ranu Pani.

Diagram Detail Perjalanan Semeru

Seringnya pendakian yang dilakukan di Gunung Semeru membuat terjadinya pergeseran metode penyewaan Jeep, yang tadinya terpusat di Pasar Tumpang namun sekarang tidak lagi. Para pendaki yang sudah pernah naik suatu Jeep umumnya langsung meminta nomor kontak dari driver jeep tersebut dan pada pendakian selanjutnya mereka hanya perlu menelpon untuk janjian di suatu tempat (bisa di rumah si Driver langsung atau Basecamp driver, namun umumnya masih di daerah Tumpang). Di Pasar Tumpang, selain harus menunggu jeep penuh baru berangkat dan tempatnya yang tidak terlalu nyaman untuk menunggu & beristirahat, ongkos setoran yang perlu diberikan driver kepada sebuah paguyuban (dibaca: Preman) juga cukup besar.

Berikut Dailyvoygers bagikan beberapa nomor kontak yang bisa voyagers gunakan untuk menyewa Jeep menuju Ranu Pani:

  1. Mas Pras
    Mas Pras ini rumahnya di perempatan yang ada Masjid Hijau Baitul Mutaqin (maju sedikit setelah Pasar Tumpang, sebelum Desa Poncokusumo). Harga Sewa Jeep di Mas Pras ini ± Rp 650.000. Kalau menggunakan jasa Jeep miliknya, kalian bisa menumpang untuk istirahat atau bermalam di rumahnya dengan GRATIS lho (misalnya voyagers ingin melakukan pendakian di keesokan harninya). Rumahnya sederhana tapi nyamannya luar biasa. Mas Pras juga menyediakan makanan dan minuman seadanya buat kalian yang mau menginap, lagi-lagi itu GRATIS. (inget ya, makan dan minumnya seadanya jadi jangan banyak maunya).
    Beliau punya hitung-hitungan sendiri mengenai jumlah orang dan Harga sewa jeepnya, jadi harga sewa di atas itu masih negotiable kok. Silahkan kontak langsung dan bernego dengan dia ya. Nih nomornya 081333384868 (WA & Telp).

    Dari kiri ke kanan
    1. Mas PRas
    2. Rumah Mas Pras dari luar
    3. Ruang Ramu Mas Pras
    4. Jeep Merah di Parkiran Mas Pras.
    5. Jeep Merah yang digunakan untuk membawa vogaers ke Semeru
    6. Tempat tidur untuk voyagers di rumah mas Pras

  2. Pak Jaka
    Kalau Pak Jaka ini sedikit berbeda dengan penyewaan Jeep lainnya. Dia juga menerima sewaan Jeep untuk 3-5 orang saja, Biayanya Rp 75.000 – Rp 100.000 per orangnya (bukan per mobil), tergantung keahlian kita menawar. Jadi walau cuma ada 3-5 orang ya Jeep tersebut langsung berangkat. Kalau biasanya harga sewa jeep Rp 650.000 per mobil baru ia mau berangkat, di Pak Jaka ini berarti hanya dengan (5 orang x Rp 75.000 =) Rp 375.000 maka jeep langsung bisa berangkat ke Ranu Pani. Tarif perorangan seperti ini sangat cocok untuk voyagers yang jalan dengan jumlah orang yang sedikit ( <= 5 orang).
    Di tempat pak Jaka ini juga ada Home Stay. Seperti namanya, Home Stay ini berbayar dan tidak gratis. Jadi voyagers juga tetap bisa bermalam di tempat ini. Berikut nomor kontak Pak Jaka 081216306537 (Telp), 081945336552 (WA), 292CD175 (BBM).

    Kontak Pak Jaka

*Tiap orang di atas memiliki cara penjualan sendiri, jadi silahkan dihubungi langsung ya

Itu tadi sedikit informasi mengenai cara untuk pergi ke Semeru tanpa bantuan Tour and Travel atau Open Trip. Semoga informasi tersebut dapat berguna untuk voyagers yang ingin merencanakan pendakian ke Semeru.

Happy Traveling 🙂


Tips and Tricks:

  • Untuk kamu yang datang seorang diri atau berdua di Stasiun Malang, coba deh mengakrabkan diri dengan pendaki lain. Kalau melihat rombongan atau orang lain yang bawa Carrier langsung samperin aja untuk berkenalan dan menanyakan tujuan pendakiannya. Kalau sama-sama ke Semeru kan jadinya bisa bareng tuh, bisa join untuk sewa mobil ke Pasar Tumpang dan Jeep untuk menuju ke Ranu Pani. Selain hemat uang juga nambah temen. Pokoknya SKSD aja deh 🙂
  • Untuk kalian yang ingin melengkapi perlengkapan seperti gas, kompor, bahan makanan (Sayur, baso, dsb), sewa tenda atau alat pendakian lainnya. Nah, voyagers bisa melengkapinya di Pasar Tumpang ini. Ya namanya juga pasar, jadi semua juga ada. Meskipun perlengkapan pendakian di Base Camp Ranu Pani juga ada, namun alangkah lebih baiknya klo sudah dipersiapkan di titik yang lebih awal.
  • Waktu yang cukup baik untuk tiba di Malang adalah pagi hari (sekitar jam 08:00 – 12:00 WIB), sehingga pada hari itu juga voyagers langsung bisa berangkat ke Ranu Pani dan melakukan pendakian ke Semeru tanpa membuang banyak waktu (Biasanya waktu terbuang 1 malam untuk menginap di daerah Tumpang sebelum melakukan pendakian besok paginya).
  • Kalau ingin bermalam namun dengan biaya yang hemat, voyagers bisa tidur dengan menggelar Sleeping Bag di aula yang ada di Base Cam Ranu Pani. Jadi tidak perlu menghabiskan uang untuk tidur di Home Stay atau penginapan sejenisnya.
  • Silahkan hubungi Pak Jaka atau Mas Pras bila ingin melakukan pendakian ke Semeru, siapa tau dari pihak mereka ada barengan jadi voyagers bisa bergabung dengan mereka.

Catatan:

  • Harga sewa jeep yang tertera itu sekali jalan ya, misalnya dari Tumpang ke Ranu Pani. Jadi kalaumau sewa untuk Tumpang Ranu Pani Tumpang ya harganya tinggal dikalikan 2 saja.
  • Sudah ada perjanjian tidak tertulis kalau Jeep hanya bisa menjemput di daerah Tumpang. Jeep tidak diperkenankan untuk langsung menjemput di Stasiun Malang.

Yang paling berharga dan hakiki dalam kehidupan adalah dapat mencintai, dapat iba hati, dapat merasai kedukaan…

–Soe Hok Gie

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

Darius Go Reinnamah

Twitter: @dgoreinnamah |
IG: @dgoreinnamah |
FB: dgoreinnamah |
youtube: Darius Alexander Go Reinnamah | http://goreinnamah.com

You may also like...