Mengintip Shower Room di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta

Penampakan shower room di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta

Seperti yang voyagers tahu, usia Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta barulah menginjak 1 tahun, sebuah usia yang masih cukup dini untuk ukuran sebuah bandara. Namun di tengah usianya yang muda ini, fasilitasnya sudah jauh lebih baik dari bandara lainnya, mungkin bisa dikatakan yang terbaik di Indonesia sekarang ini. Ruang tunggunya sangat nyaman, desain bangunan yang luas dan lebih futuristik, golf car untuk mengantar pengunjung yang berada di gate yang cukup jauh, toilet yang lebih bersih, lift bagi penyandang disabilitas dan masih banyak kelebihan lainnya.

Di tengah banyaknya kelebihan Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Daily Voyagers ingin fokus membahas salah satu kelebihan saja, yaitu soal shower room yang ada di sini. Shower room alias ruangan khusus mandi ini menjadi bahasan yang spesial karena ruangan ini tidak tersedia di setiap bandara. Dari sekian banyak bandara di Indonesia, hanya sebagian kecil saja yang menyediakan ruangan ini.

Buat Daily Voyagers, fasilitas ini cukup penting. Kehadirannya bisa menjadi solusi untuk mereka yang sering berangkat ke bandara tanpa sempat mandi terlebih dahulu. Tidak sempat mandinya karena apa? Bisa karena harus langsung menuju bandara dari kantor atau lokasi syuting, bisa juga karena harus langsung ke bandara setelah mengunjungi suatu spot traveling dan tidak menemukan tempat untuk bilas, atau mesin air di rumah mati sehingga air tidak keluar.

LOKASI

Untuk menemukan ruang pancuran ini, voyagers bisa masuk melalui gate berapapun di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, entah itu Gate 4 atau Gate 5, kemudian Check in terlebih dahulu. Usai Check in, Voyagers hanya perlu menuruni eskalator dan berjalan menuju Gate 11. Jalan masuk menuju shower room tepat berada di depan “Watch Zone”.

Penunjuk arah menuju shower room ini baru akan jelas setelah voyagers menuruni eskalator yang Daily Voyagers sebutkan tadi. Terdapat 8 ruangan untuk mandi, 4 untuk pria dan 4 untuk wanita. Seperti layaknya toilet, kamar mandi wanita dan pria dipisah kok, jadi voyagers tidak perlu khawatir.

Usai Check-in voyagers akan menuruni eskalator ini dan melihat papan penunjuk jalan di depannya

Inilah papan penunjuk jalan menuju shower room. Perhatikan tulisan biru di bagian pertama

Tepat di depan Watch Zone inilah ruang untuk mandi berada

Lorong menuju kamar mandi untuk laki-laki

FASILITAS

Lalu apa saja sih fasilitas yang ditawarkan oleh shower room ini? Berikut daftarnya:

  1. Hand Dryer
  2. Tisu
  3. Cermin
  4. Wastafel
  5. Sabun cuci tangan
  6. Tisu gulung
  7. shower
  8. Gantungan
  9. Air Panas
  10. Toilet duduk
  11. Tempat Sampah

Dari kiri ke kanan:
Shower, Toilet duduk (serta tisu gulung, sabun dan selang air), Tisu kering dan Hand dryer

Wastafel dan cermin

Hand Dryer dan Tisu

Review

Sejauh yang sudah Daily Voyagers coba, semua fasilitas tersebut berjalan dengan baik di dalam masing-masing ruangan. Jadi, tempat tisu itu bukan hanya pajangan dimana tidak ada tisunya atau tempat sabun tidak ada sabunnya. Semua tersedia dengan rapi. Air pancurannya pun deras dan air panasnya juga berjalan dengan baik.

Setelah selesai digunakan, maka petugas akan langsung masuk dan merapikan kembali ruangan tersebut sebelum digunakan oleh pengunjung lainnya. Salah satu yang Daily Voyagers suka dari petugas di sini adalah keramahan yang mereka berikan, baik itu lewat tutur kata atau senyuman.

Pencahayaan di dalam ruangan dan di luar ruangan juga cukup baik. Namun karena belum banyak yang tahu soal fasilitas ini, maka tempat ini cenderung sepi dan sedikit spooky. 

Lorong tmepat tersedianya 4 kamar mandi untuk pria

Dari skala 0 – 100 dan 100 adalah nilai yang terbaik, berikut ini rating yang Daily Voyagers berikan untuk beberapa aspek dari shower room ini:

Shower Room Bandara Sultan Hasanuddin vs Shower Room Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta

Karena Daily Voyagers sudah pernah mencoba shower room di bandara Sultan Hasanuddin sebelum merasakan shower room di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta ini, maka Daily Voyagers akan menggunakannya sebagai perbandingan.

Berikut adalah beberapa kelebihan Shower room di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta dibandingkan dengan shower room di bandara Sultan Hasanuddin:

  1. Tidak Ribet
    Untuk masuk ke dalam shower room di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta ini voyagers hanya perlu langsung menuju ke lokasi shower room berada tanpa harus meminta izin kepada petugas kebersihan yang berjaga. Sedangkan di Bandara Sultan Hasanuddin, voyagers harus minta dibukakan pintu shower room-nya terlebih kepada petugas karena apabila tidak ada yang menggunakannya maka pintu tersebut akan dikunci.
  2. Lebih Luas & Praktis
    Shower room di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta ukurannya lebih luas. Karena selain ruang pancuran, di dalam shower room ini juga terdapat wastafel, pengering tangan dan toilet duduk. Jadi buat voyagers yang ingin mandi sekaligus BAB, maka hal tersebut bisa dilakukan di ruangan ini. Aktivitas menyikat gigi pun semakin mudah dengan adanya wastafel dan cermin.
    Sedangkan di bandara Sultan Hasanuddin, Shower room hanya bisa digunakan untuk mandi. Jadi kalau tiba-tiba voyagers kebelet untuk BAB, maka voyagers harus menahannya sampai voyagers selesai mandi dan berpindah ke ruangan toilet untuk melakukan aktivitas BAB tersebut. Di bandara Sultan Hasanuddin juga tidak terdapat wastafel.
  3. Lebih Banyak
    Nah, kalau di Bandara Sultan Hasanuddin hanya terdapat 2 ruangan shower room, 1 untuk pria dan 1 untuk wanita, maka di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta ini jumlahnya meningkat 4x lipat. Ya, di Terminal 3 ini terdapat 8 shower room dengan komposisi 4 ruangan untuk pria dan 4 ruangan untuk wanita. Dengan semakin banyaknya ruangan, diharapkan bisa meminimalisasi antrian untuk menggunakan fasilitas yang satu ini.

Namun, ada beberapa kekurangan juga yang masih dimiliki oleh Shower room Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta bila dibandingkan dengan yang ada di Makassar, yaitu:

  1. Tidak ada Shampo dan Sabun mandi
    Ya, untuk voyagers yang ingin mandi di shower room Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, maka kalian harus bawa shampoo dan sabun sendiri. Di sana, kedua jenis cairan tersebut tidak disediakan. Jadi buat kalian yang sering berlama-lama di kamar mandi dan bermain dengan sabun mandi, maka kenikmatan kamu akan berkurang. Sebenarnya ada sih sabun, tapi sabun untuk cuci tangan yang ada di dekat wastafel. Tidak mungkin pakai itu untuk bilas badan kan?
    Berbeda halnya dengan di bandara Sultan Hasanuddin, kalau di bandara ini kamu hanya perlu membawa handuk saja karena shampoo dan sabun cair sudah disediakan di dekat pancuran.
  2. Tidak ada Lemari
    Kalau di Shower room bandara Sultan Hasanuddin, voyagers akan disediakan lemari kayu di dalamnya untuk meletakkan barang bawaan seperti tas atau beberapa belanjaan. Nah, lemari ini tidak Daily Voyagers temukan di dalam shower room Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Jadi voyagers harus meletakkan barang bawaan di atas meja dekat wastafel. Kalau tidak muat, terpaksa barang bawaan tersebut kalian letakkan di atas lantai

Ya. itu tadi sedikit ulasan dan perbandingan mengenai shower room yang ada di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Buat voyagers yang mau mencoba, silahkan langsung mencoba lho. Fasilitas ini 100% GRATIS.

Terbukti, usai mandi di shower room yang ada di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta ini, kegantengan Daily Voyagers naik sekitar 5-7%.

Yuk cobain mandi di  bandara 🙂

TIPS

  • Untuk voyagers yang ingin BAB namun merasa ruang toilet terlalu kecil dan tidak nyaman, kalian bisa ke ruangan ini dan mencoba BAB di tempat ini.
  • Selalu periksa dulu semua fasilitas yang disediakan seperti shower, keran air di wastafel dan ketersediaan tisu sebelum mandi. Laporkan kepada petugas apabila ada yang tidak berfungsi atau tidak lengkap.
  • Periksa kembali semua barang bawaan sebelum meninggalkan shower room. Jangan sampai ada yang tertinggal.

Move every day. Like taking a shower and brushing your teeth. Make it a part of your everyday life. 
— Randy Jackson

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

Darius Go Reinnamah

Twitter: @dgoreinnamah |
IG: @dgoreinnamah |
FB: dgoreinnamah |
youtube: Darius Alexander Go Reinnamah | http://goreinnamah.com

You may also like...