Membeli Tiket Kereta Api #JadiBisa Lebih Mudah dengan Traveloka

Kalau ditanya transportasi apa yang akan aku gunakan untuk bepergian ke daerah-daerah di Pulau Jawa, dengan mudah aku akan memilih si ular besi. Meskipun memiliki waktu tempuh yang lebih lama dari pesawat terbang, tapi ada kenikmatannya yang tidak bisa aku dapat dari transportasi lain. Aku merasa suasana di kereta api itu lebih kekeluargaan. Di dalam kereta aku bisa bercerita seru dengan banyak orang yang baru aku kenal, bahkan sampai berbagi makanan dengan mereka. Ditambah lagi, pemandangan kereta saat membelah jalur persawahan selalu menenangkan hati. Selama masih ada jalur kereta yang menuju tempat tujuanku, maka aku akan selalu menggunakan moda transportasi yang satu ini.

Sebagai seorang pemuda yang masuk ke dalam generasi Y, generasi yang lahir di tahun 90an, aku begitu dekat dengan kereta api. Dari kecil aku sudah akrab dengannya. Aku masih ingat  ketika kecil dulu aku sering mengunjungi saudara dari papa baptisku yang berada di Yogyakarta. Transportasi yang dipilih pastilah kereta api. Maklum saja, akhir tahun 90an memasuki awal 2000an, pesawat masih merupakan barang mewah yang hanya dipakai segelintir orang. Sedangkan aku yang ekonominya pas-pasan lebih memilih kereta  yang (harganya) sangat merakyat.

Karena sejak kecil aku dekat dengan kereta api, aku tahu betul bagaimana kereta api ini bertransformasi. Perlahan namun pasti, semua lini coba diperbaiki. Mulai dari kereta api yang tidak berpendingin udara kini sudah berubah menjadi berpendingin udara, yang tadinya boleh merokok sampai akhirnya sekarang dilarang merokok di dalam kereta, sudah tidak ada lagi penjual yang menjajakan barang dagangannya hingga ke dalam kereta api, dan lain-lain.

Dari sekian banyak perubahan positif, aku cukup bangga akan 1 hal, yaitu tersedianya jalur untuk membeli tiket secara online. Kalau dulu orang tuaku harus antri dengan pembeli yang lain di depan loket stasiun untuk bisa mendapatkan tiket, sekarang sudah tidak perlu lagi. Kini tiket perjalanan kereta api sudah bisa dibeli secara online. Aku tetap harus mengantri, namun yang membedakan adalah sekarang aku mengantri secara virtual, tidak harus di loket stasiun, melainkan bisa dari kantor atau dari kampus dengan menggunakan telepon pintar.

Untuk membeli tiket kereta api secara online, pilihanku jatuh kepada aplikasi burung biru alias TRAVELOKA. Bukan tanpa alasan aku jatuh cinta pada aplikasi buatan anak bangsa ini. Dengan hadirnya Traveloka sebagai partner resmi KAI (Kereta Api Indonesia), membeli tiket secara online kini #jadibisa lebih mudah dan lebih cepat. Aku pun merasa sangat dimanjakan dengan aplikasi ini.

Salah satu fitur yang menjadi unggulan ketika membeli tiket kereta api secara online melalui aplikasi Traveloka adalah Passenger Quick Pick.

Apa itu?

Passenger Quick Pick merupakan sebuah fitur yang disediakan oleh Traveloka untuk membuat proses pengisian informasi penumpang menjadi lebih cepat dan lebih mudah. Hanya dengan satu kali klik, maka detail penumpang sudah langsung terisi secara otomatis saat melakukan pembelian tiket kereta api.

Jadi misalnya kamu ingin membeli tiket kereta api untuk 4 orang sekaligus. Setelah memilih tujuan dan waktu keberangkatan, kamu akan dihadapkan pada bagian dimana harus mengisi passenger details. Passenger details adalah informasi penumpang yang isinya terdiri atas nama, title, tipe ID (KTP, SIM, Paspor dan lainnya) dan yang terakhir adalah nomor ID.

Manfaat Passenger Quick Pick

Kalau kamu mengisi satu per satu secara manual untuk keempat orang tersebut, sudah pasti hal itu sangat menyita waktu. Belum lagi kalau typo dan kamu harus mengoreksinya terlebih dulu, bisa-bisa tiket kereta sudah terlanjur habis sebelum kamu berhasil membelinya.

Untuk itulah fitur ini dihadirkan. Dengan Passenger Quick Pick maka kamu bisa menghemat waktu untuk mengisi informasi tersebut dan menggantinya dengan hanya 1 sentuhan saja. Melalu fitur Passenger Quick Pick ini juga, kamu tidak perlu lagi mengingat semua detail dari orang-orang tersebut atau mencatatnya dalam secarik kertas sebelum memindahkannya ke dalam form pengisian informasi penumpang berulang kali.

Bagaimana Cara Menggunakannya?

Untuk benar-benar bisa merasakan manfaat dari Passenger Quick Pick, kamu terlebih dahulu harus mendaftarkan beberapa nama ke dalamnyaBerikut ini cara untuk memasukkan nama ke dalam daftar Passenger Quick Pick:

Cara mendaftarkan user ke dalam Passenger Quick Pick.

Satu hal yang perlu diingat, fitur ini baru akan berjalan setelah kamu login. Jadi kalau kamu belum login, kamu hanya akan melihat fitur Passenger Quick Pick dengan tanda gembok disampingnya yang menandakan kalau aplikasi ini tidak bisa digunakan. Setelah login, barulah kamu bisa menambahkan beberapa nama dalam daftar Passenger Quick Pick. Kamu bisa menambahkan lebih dari 5 daftar nama ke dalamnya.

Simulasi Pembelian Tiket Kereta Api dengan Menggunakan Passenger Quick Pick

Setelah berhasil menambahkan beberapa nama dalam daftar Passenger Quick Pick, aku akan menunjukkan betapa mudahnya membeli tiket kereta api dengan menggunakan fitur Passenger Quick Pick ini. Dalam kesempatan ini, aku akan membeli 4 tiket sekaligus dalam satu kali proses pemesanan:

Cara menggunakan Passenger Quick Pick saat membeli tiket kereta api (bagian 1)

Cara menggunakan Passenger Quick Pick saat membeli tiket kereta api (bagian 2)

 

Cukup mudah, bukan?

Dengan Passenger Quick Pick, kamu  bisa 3-5 menit lebih cepat bila dibandingkan dengan menggunakan cara konvensional yang harus mengisi passenger details secara manual. Kalau kamu bertanya apa berharganya 3-5 menit itu, aku akan coba menjelaskannya dengan contoh kasus.

Misalnya jam 00:00 WIB pada esok hari adalah waktu pembukaan tiket kereta H-1 lebaran. Kamu perlu membeli 6 tiket sekaligus (4 tiket dewasa dan 2 tiket bayi) untuk anggota keluarga agar bisa berangkat di H-1 lebaran itu. Tentunya kamu ingin agar semua anggota keluargamu bisa mendapat tiket. Di lain pihak, semua orang juga pasti akan berjaga di depan gadgetnya guna mendapat tiket untuk mudik ke kampung halamannya. Dalam waktu kurang dari 10 menit, tiket bisa habis dengan sekejap karena disaat seperti itu kamu akan bersaing dengan sangat banyak orang sedangkan kursi yang tersedia sangat terbatas.

Akan sangat riskan apabila kamu masih menggunakan metode pengisian form secara manual, kamu bisa melewatkan kesempatan mudik tersebut. Tapi apabila kamu menggunakan fitur Passenger Quick Pick dari Traveloka ini, maka peluang kamu mendapat tiket kereta akan jauh lebih besar. Di saat orang lain menghabiskan waktu 5 menit untuk mengisi detail penumpang, kamu hanya butuh 2 menit saja mulai dari pengisian informasi penumpang hingga tiket kamu keluar. Jauh lebih cepat bukan? Kalau di saat seperti ini, kamu akan tahu betapa berharganya 3 menit tersebut.

******

Itu tadi penjelasan mengenai fitur Passenger Quick Pick dan cara menggunakannya saat membeli tiket kereta api dengan Traveloka. Kalau hanya melakukan satu kali pembelian tiket untuk satu orang, mungkin manfaat Passenger Quick Pick belum begitu terasa. Namun buatku yang sering pergi bersama keluarga, terutama menjelang hari raya, aku sangat merasakan manfaatnya. Dalam waktu kurang dari 3 menit, anggota keluargaku sudah berada dalam daftar penumpang dan siap untuk berangkat dengan menggunakan kereta api menuju tempat tujuan.

Buat kamu yang masih penasaran, cobalah lakukan beberapa kali pembelian dengan 3-4 penumpang sekaligus dalam satu kali pemesanan dan rasakan kemudahan pengisian form penumpang hanya dengan satu kali sentuhan.

Dengan adanya kemudahan yang ditawarkan oleh Traveloka tersebut, tidak mungkin rasanya aku mengatakan “tidak” pada aplikasi ini.

Kamu juga pilih Traveloka kan?

Hulk dan wonder woman pun merasakan manfaat dari traveloka

Kereta api tidak pernah terbang. Ia selalu setia pada rel yang dipijak

— Asma Nadia

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

Darius Go Reinnamah

Twitter: @dgoreinnamah |
IG: @dgoreinnamah |
FB: dgoreinnamah |
youtube: Darius Alexander Go Reinnamah | http://goreinnamah.com