7 Tips untuk Kalian yang Mau Berfoto di Tengah Keramaian

Kesel gak sih kalau voyagers sudah jalan jauh-jauh ke suatu tempat wisata untuk berfoto, melewati gunung dan lembah, ternyata tempat yang voyagers datangi itu ramai pengunjung? Pasti kesel dong. Niat untuk bisa mendapatkan hasil foto yang cetar membahana membelah dunia yang berpotensi mendapatkan ratusan ribu likes dari para netizen seolah pupus. Kalau sudah seperti ini rasanya ingin pulang saja dan mengubur dalam-dalam niatan tersebut.

Sebenarnya voyagers tidak perlu kesal akan hal itu. Kita tidak bisa sepenuhnya menyalahkan orang lain akan kondisi tersebut karena pada hakekatnya tempat wisata memang tempat umum yang bisa didatangi oleh siapapun dan kapanpun.

Kalau kita cerdik, di tengah keramaian seperti itu pun kita tetap bisa mendapatkan hasil foto yang sesuatu banget.  Berikut ini beberapa tips dari Daily Voyagers untuk kalian yang ingin mengambil gambar di tengah keramaian:

  1. Hari Biasa.

    Gambar atas: Goa Pindul di hari biasa
    Gambar bawah: Goa Pindul saat musim liburan. pic via ini

    Untuk bisa berfoto secara leluasa tanpa ‘gangguan’ yang cukup banyak dari wisatawan lain, voyagers bisa mencoba untuk datang di hari biasa alias bukan weekend atau saat waktu liburan sekolah. Biasanya kondisi tempat wisata relatif lebih sepi saat hari biasa sehingga voyagers bisa lebih leluasa untuk berfoto tanpa adanya gangguan yang cukup berarti dari orang lain.

  2. Jam Paling Pagi.

    Pantai Batu Kapal Pagi-pagi di saat masih sangat sepi

    Ingat, kamu bukan anak presiden yang bisa membubarkan keramaian agar kamu bisa berfoto seorang diri di suatu tempat wisata. Kalau memang kamu hanya bisa pergi saat weekend atau saat dimana orang lain juga merayakan hari libur, maka pergilah pagi-pagi sekali. Jika tempat wisata itu memiliki jam buka, maka datanglah tepat pada saat jam buka tersebut. Umumnya tempat wisata tidak akan terlalu ramai ketika baru saja dibuka.

  3. Buat Antrian.

    antrian berfoto di Kalibiru. pic via ini.

    Saat sedang melihat orang lain berfoto di tempat dimana kita juga ingin berfoto, maka janganlah mengganggu mereka. Kita bisa berinisiatif untuk membuat antrian dan meminta orang lain yang juga ingin berfoto di tempat tersebut agar mengantri di belakang kita. Dengan adanya antrian maka proses berfoto akan menjadi lebih teratur dan kita bisa ‘menguasai’ objek foto kita dengan sempurna. Cara ini mungkin tidak akan selalu berhasil tapi layak untuk dicoba.
    Sedikit tambahan, ketika ada orang lain yang “mengganggu” kita ketika sedang berfoto, maka kita bisa memintanya dengan sopan untuk menyingkir sebentar hingga sesi berfoto kita selesai.
    Jangan lupa juga untuk mengucapkan terima kasih kepada mereka yang mau menunggu hingga sesi berfoto kita selesai.

  4. Tahu Diri.

    pic via ini

    Misalkan antrian tersebut terlaksana dan kita mendapatkan giliran untuk berfoto atau kita memang mendapatkan momen dimana orang lain menghargai kesempatan kita ketika sedang berfoto, maka berfotolah secara bijaksana. Maksudnya bagaimana? Maksudnya ambillah gambar secukupnya, 2-3 foto saja. Tidak perlu kita mengambil gambar hingga 50 foto di satu spot sehingga membuat pengunjung lainnya menunggu lama. Suka kesel kan melihat orang yang foto lama banget sedangkan kita juga ingin foto di spot tersebut?

  5. Sudah Punya Ide.

    Sudah punya ide. pic via ini

    Sekiranya ingin berfoto di suatu spot yang ramai, pastikan voyagers sudah tahu ingin berfoto dengan gaya atau angle yang seperti apa sehingga ketika kesempatan untuk berfoto dengan latar yang clear itu datang maka voyagers bisa dengan cepat mengeksekusi kesempatan tersebut.
    Hindari kebiasaan “baru memikirkan gaya” saat berada di TKP karena hal tersebut membuang waktu kamu dan orang lain yang menunggu.
    Tips tambahan, pastikan juga kamera sudah dalam keadaan siap untuk mengambil gambar ya.

  6. Cari Sudut Pandang yang lain.

    Gambar atas: spot paling banyak digunakan untuk berfoto ketika di Kelingking beach dan ini spot selalu ramai.
    Gambar Bawah: spot lain untuk menikmati Kelingking Beach dan disini sangat sepi.

    Seringkali banyak wisatawan yang terjebak pada satu sudut pandang objek wisata saja dan tidak bisa melihat objek tersebut dari sudut lainnya. Cobalah mengambil gambar dari sudut yang berbeda. Terkadang dari sudut yang berbeda kita bisa mendapat hasil yang lebih indah dan lebih memukau (padahal objek yang di foto sama). Tidak jarang juga suatu objek foto bisa lebih sepi bila diambil dari sudut yang lain.

  7. Jadikan Orang Lain Sebagai Subjek Foto.

    Gunakan anak-anak ini sebagai subjek foto kalian

    Jikalau masih tetap ramai dan tidak mungkin meminta orang lain untuk menyingkir sebentar atau membuat antrian, maka kita bisa menggunakan keramaian sebagai subjek foto kita. Jadikan tempat wisata tersebut sebagai subjek utama dan keramaian itu sebagai subjek pelengkap dari objek foto kita.

Ya, itu tadi sedikit tips ala Daily Voyagers untuk kalian yang ingin mengambil gambar di tengah keramaian. Kalau kalian memiliki tips lain yang juga bisa membantu, jangan ragu untuk menambahkannya di kolom komen ya.

Happy Traveling 🙂

A charming woman… doesn’t follow the crowd. She is herself.
— Loretta Young

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

Darius Go Reinnamah

Twitter: @dgoreinnamah |
IG: @dgoreinnamah |
FB: dgoreinnamah |
youtube: Darius Alexander Go Reinnamah | http://goreinnamah.com