Alternatif Penginapan Murah di Labuan Bajo

Labuan Bajo, sebuah daerah di barat Flores yang sudah tidak diragukan lagi keindahan alamnya. Berbagai turis mancanegara dan dalam negeri sudah merasakan keindahan dalamnya laut dan tingginya bukit di pulau ini serta keramahan warga sekitar. Daya tarik utama wisata di daerah ini sudah tentu Pulau Komodo dengan paket wisata LOB-nya (Living on Boat). Nah, buat voyagers yang ingin mencoba bagaimana nikmatnya tidur di atas kapal selama 3-4 hari dan merasakan sensasi traveling yang berbeda maka wajib mencoba wisata model ini.

Namun seringkali setelah LOB atau sebelum LOB voyagers harus menginap di Labuan Bajo dengan berbagai macam alasan. Entah itu karena waktu keberangkatan pesawat pulang yang masih keesokan harinya, voyagers yang datang sehari lebih cepat guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi saat berangkat, atau voyagers memang menambah waktu liburan guna menjelajah daratan Labuan Bajo. Untuk itu pada kesempatan kali ini Daily Voyagers ingin membagikan informasi mengenai beberapa penginapan murah untuk voyagers yang ingin menginap di Labuan Bajo.

  1. Hotel Mutiara
    Hotel Mutiara

    Alternatif penginapan murah di Labuan Bajo : Hotel Mutiara

    Hotel Mutiara ini letaknya persis di belakang Pelabuhan Labuan Bajo, tempat dimana kapal-kapal untuk LOB bersandar ataupun berangkat. Kalau voyagers menginap di sini tentu saja voyagers tinggal berjalan kaki menuju ke Pelabuhan. Selain harganya yang murah, di depan hotel yang terletak di pinggir jalan raya utama ini terdapat banyak Dive Center Information, tempat belanja oleh-oleh dan juga restoran dengan bermacam jenis sajian makanan. Katanya sih penginapan ini favoritnya para Backpacker baik dalam dan luar negeri yang ingin mendapat harga murah dan rasa aman & nyaman secara bersamaan.
    Jarak dari hotel ini ke bandara pun hanya sekitar 3 Km atau memakan waktu hanya 10 menit saja. Buat yang ingin mencoba makanan pinggiran paling terkenal di Labuan Bajo yaitu Kampung Ujung, dari hotel Mutiara ini juga voyagers hanya perlu berjalan ke arah kiri selama kurang lebih 10 menit setelah keluar dari hotel ini. Tapi buat yang agak males jalan kaki, penginapan ini juga menjual makanan kok seperti nasi goreng dan mie goreng. Gimana? asyik kan?

    Fasilitas yang termasuk:
     - Kamar Mandi Di Dalam
     - Sarapan
     - AC / Kipas Angin
     - Front Desk 24 jam
    Fasilitas lain:
     - Laundry
     - Sewa Motor
     - Antar Jemput Bandara
    
    Jumlah Kamar : 16
    
    Alamat :
    Jl. Soekarno Hatta Kampung Tengah Labuan Bajo Indonesia, Labuan Bajo, Indonesia
    
    Telephone:
    08513-3748-9568 atau 0852-3810-4105

    Harga:
    Kamar AC = Rp 300.000/Kamar/Hari  dengan 2 kasur (Dapat menampung Hingga 2-6 Orang)
    Kamar Fan = Rp 150.000/Kamar/Hari dengan 2 kasur (Dapat menampung Hingga 2-6 Orang)
    Extra Bed = Rp 25.000/bed

    *Untuk 4-6 Orang bisa menggunakan Extra Bed demi kenyamanan saat tidur

    Curhatan:
    Apabila Sudah memesan kamar di tempat ini via telepon, pastikan terus kalau voyagers mendapat tempat di tempat ini karena berdasarkan pengalaman dailyvoyagers pernah mendapat perlakuan yang kurang menyenangkan yaitu kami dipindahkan ke Hotel lain karena ada turis asing yang harusnya check out tapi tiba-tiba di akhir masa menginapnya mereka memperpanjang masa menginapnya dan pemilik Hotel Mutiara tidak memiliki ketegasan dan mengabulkan permintaan turis asing tersebut.
    
    Saran:
    Kalau bisa sewalah kamar yang ber AC. Sirkulasi udara di Penginapan ini kurang Bagus.

  2. Hotel Wisata

    Hotel Mutiara bagian 1

    Hotel Mutiara bagian 1

    Hotel Mutiara bagian 2

    Hotel Mutiara bagian 2

    Hotel Wisata ini letaknya sedikit lebih jauh, yaitu sekitar 800 Meter ke arah Timur dari Hotel Mutiara namun tetap berada di dalam “Jalur sibuk” di Labuan Bajo. Meskipun lebih jauh bukan berarti Hotel ini kalah saing. Dari jumlah kamar, Hotel Wisata memiliki kamar yang lebih banyak dibanding Hotel Mutiara. Penginapan ini memiliki tata letak penempatan kamar yang terbaik dan ada lorong panjang tanpa atap di depan kamar dengan sedikit pepohonan yang sejuk. Di lorong tersebut, voyagers bisa menjemur pakaian voyagers karena sinar matahari dapat dengan leluasa masuk saat pagi dan siang hari.
    Hotel ini terletak tepat di dekat 2 bank terbesar di Indonesia, sehingga voyagers tidak perlu bingung untuk ambil uang di saat persediaan “piti” semakin menipis. Karena letaknya yang memang masih di Jalur bisnis di Jalan Soekarno-Hatta, di sekitar hotel ini juga banyak Dive Center, mini market, cafe dan toko-toko yang menjual pakaian atau oleh-oleh khas NTT.

    Fasilitas yang termasuk:
     - Kamar Mandi Di Dalam
     - Sarapan
     - AC / Kipas Angin
     - Free WiFi
    
    Fasilitas Lain:
     - Tour Trip
     - Sewa Mobil
     - Laundry
     - Restoran
    
    Jumlah Kamar: 22
    
    Alamat:
    Jl. Soekarno Hatta, Labuan Bajo, Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Indonesia
    
    Telephone :
    +62 385 41020

    Harga:
    Kamar AC = Rp 350.000/Kamar/Hari dengan 2 kasur (dapat menampung 3-4 Orang)
    Kamar Fan = Rp 250.000/Kamar/Hari dengan 2 Kasur (dapat menampung 3-4 Orang)

    Curhatan :
    Pelayanan di sini cukup baik dan internet dari Free WiFinya cukup kencang. Sirkulasi udara dan cahaya di penginapan ini sangat bagus. Resepsionis juga selalu siap sedia di pintu masuk. Overall penginapan ini sangat memuaskan.
    
    Saran:
    Kalau Peak Season, Bookinglah penginapan ini dari jauh-jauh hari

  3. Hotel Jaya

    Hotel Jaya

    Hotel Jaya

    Hotel ini terbilang baru di Labuan Bajo. Letaknya ada di Jalan Bidadari atau dekat dengan Hotel Surya. Tidak seperti kedua penginapan di atas, dari segi letak maka penginapan ini letaknya cukup jauh dari bandara dan keramaian atau bisa dibilang kurang strategis. Namun poin tambah dari hotel ini adalah lokasinya yang sangat dekat dengan puskesmas. Jadi kalau voyagers tiba-tiba sakit dan butuh pengobatan, voyagers tidak perlu berjalan jauh untuk ke rumah sakit, cukup mampir ke puskesmas di sebelahnya.
    Saat tim Dailyvoyagers datang ke tempat ini dan menginap di sini, kondisi pembangunan belum sempurna. Bagian Lantai 2 di penginapan ini masih belum difungsikan. Belum ada kamar ber-AC dan hanya tersedia kipas angin yang berukuran sangat kecil yang sangat kurang dalam segi ukuran untuk membuat sejuk ruangan.

    Fasilitas yang termasuk:
     - Kamar Mandi Di Dalam
     - Sarapan
     - Kipas Angin
     
    Fasilitas Lain:
     - Antar Jemput Bandara
    
    Alamat: Jl. Bidadari Samping Puskesmas, Labuan Bajo, Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Indonesia
    
    Telephone : - Bisa ditanyakan ke Hotel Mutiara

    Harga:
    Kamar Fan = Rp 150.000/Kamar/Hari dengan 2 kasur (Dapat menampung Hingga 2-4 Orang)

    Curhatan :
    Pelayanan di sini cukup baik dan sarapan pancakenya juga cukup enak untuk dinikmati. Namun letaknya yang agak jauh sangat tidak direkomendasikan. Dailyvoyagers dapat menginap di sini akibat dipindahkan dari Hotel Mutiara oleh ownernya
    
    Saran:
    Kalau Bisa, penginapan ini dijadikan opsi yang paling terakhir. Gunakan apabila kedua opsi hotel di atas sudah benar-benar penuh.

Itu tadi sedikit review dari Daily Voyagers, semoga bisa sedikit membantu voyagers dalam menentukan pilihan untuk bermalam di Labuan Bajo. Oh ya, harga yang tercantum di atas dapat berubah sewaktu-waktu terutama pada saat Peak Season  atau masa liburan tiba. Selamat Traveling 🙂

“The gladdest moment in human life, me thinks, is a departure into unknown lands.”

— Sir Richard Burton

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

Darius Go Reinnamah

Twitter: @dgoreinnamah | IG: @dgoreinnamah | FB: dgoreinnamah | youtube: Darius Alexander Go Reinnamah | http://goreinnamah.com

You may also like...