Ke Ora Beach Tanpa Agen Perjalanan? Bisa Banget.

Ora Beach

Beberapa hari yang lalu lebih tepatnya tanggal 25-27 Maret 2017,  salah satu dari tim Daily voyagers berkesempatan untuk mencicipi nikmatnya menghabiskan waktu di pantai yang sudah tersohor, tidak hanya di Indonesia namun juga di seluruh dunia, yaitu Pantai Ora.

Buat voyagers yang belum tau lokasi Pantai Ora, pantai ini terletak di Maluku Tengah, lebih tepatnya di Pulau Seram, Maluku. Soal keindahannya, voyagers tidak perlu meragukannya karena setiap tahunnya Ora Beach bisa menyedot 500an pengunjung baik dari dalam maupun luar negeri (data tahun 2013).

Nah, di atas Pantai Ora ini, berdirilah sebuah resort bernama Ora Eco Resort yang menawarkan kenyamanan pada kita dalam menikmati keindahan Pantai Ora. Di resort ini kita bisa menginap dan bermalam di cottage yang memang sudah mereka sediakan untuk menunjang kenyamanan kita selama menikmati Pantai Ora. Kalau mau dibayangkan, cottage-cottage tersebut bentuknya mirip seperti yang ada di Maldives, tepat langsung berada di atas laut.

Dari liburan tersebut, Daily voyagers mendapat beberapa pertanyaan dari beberapa orang seperti “Pakai Agen Perjalanan apa ke sana?”, “Gampang nggak sih ke Pantai Ora?”, “Aman nggak sih kalau mau pergi sendiri ke Ora?”, “Mahal nggak sih menginap di sana?” dan beberapa pertanyaan serupa lainnya. Untuk menjawab beberapa pertanyaan tersebut, maka hadirlah postingan berikut. Yuk kita mulai jawab satu-persatu pertanyaan di atas.

Pakai Agen Perjalanan Apa?

Sebelum membahas lebih lanjut, mari kita samakan persepsi dulu soal apa itu Agen Perjalanan. Agen Perjalanan adalah sebuah pihak ketiga yang memberikan jasa atau layanan kepada seseorang atau kelompok yang ingin berkunjung ke suatu tempat tanpa ingin repot. Layanan tersebut dapat berupa pengurusan tiket, hotel, sewa mobil dan banyak lainnya. Intinya adalah Agen Perjalanan itu merupakan penghubung antara traveler dengan pihak lainnya (Hotel, resort, dll).

Lalu kemarin Daily Voyagers pakai Agen Perjalanan nggak waktu ke Pantai Ora? jawabannya adalah TIDAK. Kenapa tidak? karena biaya Agen Perjalanan itu MAHAL dan bisa membuat pengeluaran membengkak. Salah satu kenikmatan dari sebuah perjalanan menurut Daily Voyagers tidak hanya terletak saat berlangsungnya proses jalan-jalan itu, tetapi dimulai dari proses penyusunan jadwal dan perincian biaya perjalanan tersebut yang kita lakukan sendiri.

Kenapa Daily Voyagers bilang MAHAL? Karena Agen Perjalanan tersebut bisa mengambil untung sekitar 800.000/orang-nya. Misal, harga menginap 3 Hari 2 Malam di Ora beach Resort itu 2,7 juta/orang, maka agen perjalanan itu bisa meminta Rp 3,5 juta per orangnya. Ada selisih Rp 800ribu di sana.

Memang sih kita tidak perlu repot menelpon pihak Ora Resort untuk janjian ini itu atau tanya-tanya soal kamar, tapi menurut Daily voyagers itu terlalu mahal. Mending urus sendiri dan uangnya dipakai untuk makan Papeda atau beli Ikan Asar di Ambon sana.

Gampang gak sih?

Mudah atau sulitnya menyusun perjalanan ke Ora menurut daily voyagers itu tergantung dari pribadi kita masing-masing. Kalau menurut Daily Voyagers sih cukup mudah dan simple. Hal yang perlu voyagers lakukan hanya:

  1. Mengatur tanggal untuk menginap di Ora.
  2. Membuka Website Ora dan melihat paket yang ditawarkan (Di sini).
  3. Kalau sudah dapat paket dan tanggal yang cocok, telepon atau Whatsapp pihak Ora Eco Resort dan tanya mengenai ketersediaan kamar.
  4. Kalau kamar tersedia, silahkan lakukan DP kemudian pelunasan.
  5. Saat hari H voyagers akan Dijemput di Ambon (Bandara) →Di antar ke Ora Beach→Dikembalikan lagi ke Ambon→Perjalanan Selesai.

Gimana? Gampang Banget kan?

Pilihan Paket

Ora Eco Resort, resort yang berada di atas Pantai Ora ini sebenarnya sudah menawarkan beberapa paket untuk voyagers. Voyagers hanya perlu mengunjungi  websitenya, membaca dengan saksama dan memilih paket yang cocok untuk voyagers, lalu menghubungi pihak Ora Eco Resort.  Untuk sedikit membantu maka Daily Voyagers akan memposting paket tersebut  di sini.

Paket Ora Eco Resort (1)

Paket Ora Eco Resort (1)

Paket dan harga Ora resort

Paket Ora Eco Resort (2)

Meskipun gambar di atas tertulis 2016, tapi harga itulah yang Daily Voyagers gunakan saat berkunjung ke Pantai Ora kemarin. Harga di atas itu sudah termasuk pajak kok. Jadi apa yang tertera di atas, sejumlah itu lah yang harus voyagers bayarkan.

Setelah pembayaran lunas, voyagers akan diberikan nomor HP supir yang akan menjemput voyagers di Bandara (untuk pengantaran ke Pelabuhan Tulehu) dan nomor HP Supir yang akan menjemput voyagers di Seram (Untuk pengantaran dari Pelabuhan Amahai ke Desa Saleman). Jadi nanti saat hari H, voyagers hanya perlu menghubungi supir tersebut untuk titik penjemputannya. Baik saat pulang atau pergi, supirnya sama kok.

Saat sampai di pelabuhan pun, supir tersebut yang akan membelikan kita tiket kapal (sudah masuk dalam harga paket). Kita tidak perlu repot-repot untuk mengantri dan berjibaku dengan penumpang lainnya di loket pembelian. Jadi saat tiba di pelabuhan, voyagers akan diantar langsung oleh supir tersebut menuju kapal cepat sampai voyagers duduk di kursi yang sudah tertera pada tiket kapal tersebut. Kurang enak gimana?

invoice pelunasan Ora Resort

Contoh Invoice Pelunasan

Untuk Paket Tambahan saat berada di Ora Beach (Lihat bagian “lain-lain” pada gambar Paket Ora Eco Resort (2)), voyagers bisa menentukannya saat sudah berada di Ora Eco Resort dan pembayaran bisa langsung dilakukan di sana. Voyagers juga bisa berkonsultasi dulu ke resepsionis di sana mengenai tempat apa saja yang bisa saya kunjungi dalam satu hari dan mana yang tidak. Harga di atas itu harga per boat ya, karena transportasi yang kita gunakan selama di Ora Beach adalah perahu bermesin.

Ambon Aman nggak?

Buat yang masih punya pemikiran “Ambon aman nggak ya? kan serem-serem tuh orangnya. Mana kalau di Jakarta mereka terkadang suka ribut dan berkelahi pula, nanti saya kenapa-kenapa lagi kalau pergi sendiri ke sana.” mending buang pemikiran itu jauh-jauh deh. Ambon itu aman banget, orang-orangnya juga baik banget, kalau Daily Voyagers bilang sih ini kota penuh Cinta.

Jangan bayangkan kondisi saat kerusuhan Ambon tahun 1999 lalu, jangan bayangkan preman-preman yang berkeliaran di Jakarta. Bayangkan saja keindahan-keindahan dari Pantai yang ada di sana. Kulit mereka mungkin hitam, suara mereka mungkin keras, cara mereka bicara mungkin terlalu cepat, tapi percaya deh orang-orang di Ambon itu baik-baik dan selalu manise. Jadi sudah cukup terwakili ya jawaban soal aman atau tidaknya?

Strategi

Misalkan voyagers ingin menghabiskan waktu 4 hari 3 malam atau 3 hari 2 malam di Ora tanpa mau menginap di Ambon (untuk mengurangi biaya menginap). Untuk keberangkatan, voyagers silahkan memesan penerbangan paling pagi ke Ambon (yang tiba sekitar pukul 06:00 – 07:00 WIT). Jadi saat tiba di bandara, voyagers akan langsung dijemput oleh supir dari pihak Ora Beach dan diantar ke Pelabuhan Tulehu untuk naik kapal cepat Tulehu-Amahai. Perjalanan Bandara-Tulehu memakan waktu sekitar 1,5 jam.

penerbangan jakarta - ambon

Pemilihan Waktu Pergi ke dan pulang dari Ambon

Saat tiba di Pelabuhan Tulehu pukul 08:30 atau 09:00 WIT, voyagers akan langsung naik kapal cepat dan berangkat menuju Pelabuhan Amahai, Masohi (jadwal keberangkatan kapal di hari biasa itu pukul 09:00 WIT) dan kemudian setibanya di Amahai maka voyagers akan dijemput oleh supir di sana untuk di antar ke Ora Eco Resort.

Dan untuk kembali, voyagers bisa memesan penerbangan di atas pukul 18:00 WIT. Kenapa? karena waktu keberangkatan kapal dari Amahai – Tulehu adalah pukul 14:00 WIT. Itu berarti Voyagers akan tiba di Tulehu sekitar pukul 16:00 WIT. Perjalanan Pelabuhan Tulehu – Bandara paling lama memakan waktu sekitar 2 jam, sehingga voyagers paling lambat tiba di Bandara Pattimura sekitar pukul 18:00 WIT. Itulah mengapa voyagers harus memilih penerbangan di atas jam 18:00 WIT

Dengan mengikuti cara di atas maka voyagers tidak perlu mengeluarkan uang tambahan untuk menginap di Kota Ambon.

Kesimpulan

Jadi, kesimpulannya adalah voyagers bisa banget pergi ke Ora Beach tanpa menggunakan jasa Agen Perjalanan. dan kalau mau lebih tegas lagi, Daily Voyages mau katakan bahwa voyagers tidak memerlukan jasa Agen Perjalanan untuk menikmati keindahan Pantai Ora. Kenapa? Pertama, karena mahal. Kedua, karena tidak sulit untuk berlibur atau melakukan pemesanan kamar di Ora Beach. Ketiga, karena pihak Ora Eco Resort sudah menyediakan semuanya, mulai dari jasa penjemputan sampai antar kembali ke bandara (atau tempat yang kita ingin tuju di Ambon) dan servicenya sangat baik. Jadi buat apa lagi pakai agen perjalanan?

Saran

  1. Biaya pesawat dari dan ke Ambon tidaklah murah, untuk itu alangkah baiknya jika direncanakan dari jauh-jauh hari sehingga masih ada waktu untuk menabung.
  2. Pemesanan kamar dari jauh-jauh hari juga sangat dianjurkan mengingat tidak banyaknya cottage yang tersedia di Ora Eco Resort. Pemesanan kamar dari jauh-jauh hari juga guna mencegah full book.
  3. Kalau ingin fast response maka voyagers bisa langsung menelpon, jangan Whatsapp.

    Contoh Percakapan via Whatsapp dan Invoice yang dikirimkan lewat email

Kontak

Berikut kontak yang bisa kamu hubungi untuk melakukan pemesanan kamar di Ora Eco Resort.

  1.  Kantor: (0911) 361970
  2.  HP (Telepon dan WA): +6281248896616 (Ibu Yuni atau Ibu Grace)
  3. Email: info@exoticorabeach.com
  4. Website: Exoticorabeach.com

The voice of the sea speaks to the soul. The touch of the sea is sensuous, enfolding the body in its soft, close embrace
–Kate Choppin

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

Darius Go Reinnamah

Twitter: @dgoreinnamah |
IG: @dgoreinnamah |
FB: dgoreinnamah |
youtube: Darius Alexander Go Reinnamah | http://goreinnamah.com

You may also like...