Spot Nemo Pulau Pahawang

Clown Fish diantara Anemon

Clown Fish (nemo) diantara Anemon

Siapa yang belum pernah menonton film Finding Nemo? Film animasi besutan sutradara Andrew Stanton yang dirilis tahun 2003 ini berhasil merebut tidak hanya perhatian anak-anak tetapi juga banyak orang dewasa. Film yang menghasilkan pendapatan sekitar $ 936 Juta ini bercerita tentang seekor ikan yang bernama Marlin (Clown Fish) yang kehilangan anaknya Nemo.

Saat itu Nemo menentang ayahnya dan pergi untuk menginvestigasi sebuah kapal, namun sayangnya dia justru tertangkap oleh penyelam. Bersama Dory, Marlin berusaha mencari dan menemukan Nemo. Dailyvoyagers menganggap film produksi Walt Disney Pictures dan Pixar Animation Studios ini sangat sukses. Kenapa kami bisa menyebutnya sukses? hal itu karena begitu melekatnya nama Nemo di otak kita bila kita bertemu atau melihat Clown Fish. 

Coba saja ajak beberapa orang menyelam lalu cari ikan berwarna orange dengan garis putih di tubuhnya yang umumnya berada di antara anemon, secara spontan pasti mereka akan menyebut ikan tersebut Nemo dan bukan Clown Fish.

Nemos are everywhere

Nemos are everywhere

Nama itu sendiri sampai mempengaruhi nama suatu spot di daerah Lampung, lebih tepatnya di Pulau Pahawang. Di sana terdapat sebuah diving spot yang diberi nama Spot Nemo. Nama tersebut diberikan bukan tanpa alasan karena memang di spot tersebut kita bisa dengan mudah bertemu dengan Clown Fish yang sangat banyak jumlahnya. Umumnya di daerah lain kita harus secara teliti untuk mencari mereka ketika menyelam tapi tidak dengan di spot ini.

Spot ini sebenarnya adalah spot buatan yang dibuat oleh nelayan sekitar yang bertujuan untuk menjadi daya tarik tersendiri ketika mengunjungi Pulau Pahawang. Animo masyarakat Indonesia yang mulai tinggi untuk berkunjung ke Pahawang membuat warga melihat ini sebagai peluang untuk menambah pendapatan. Untuk menjaga animo itu tetap tinggi maka dibuatlah Spot Nemo yang juga terdapat tulisan buatan “Pulau Pahawang Wisataku” di dalamnya.

Untuk membuat Spot Nemo ini para penduduk di daerah sana melakukan ternak karang dan juga budi daya Anemon. Buat yang belum tau Anemon itu apa, Anemon merupakan hewan laut yang sering dikira tumbuhan oleh banyak orang. Anemon dan Clown Fish memang tidak dapat dipisahkan, keduanya membentuk simbiosis mutualisme.

Anemon sendiri bertipe karnivora dan memiliki tentakel yang sangat beracun, yang lucunya racun tersebut tidak mempan terhadap Clown Fish. Anemon Laut akan melindungi Nemo dari pemangsa dengan racun yang ada di tentakelnya, sedangkan Clown Fish akan melindungi Anemon dari butterfly fish dan memakan hewan invertebrata kecil yang melekat pada tentakel anemon dan membahayakan anemon. Kotoran Clown Fish juga merupakan nutrisi bagi anemon.

Beberapa Clown Fish di Spot Nemo

Beberapa Clown Fish di Spot Nemo

Clown Fish sebenarnya tidak hanya berwarna orange. Clown Fish ada 28 spesies, ada yang berwarna kuning, merah, hitam, dan juga jingga namun yang paling terkenal memang yang seperti ada di film Finding Nemo. Menurut Dailyvoyagers, Clown Fish merupakan ikan yang paling bersahabat karena mereka tidak takut kepada manusia. Hal ini terlihat saat mereka tidak takut didekati manusia, mereka justru menari indah di antara Anemon.

Clown Fish juga bisa dibilang fotogenik dan memang instagramable. Mereka seolah sudah tau harus bergaya seperti apa ketika para diver sudah mengarahkan kamera ke arah mereka. Sedikit info, ketika mendekati Clown fish kita perlu berhati-hati agar tidak menyentuh anemon karena apabila kulit kita terkena anemon maka akan timbul rasa gatal.

Kemudian yang perlu diperhatikan lagi, belakangan ini sering sekali dailyvoyagers melihat banyak divers yang menangkap Clown Fish dengan tangannya hanya untuk Foto bersama mereka dan di-upload di media Sosial. Memang boleh mengambil gambar nemo-nemo tersebut hanya saja lakukanlah dengan profesional, maksudnya adalah jangan sampai mengganggu mereka apalagi melakukan hal-hal yang berpotensi mencederai mereka.

Nemo jenis lainnya di Spot Nemo

Nemo jenis lainnya di Spot Nemo

Yuk dateng ke Spot ini dan nikmati keseruan bermain bersama mereka. Kalau sudah ke sana jangan lupa tetap menjaga mereka ya. Hanya dengan kedalaman 3 meter kita sudah bisa bermain bersama mereka. Untuk yang bingung bagaimana cara untuk ke sana, bisa membaca postingan Dailyvoyagers di sini.

Snorkling with Clown Fishes

Snorkling with Clown Fishes

Salam Lestari.

Everybody is a genius. But if you judge a fish by its ability to climb a tree, it will live its whole life believing that it’s stupid.

–Albert Einstein

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

Seorang pria yang sedang terus belajar menulis. Alasan menulisnya simple saja, karena "tertampar" oleh kalimat dari Pramoedya yang berbunyi: Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.