• Home
  • /
  • Trip
  • /
  • Untuk Kamu yang Mau ke Ceremai dari Jakarta

Untuk Kamu yang Mau ke Ceremai dari Jakarta

Kalau di postingan yang sebelumnya  Daily Voyagers sudah memberi sedikit gambaran mengenai bagaimana kondisi pos atau jalur-jalur yang akan dilalui voyagers, mulai dari pos paling bawah sampai ke puncak tertinggi Gunung Ceremai, nah pada kesempatan kali ini Daily Voyagers ingin membagikan info soal bagaimana voyagers bisa sampai ke sana dari Jakarta dengan menggunakan kendaraan umum. Berikut ini infonya:

  1. Kp. Rambutan – Pertigaan Cilimus
    Dari Kampung rambutan ini, Voyagers bisa memilih antara menggunakan bus Luragung atau Setia Negara, keduanya sama-sama melewati Pertigaan Cilimus namun Daily Voyagers lebih menyarankan menggunakan Setia Negara. Kenapa Setia Negara? Karena tempat duduk lebih nyaman dan dari segi tampilan jauh lebih rapi. Untuk Formasi tempat duduk,  baik Bus Setia Negara maupun Luragung sama-sama menggunakan format 3-2. Meskipun kedua bus tidak ber-AC, namun Bus Setia Negara ini lebih segar dan tidak pengap. Bagaimana Dailyvoyagers bisa berkata seperti itu? Tim Dailyvoyagers sudah menggunakan kedua bus tersebut saat menuju Pertigaan Cilimus. Di tengah perjalanan tim daily voyagers harus berpindah dari Bus Setia Negara ke Bus Luragung karena masalah teknis yang dialami Bus Luragung jadi tim Dailyvoyagers memiliki kesempatan untuk menggunakan kedua bus tersebut dan membandingkannya.
    Biaya perjalanan dengan moda transportasi ini menghabiskan biaya sebesar Rp 80.000 dan memakan waktu sekitar 5-6 jam. Saran Dari Dailyvoyagers adalah berangkatlah dari Teminal Kampung Rambutan sekitar pukul 20:00 – 22:00 WIB karena kalau melebihi waktu tersebut bus menuju Kuningan tidak akan kalian temukan sampai jam 05:00 WIB di hari berikutnya. Pertimbangan selanjutnya adalah waktu tiba, Sesampainya di sana maka voyagers bisa beristirahat sebentar di Base Camp Ranger sebelum mendaftar simaksi dan melakukan pendakian, karena daily voyagers percaya tidur di bus pasti kurang lelap dan kurang nyaman. Perkiraan voyagers tiba dipertigaan Cilimus paling lama sekitar pukul 05:00 WIB.

    Penampakan Bus Setia Negara

    Penampakan Bus Setia Negara

    Bagian Belakang Bus Setia Negara

    Bagian Belakang Bus Setia Negara

    Karcis Bus Setia Negara

    Karcis Bus Setia Negara

  2. Pertigaan Cilimus – Basecamp Ranger
    Pertigaan Cilimus itu tepat berada di depan Indomaret. Dari Indomaret tersebut kita masih harus menyusuri jalan menanjak yang cukup jauh sebelum akhirnya sampai di Base Camp Ranger, sebuah pos untuk beristirahat bagi para pendaki sebelum dan setelah melakukan pendakian. Untuk itu kita perlu menyewa kendaraan untuk menuju ke base camp ranger tersebut.  Opsi pertama kita bisa menyewa kendaraan umum berwarna kuning yang mondar mandir tepat di jalan raya depan Indomaret, harga sewanya itu Rp 60.000 sekali jalan dan bisa mengangkut 10 orang pendaki sekaligus. Namun kalau voyagers tiba di pertigaan Cilimus terlalu pagi biasanya akan kesulitan untuk menemukan kendaraan umum, maka opsi yang kedua adalah menelpon supir kendaraan umum tersebut. Nomor yang bisa kamu hubungi adalah 085322912511 atas nama Kang Maman. Jam berapapun kamu tiba di Pertigaan Cilimus jangan ragu untuk menghubungi dia, Kang Maman siap menjemput kamu kapanpun dan tarifnya pun sama.
    Voyagers jangan langsung mau kalau diminta untuk naik ojeg oleh tukang ojeg yang ada di sekitar pertigaan Cilimus. Umumnya mereka akan berkata kalau tidak ada angkutan yang bisa membawa voyagers sekalian sampai ke Base Camp Ranger sehingga voyagers akan menggunakan jasa mereka. Jadikan ojeg sebagai opsi terakhir setelah kedua opsi seblumnya tidak berhasil, karena kalau naik ojeg sembari membawa carrier yang besar dan berat maka punggung akan bekerja sangat keras mengingat jalur yang dilewati cukup menanjak. Jarak dari Pertigaan Cilimus sampai ke Base Camp Ranger hanya 10-15 menit.

    Angkutan Umum yang biasa disewa untuk mengantar pendaki dari pertigaan Cilimus ke Base Camp Ranger

    Angkutan Umum yang biasa disewa untuk mengantar pendaki dari pertigaan Cilimus ke Base Camp Ranger

    Indomaret pertigaan Cilimus

    Indomaret pertigaan Cilimus

    Pertigaan Cilimus

    Pertigaan Cilimus

Demikianlah tadi sedikit info buat voyagers yang ingin pergi ke Gunung Ceremai dari Jakarta. Semoga informasi tersebut bisa membantu voyagers sekalian. Selamat Mendaki dan jangan lupa untuk terus jaga alam Indonesia.

Getting to the top is optional. Getting down is mandatory
— Ed Viesturs

baca juga:

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

Seorang pria yang sedang terus belajar menulis. Alasan menulisnya simple saja, karena "tertampar" oleh kalimat dari Pramoedya yang berbunyi: Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.