Romantisme Kalibiru, Kulon Progo – Jogjakarta

Sedikit ke arah barat Jogja, di Daerah Kabupaten Kulon Progo tepatnya, ada sebuah objek wisata alam yang bernama Kalibiru. Sebuah objek wisata yang bisa dikatakan sangat romantis. Romantis karena memang spot-spot di tempat ini sangat cocok untuk berfoto bagi kalian para couple yang masih baru atau sedang hangat-hangatnya, juga untuk kalian para pasangan yang sudah lama menjalin hubungan dan ingin tetap menyalakan api-api cinta tersebut di hati pasangan masing-masing.

Papan Penunjuk Arah Menuju Kalibiru. pict via Jalanjogja

Papan Penunjuk Arah Menuju Kalibiru.
pict via Jalanjogja

Kalibiru merupakan sebuah hutan lindung yang diolah oleh kelompok Tani HKM di daerah setempat menjadi sebuah daerah objek wisata. Kawasan hutan lindung yang juga merupakan daerah objek wisata ini resmi beroperasi sekitar bulan Januari 2010. Dengan perpaduan latar belakang antara Gunung Ijo, Waduk Sermo dan hijaunya pepohonan, serta sejuknya udara pegunungan tentulah membuat tempat ini ramai dikunjungi para (pasangan) wisatawan. Terletak di ketinggian ±450 MDPL, voyagers bisa membayangkan betapa nikmatnya dan indahnya tempat ini.

Petunjuk Arah dan Estimasi waktu menuju Kalibiru dari Kota Jogja

Petunjuk Arah dan Estimasi waktu menuju Kalibiru dari Kota Jogja

Beberapa keuntungan lainnya dari keindahan alam Kalibiru ini adalah dapat kita nikmati dengan mudah dan murah. Mudah karena akses untuk menuju ke sini tidaklah susah dan tidak ada macetnya. Dari kota Jogja contohnya, kita hanya perlu menggunakan kendaraan roda dua atau empat kemudian menyalakan aplikasi penunjuk arah di smartphone kita dengan mengetikkan kata kunci “kalibiru”. Maka estimasi jarak dan waktu akan langsung tampil di layar smartphone voyagers. Infrastruktur jalan pun sudah tidak perlu diragukan, kondisi jalan sangat bagus mulai dari kota Jogja sampai ke Parkiran Objek Wisata Kalibiru.

Kalau tadi sudah membahas aspek “mudahnya”, sekarang aspek “murahnya”. Dikatakan murah karena kita hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000/orang. Cukup murah bukan?

Spot-Spot Foto

Terdapat beberapa spot foto romantis yang bisa kalian, para pasangan pilih untuk berfoto. Spot tersebut ada 5 namun dailyvoyagers hanya akan membahas secara detail 3 diantaranya. Oh ya, untuk informasi tambahan, spot foto yang tersedia di Kalibiru ini semua terletak di atas pohon atau di tempat yang cukup tinggi dan untuk menaikinya voyagers harus memanjat tangga yang sudah disediakan pihak pengelola wisata ini. Berikut adalah spot-spot fotonya:

  1. Spot 3 (Spot Hati)
    Romantisme Kalibiru: Spot Hati

    Romantisme Kalibiru: Spot Hati

    Seperti namanya, spot ini merupakan sebuah spot dimana terdapat papan berbentuk hati di atas pohon sebagai tempat voyagers untuk berpijak dan bergaya. Berfoto sendiri di sini tentunya sangat amat tidak disarankan. Kenapa ? karena kalau berfoto sendiri di atas sebuah hati dan kemudian di upload maka voyagers harus siap dengan celaan dari beberapa voyagers lainnya seperti “Kok sendiri aja sih? belahan hatinya kemana?” atau “Jomblo ya? foto di atas hati kok sendirian” atau bisa juga “pacaranya invisible ya? atau lagi nyari?”. Berbeda halnya apabila berpose di atas hati tersebut bersama sang kekasih, komentar yang muncul cenderung akan lebih positif seperti “Ih, mesra banget sih. Kalian Cocok deh.” atau “bikin envy aja sih fotonya”. Keputusan ada di tangan voyagers apakah mau berfoto di spot ini bersama kekasih (orang lain) atau sendiri 🙂
    Biaya: Rp 10.000/orang
    Maksimum orang: 2 Orang

  2. Spot 2
    Cieeeeee

    Cieeeeee

    Spot 2 merupakan sebuah spot foto dengan tempat pijakan kaki yang berbentuk persegi. Spot ini letaknya berdekatan dengan spot 3, hanya sedikit bergeser namun latar belakang tetap sama, yaitu Waduk Sermo yang mempesona. Kalau di sini voyagers boleh deh berfoto sendirian, berfoto segila mungkin dengan gaya yang voyagers sukai. Voyagers bisa berfoto dengan melompat, posisi tidur atau duduk dengan posisi kaki yang menggantung. Sekali lagi, foto bersama pasangan lebih sangat amat disarankan karena alam kalibiru memang sudah mengizinkan dan cenderung mendukung untuk pasangan yang mau berfoto di atas sini 🙂
    Biaya: Rp 10.000/orang
    Maksimum orang: 2 orang

  3. Spot 1
    Foto romantis bersama kekasih lebih indah bila dibanding harus berfoto sendiri

    Foto romantis bersama kekasih lebih indah bila dibanding harus berfoto sendiri

    Spot satu letaknya sangat dekat dengan pintu masuk dan agak sedikit jauh dengan spot 2 dan 3. Bentuknya serupa dengan spot 2, beralaskan papan berbentuk persegi. Pohon di foto ini memang menarik, meskipun dengan latar belakang yang sama, namun dengan sedikit perubahan angle atau posisi, maka hasil yang di dapatpun akan berbeda pula. Kalau voyagers bingung harus berfoto seperti apa dengan pasangan, tenang saja ada juru foto yang siap mengarahkan voyagers guna mendapatkan hasil foto romantis yang maksimal 🙂
    Biaya: Rp 15.000/orang
    Maksimum orang: 2 orang

Contoh Tiket untuk spot 3

Contoh Tiket untuk spot 3. Pict via @dwiyaniarta

Sebagai tambahan, guna membuat proses pengambilan foto berjalan dengan rapi dan baik, maka pihak tempat wisata telah menyiapkan nomor antrian yang akan diberitahukan saat voyagers membeli karcis antrian, lengkap dengan detail perkiraan jam voyagers akan naik ke pohon foto tersebut. Lama waktu berfoto di atas adalah maksimal 3 menit per orang. Oh ya, biaya foto di setiap spot foto ini terpisah dengan biaya tiket masuk objek wisata ini ya.

Keamanan saat Berfoto

Harnes yang berwarna biru terhubung langsung dengan tali yang terikat ke pohon

Harnes yang berwarna biru terhubung langsung dengan tali yang terikat ke pohon

Untuk berfoto, kita harus menaiki tangga buatan yang sudah dipasang pada Pohon Foto, kira-kira 3 Meter tingginya. Lalu bagaimana soal keamanan saat menaiki tangga tersebut? juga bagaimana jika saat kita sudah tiba di atas lantas angin tiba-tiba berhembus kencang dan mendorong kita, dimana hal tersebut berpotensi membuat kita terjatuh? Jawabannya adalah “Tenang Saja”, ya kita tidak perlu ragu atau takut karena pihak tempat wisata sudah mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik.

Sebelum menaiki tangga, voyagers akan dipasangkan Harnes oleh petugas. Harnes tersebut akan dihubungkan dengan sebuah Carabiner yang sudah terhubung dengan tali yang cukup kuat untuk menopang badan voyagers. Jadi saat menaiki tangga atau berada di atas, kita tidak perlu khawatir terjatuh karena kita sudah aman di bawah pengawasan para petugas dan alat-alat yang terpasang pada tubuh kita yang memang dikhususkan untuk climbing.

Jasa Kameraman Professional Kalibiru

Di setiap spot foto sudah terdapat jasa untuk foto, di mana yang melakukan pekerjaan tersebut adalah fotografer professional dengan alat yang lengkap seperti kamera DSLR dan juga lightning guna menangkap hasil foto yang prima. Jadi voyagers tidak perlu takut ya kalau ke sini dengan tidak membawa alat dokumentasi, kan sudah ada mereka yang siap untuk mengabadikan moment romantis voyagers bersama pasangan selama di sana.

Biaya untuk foto di Pohon Foto dengan menggunakan jasa fotografer professional ini adalah Rp 5.000/foto dengan minimal foto yang harus diambil adalah 4 foto dan maksimalnya tidak ditentukan. Voyagers bisa bergaya dengan bebas selama 3 menit di atas Pohon Foto tersebut.

“Lalu bagaimana cara kita untuk men-download foto-foto hasil jepretan fotografer tersebut? apakah dicetak?”, tentu tidak. Kamera yang digunakan oleh fotografer tersebut terhubung langsung dengan laptop yang ada pada petugas di setiap spot foto. Seusai berfoto, voyagers hanya perlu menghampiri petugas yang berada di depan laptop tersebut, memilih foto-foto mana saja yang perlu didownload, dan menunjukkan handphone voyagers. Kabel data yang sudah dicolok ke laptop akan segera dihubungkan ke HP voyagers dan file akan langsung dicopy-kan. Dalam hitungan detik, file tersebut sudah berpindah ke gadget voyagers.

Warung Makan

Rumah makan yang ada di area dalam tempat wisata. Pict via pondokshafalla

Rumah makan yang ada di area dalam tempat wisata.
Pict via pondokshafalla

Nah, buat voyagers yang ingin makan sembari menikmati panorama indah yang ditawarkan, tempat wisata ini juga menyediakan banyak warung makan murah di sepanjang spot foto 1-3. Rumah makan yang murah tapi bukan murahan, rumah makan murah yang mengenyangkan dengan view yang menyegarkan dan keramahan orang-orang khas Jogja yang sudah memang menjadi ciri khas daerah ini.

Kapan lagi coba bisa makan berdua, saling suapan, menyandarkan kepala di pundak pasangannya seusai makan sembari saling bercerita tentang kisah pedekate jaman dulu, tentunya dengan ditemani udara yang sejuk dan pemandangan indah khas Kalibiru. Pasti seru bukan?

Jomblo Kalibiru: krik.. krikk gak sih foto sendirian di tempat romantis begini?

Jomblo Kalibiru: krik.. krikk gak sih foto sendirian di tempat romantis begini?

Single gak happ ya gayanya begini ini

Single gak happ ya gayanya begini ini

Itu tadi sedikit ulasan mengenai Kalibiru, sebuah tempat yang indah nan romantis di sebelah barat Jogja. Jangan lupa ajak pasanganmu ke sini ya dan rasakan keseruan berbagi kasih bersama pasangan di tempat ini. Happy Traveling 🙂

Love is a two-way street constantly under construction

— Carroll Bryant

Tips and Saran

  1. Saat diberi kesempatan untuk menyaring foto yang ingin di-download, usahakan tidak usah menyaring dan langsung saja memilih semuanya karena ada diskon besar jika langsung memilih semua foto untuk diunduh. Jadi, bergaya secukupnya dan seperlunya saja ya selama di Pohon Foto agar ketika mengambil semua foto biayanya tidak terlalu membengkak 🙂
  2. Lebih baik menggunakan jasa fotografer yang sudah disediakan di sana. Alasan pertama karena peralatan mereka lebih lengkap. Kedua, hasil foto jauh lebih maksimal apabila dibandingkan dengan menggunakan kamera sendiri. Gak mau kan sudah datang jauh-jauh tapi hasil foto tidak maksimal lalu pasangan kamu manyun seharian? Keluar beberapa puluh ribu rasanya tidak masalah demi melihat senyum merekah di wajah pasangan kita.
  3. Apabila ingin mencoba semua spot foto namun pengunjung cukup banyak dan antriannya cukup panjang, voyagers disarankan membeli semua tiket spot tersebut terlebih dahulu dan menunggu giliran untuk berfoto di masing-masing spot. Hal ini lebih efektif bila dibandingkan seusai foto di suatu spot kemudian baru membeli tiket di spot berikutnya dan mengantri kembali. FYI, apabila memasuki saat liburan, waktu antrian untuk foto bisa mencapai 2 jam.
  4. Kalau bisa datanglah ke tempat ini di hari biasa, bukan akhir pekan atau hari libur. Seandainya datang di hari libur atau akhir pekan, datanglah pagi-pagi guna menghindari antrian yang cukup panjang mengingat tempat ini sudah cukup populer.
  5. Saat menunggu, voyagers bisa menunggu di warung makan sembari mengisi perut dengan makanan-makanan ringan yang ada di sana. Jadi voyagers tidak bingung harus menunggu di mana.
  6. Lebih bagus dan lebih romantis apabila berfoto bersama pasangan dibandingkan harus berfoto sendiri.

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

Darius Go Reinnamah

Twitter: @dgoreinnamah | IG: @dgoreinnamah | FB: dgoreinnamah | youtube: Darius Alexander Go Reinnamah | http://goreinnamah.com

You may also like...