Pesona Menyelam di Pantai Gapang

Wisata bawah laut memang selalu menyenangkan, karena dengan melakukan aktivitas tersebut kita bisa bertemu dengan mahluk-mahluk yang mengejutkan mulai dari hewan vertebrata sampai avertebrata. Mulai dari ikan Giant Trevally misalnya sampai Porifera seperti Sponge. Namun bagaimana kalau voyagers menemukan sesuatu yang seharusnya tidak akan pernah berada di bawah laut namun ternyata ada di bawah laut?  Pernahkah voyagers berpikir akan menemukan sesuatu benda yang unik di bawah laut? Kalau belum, cobalah mampir ke Pantai Gapang.

Pantai Gapang merupakan salah satu pantai cantik yang berada di Pulau Weh, Aceh. Jaraknya kurang lebih hanya 3 Km dari Pantai Iboih dan 24 Km dari Pelabuhan Balohan. Pantai Gapang sendiri berpasir halus dan pasir halus inilah yang membuat para pengunjungnya bisa dengan nyaman berjalan di pinggir pantai ini.

Cara Menuju Pantai Gapang
Atas: Dari Pelabuhan Balohan
Bawah: Dari Pantai Iboih

Nama Pantai Gapang sendiri diambil dari nama pohon yang ada di sekitar pantai ini. Pohonnya besar-besar dan cocok digunakan sebagai tempat untuk berteduh dari panasnya sinar matahari.

Terus ada apa sih di Pantai Gapang? Kalau di Bali ada USS Liberty Ship Wreck dan Japan Ship Wreck peninggalan perang dunia, nah di Pantai Gapang ini juga terdapat bangkai kendaraan hanya saja bukan bangkai kapal melainkan bangkai tank (Tank Wreck). Ada yang bilang tank ini merupakan peninggalan perang dunia kedua (sumber: ini). Ukuran tanknya sendiri tidak terlalu besar, tidak sebesar bangkai tank yang ada di Kas, Antalya, Turki.

Lantas bagaimana caranya Tank yang seharusnya ada di daratan tersebut kini berada di bawah laut? Kemungkinan besar bangkai tank ini memang sengaja diletakkan di bawah laut, tidak seperti bangkai kapal USS Liberty Ship Wreck yang ditembak oleh Kapal Jepang kemudian tenggelam di Laut Tulamben.

Keberadaan Tank ini pun sangat bagus bagi kehidupan bawah laut Pantai Gapang. Selain bisa menjadi tempat untuk bertumbuhnya karang dan tempat bermainnya ikan-ikan, bangkai kapal ini juga menjadi keindahan tersendiri yang belum tentu dimiliki oleh daerah lain.

Tank Wreck Pantai Gapang

Menyelam di sekitar Bangkai Tank

Untuk bisa mencapai pantai ini, salah satu cara paling mudahnya adalah dengan memasuki kawasan Gapang Beach Resort. Voyagers bisa memarkirkan kendaraan di tempat parkir yang sudah disediakan pantai ini. Dari sana, voyagers bisa langsung menuju ke dermaga pantai gapang untuk melakukan diving atau bisa terlebih dahulu istirahat sambil menikmati makanan yang bisa dipesan di restoran Gapang Beach Resort ini.

Sedangkan spot Tank Wreck ini sendiri terletak ±10 meter ke arah depan dari dermaga Pantai Gapang. Dermaga Pantai Gapang sendiri terletak persis di depan Restoran Gapang. Dari Restoran ini dermaga terlihat sangat jelas. Terdapat tangga pada dermaga yang bisa voyagers gunakan untuk turun. Namun kalau boleh saran, alangkah lebih baik dan lebih mudah jika voyagers berenang dari bibir pantai saja.

Saat pertama kali berenang dari bibir pantai, voyagers akan disambut oleh ratusan ikan yang berseliweran pada pilar-pilar yang menjadi penyangga dermaga Pantai Gapang. Tidak jarang juga kita akan melihat beberapa teripang yang menempel pada pilar-pilar tersebut. Kedalaman disekitar pilar tersebut kira-kira hanya 3-4 meter.

Nongkrong Cantik di depan Tank

Ikan-ikan di Gapang yang berada di pilar-pilar penyangga Dermaga Gapang

Semakin menjauhi dermaga, kita akan mulai melihat bangkai tank tersebut. Bangkai Tank tersebut kira-kira ada di kedalaman 10 meter. Di sekitar bangkai tank tersebut  sama sekali tidak ada karang, yang ada hanyalah pasir putih halus yang menjadi alas bagi tank wreck tersebut. Mungkin bisa dibilang Bangkai Tank tersebutlah satu-satunya benda yang membuat spot tersebut menjadi indah.

Yang unik lagi dari air laut di pantai Gapang ini adalah airnya yang hangat. Pada saat kondisi di atas permukaan air sangat dingin karena cuaca yang mendung dan berangin, bawah laut ini tetap hangat dan membuat kita betah untuk berlama-lama di spot ini. Visibility-nya pun cukup bagus meskipun dalam keadaan mendung atau minim cahaya matahari.

Tidak ada pungutan biaya untuk bisa bermain di spot ini. Hanya saja voyagers perlu berhati-hati saat menyelam di sekitar dermaga ini karena saat melakukan penyelaman kemarin Daily Voyagers menemukan beberapa ular laut (hitam putih) yang sedang berbaring di dasar laut. Juga voyagers kalau bisa menghindari menyelam di sekitar dermaga saat kondisi dimana banyak orang sedang memancing. Dermaga ini merupakan salah satu spot favorit juga untuk memancing. Takutnya saat sedang menyelam atau berenang di sekitar dermaga, wetsuit atau bagian tubuh voyagers bisa tersangkut kail pancing.

Itu tadi sedikit mengenai Pantai Gapang dan bangkai tank yang menjadi daya tarik spesial dari Panti Gapang. Semoga informasi di atas bisa membantu kalian ya.

Melewati Pilar-pilar dermaga

Catatan

  1. Tidak harus menginap di Gapang Beach Resort untuk bisa mampir ke spot ini dan menumpang makan di Gapang Restoran.
  2. Harga makanan di Restoran Gapang ini juga relatif murah hanya saja penyajiannya cukup lama.
  3. Kita bisa menitipkan barang-barang bawaan kita di Restoran Gapang saat kita menyelam, tapi jangan kupa kasih tips untuk pelayan di sana.
  4. Terdapat penyewaan alat dive di sini, namun voyagers harus menuju ke Lumba-lumba Dive Center untuk menyewanya.

1. Restoran di Gapang Resort dengan pemandangan Dermaga Gpaang di depannya
2. Dermaga Gapang
3. Gapang Beach Resort

He who would search for pearls must dive below.
— John Dryden

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

Seorang pria yang sedang terus belajar menulis. Alasan menulisnya simple saja, karena "tertampar" oleh kalimat dari Pramoedya yang berbunyi: Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.