5 Agrowisata Kebun Teh yang Tak Kalah Menarik di Jawa Tengah

kebun teh

Hingar bingar kota yang macet, penuh polusi kadang membuat kita rindu akan udara sejuk dan pemandangan alam yang menghijaukan mata. Salah satu tujuan wisata yang dapat anda pilih bersama keluarga maupun teman untuk sekedar menghirup udara segar dan memanjakan mata yaitu dengan mengunjungi perkebunan teh yang hijau di pegunungan. Berikut beberapa alternatif agrowisata jika anda sedang berlibur ke Jawa Tengah :

1. Kebun Teh Kaligua – Brebes

Kebun teh Kaligua ini berada di selatan Kabupaten Brebes , tepatnya di Kecamatan Bumiayu. Sekitar 15 menit jika ditempuh dari pusat kota Bumiayu. Berada diketinggian 1200 mdpl dan Gunung Slamet adalah salah satu gunung terdekat dengan tempat ini.  Anda juga dapat menempuh perjalanan dari kota Purwokerto kemudian dilanjutkan dengan perjalanan ke Bumiayu untuk menuju wisata Kaligua ini. Fasilitas yang ditawarkan di wisata Kaligua ini selain kebun teh yaitu berupa area outbond, kolam dari sumber mata air dan villa untuk penginapan.

2. Kebun Teh Semugih – Pemalang

Berada di kaki gunung Slamet, tepatnya di Desa Banyumudal, Kecamatan Moga, Kabupaten Pemalang. Dapat ditempuh perjalanan dari kota Pemalang sekitar satu jam dengan menggunakan mobil atau sepeda motor. Selain kegiatan hiking, di sana Anda dapat menemukan pemetik teh yang sangat ramah dan menawarkan jasa guide untuk menemani hiking di perkebunan teh yang terbentang luas. Di sana juga terdapat tempat perkemahan yang biasa dipakai untuk kegiatan siswa baik dari daerah Pemalang maupun daerah lainnya. Selain itu, ada juga pabrik penyulingan minyak dari daun kayu putih yang dikelola secara tradisional. Jangan lewatkan untuk berkunjung ke pabrik teh tentunya untuk menambah wawasan tentang pengolahan teh di daerah Banyumudal ini.

3. Kebun Teh Pagilaran – Batang

Agrowisata Pagilaran ini terletak di Kecamatan Blado, Kabupaten Batang. Fasilitas yang tak kalah menarik dengan agrowisata lain seperti: Tea WalkTea Factory, disediakan juga kegiatan outbond untuk rombongan dalam kapasitas tertentu. Untuk penginapan, sudah tersedia villa, homestay, tentunya dengan view yang membuat liburan anda kali ini enggan untuk balik ke kota seperti jakarta. Bagi anda yang tertarik dan ingin menghabiskan weekend ini di Agrowisata Pagilaran, bisa langsung melakukan reservasi di http://www.agrowisatapagilaran.com/ .

4. Kebun Teh Medini – Kendal

Tak jauh dari kota Batang, perkebunan Teh Medini ini dapat anda tempuh sekitar 2 jam perjalanan dari kota Batang menuju Kendal atau bisa juga dari Kota Semarang menuju Kendal. Tepatnya di dusun Medini, desa Ngesrep Balong, kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal. Pilihan wisata di Kebun Teh Medini ini terdapat air terjun, goa jepang dan sumber mata air panas . Diperlukan kehati – hatian jika anda memilih wisata ini, karena jalur yang dilalui cukup terjal berupa batu – batuan dan mobil tertentu saja yang dapat melewati jalur ini, karena sebenarnya jalur ini adalah jalur khusus untuk truk pengangkut teh dan para pemetik teh.

5. Kebun Teh Tambi – Wonosobo

Siapa yang tidak tahu Wonosobo ? alam yang indah, sejuk, udara bersih dan pemandangan hijau yang terhampar clash royale hack luas. Kebun Teh Tambi ini terletak di desa Tambi, kecamatan Kejajar, kabupaten Wonosobo, tidak jauh dari wisata Dieng Plateu. Fasilitas yang ditawarkan seperti kegitan outbond mengenal jenis – jenis teh yang ditanam di sana, villa penginapan. Sekarang ini, perkebunan Teh Tambi dikelola oleh PT Tambi yang mana pabrik pengolahan tehnya juga dibangun disana.

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

Pipit

Programmer who loves code, traveling, food and fashion. IG @penguintengil TW @penguintengil FB http://facebook.com/pipitnurulfitria Sites http://penguintengil.wordpress.com http://nurulfitria.com