• Home
  • /
  • Tips
  • /
  • Dari Rambutan ke Gunung Papandayan

Dari Rambutan ke Gunung Papandayan

Papandayan

squad pendakian ke Gunung Papandayan

Gunung apa sih yang cocok untuk sorang pemula yang ingin naik gunung? Mungkin jawaban yang paling tepat adalah ke Gunung Papandayan. Selain memang medannya yang tidak terlalu berat, pesona yang ditawarkan oleh Papandayan juga tidak kalah hebat dengan gunung-gunung tinggi lainnya.

Pemandangan hutan mati dan luasnya Tegal Alun pasti akan membuat kalian ingin kembali ke gunung ini. Lalu bagaimana caranya untuk menuju ke Gunung Papandayan dengan menggunakan angkutan umum?

Berikut ini Daily Voyager akan memberikan kamu salah satu rute perjalanan dari Terminal Kampung Rambutan sampai ke Gunung Papandayan yang dapat dilalui dengan menggunakan kendaraan umum yang mungkin bisa menjadi referensi untuk kalian.
Rute Papandayan

  1. Kampung Rambutan —> Terminal Guntur

    Dari Kampung Rambutan ini kita bisa naik bus jurusan apa saja yang menuju ke Terminal Guntur. Umumnya semua bus tersebut melewati Tol Cipularang. Beberapa Bus yang memiliki rute ke Terminal Guntur dari Terminal Kampung Rambutan adalah Prima Jasa, Karunia Bakti dan Saluyu Prima.
    Mungkin masih banyak Bus lainnya namun yang dapat kami rekomendasikan adalah Prima jasa, karena harganya sudah jelas dan jarang sekali mereka menaikkan harga seenaknya terutama ketika memasuki hari libur disaat banyak traveler yang ingin pergi ke Papandayan atau Cikuray.
    Harga bus rute dari Terminal Kampung Rambutan ke Terminal Guntur adalah Rp 52.000 dan jarak tempuhnya adalah 4-5 jam namun bila terjadi kemacetan maka bisa mencapai 6 jam.

  2. Terminal Guntur —> Simpang Cisurupan

    Sesampainya di terminal Guntur pasti kita sudah disambut oleh beberapa orang yang menyewakan angkutan umumnya untuk disewa menuju ke Simpang Cisurupan, jadi kita tidak perlu khawatir atau takut tidak ada angkutan.
    Harga sewa atau carter angkutan tersebut adalah 300 ribu/ mobil atau umumnya angkutan ini baru mau jalan apabila sudah ada 15 orang di mobil tersebut (Rp 20.000 / Orang). Harga ini tidak baku, tergantung dari bagaimana kita menawar dan kapan kita berangkat, apakah saat musim liburan atau saat hari biasa.
    Namun harga ini bisa kalian jadikan acuan agar budget tidak membengkak. Bentuk dari angkutan ini sama seperti angkutan umum yang biasa kita temui di kota seperti Bandung atau Jakarta.  lama perjalanan dari Terminal Guntur ke Simpang Cisurupan adalah 50 sampai 60 Menit.

  3. Simpang Cisurupan –> Kaki Gunung Papandayan

    Dari Simpang Cisurupan menuju ke kaki gunung Papandayan maka kita bisa menyewa mobil pick-up. Sama seperti, sewa mobil angkutan dari terminal guntur tadi, Si empunya mobil pasti akan langsung menghampiri kita dan menawarkan jasa penyewaan pick-up tersebut.
    Rule-nya tidak berbeda jauh, apabila sudah ada 15 orang di pick up tersebut maka pick up tersebut akan langsung jalan. Harga per orangnya adalah Rp 20.000. Atau apabila kita ingin menyewanya agar langsung berangkat tanpa harus menunggu 15 orang tersebut maka kita harus merogoh kocek sebesar Rp 300.000.
    Sekali lagi harga itu tidak baku, tergantung dari cara kalian menawar dan waktu dari kalian datang. Waktu tempuh dari Simpang Cisurupan menuju kaki gunung Papandayan atau Pos pendakian gunung Papandayan ini adalah 45 Menit.

Semoga informasi diatas dapat membantu kalian para Traveler yang ingin mengunjungi Gunung Papandayan. Salam Lestari!

“Travel brings power and love back into your life”
–Rumi

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

Seorang pria yang sedang terus belajar menulis. Alasan menulisnya simple saja, karena "tertampar" oleh kalimat dari Pramoedya yang berbunyi: Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.