Rayuan Pulau Menjangan

Bicara soal wisata di Bali memang tidak akan pernah ada habisnya, rasanya seluruh orang di dunia ini sudah tau mengenai Bali. Tiap daerah di Bali itu seolah surga yang siap memanjakan mata dan hati kita ketika berkunjung ke sana. Ada banyak sekali keindahan alam yang ditawarkan oleh Bali terutama keindahan bawah lautnya.  Dibagian barat Pulau Bali ada sebuah pulau yang memiliki pesona laut yang luar biasa, pulau ini merupakan surganya para wisatawan yang memiliki hobi snorkeling ataupun diving. Pulau tersebut adalah Pulau Menjangan.

Pulau yang masuk ke dalam bagian Taman Nasional Bali Barat ini merupakan salah satu tempat terbaik untuk melakukan snorkeling ataupun Diving di Bali selain Tulamben, Amed dan Lembongan. Menurut beberapa traveler, Menjangan merupakan spot dengan Wall Diving terbaik.

Soft Coral, 'Patrick' dan Freedive

Soft Coral, ‘Patrick’ dan Freedive

Nama Menjangan sendiri berasal dari bahasa Bali yang berarti rusa atau kijang. Pulau yang memang hanya hanya dihuni oleh rusa atau kijang liar ini memiliki banyak spot bagus untuk snorkeling ataupun diving disekelilingnya yang kaya akan terumbu karang juga biota laut lainnya. Karena letaknya yang berada di Bali Barat yang jauh dari keramaian dan juga menjadi bagian dari Taman Nasional Bali Barat, Pulau ini masih sangat asri dan semoga terus asri. Tempat ini sangat cocok untuk wisatawan yang ingin mencari ketenangan dengan cara menikmati keindahan alam.

Starting Point menuju Menjangan

Starting Point menuju Menjangan

Karena letaknya di Bali Barat maka Pulau Menjangan lebih mudah dijangkau melalui Pelabuhan Gilimanuk. Sering Sekali Traveler dari Pulau jawa menyebrang melalui Pelabuhan Ketapang menuju Pelabuhan Gilimanuk. Jaraknya dari pelabuhan Gilimanuk hanya sekitar 15 KM. Pulau Menjangan masih berada dibawah kabupaten Buleleng.

Menjangan juga bisa dijangkau melalui Denpasar, dari Denpasar menuju Menjangan membutuhkan waktu sekitar 3 jam melalui Singaraja. Untuk menyebrang ke Pulau Menjangan apabila berangkat baik dari Gilimanuk atau Denpasar, kita harus terlebih dahulu ke Pelabuhan Banyuwedang yang letaknya dekat dengan Mimpi Resort. Dari sana kita bisa menyebrang dengan kapal 1 mesin yang berkapasitas sekitar 10 orang.

Kita juga bisa menyebrang melalui White Sand Beach hanya saja kapal tetap berangkat dari Pelabuhan Banyuwedang, sehingga kita akan di jemput di White Sand Beach. Perjalanan menggunakan kapal dari Banyuwedang menuju Pulau menjangan memakan waktu sekitar 40 Menit.

Keindahan Laut pulau Menjangan

Keindahan Laut pulau Menjangan

Saat paling baik untuk pergi menikmati Alam bawah laut Pulau Menjangan adalah Mei – November dan saat pagi sampai siang hari. Karena ketika sudah mendekati sore hari maka ombak akan mulai meninggi yang bisa mencapai hingga 3 Meter sehingga akan sulit untuk kapal kembali ke Banyuwedang.

Spot Snorkeling di Menjangan bisa dibilang unik karena merupakan sebuah palung yang berbentuk dinding. Jadi disekitar Menjangan kita masih bisa menikmati ratusan karang dan ribuan spesies ikan yang berseliweran kesana kemari dengan jarak yang begitu dekat, bisa dikatakan ini sebagai surganya para wisatawan yang suka dengan Snorkeling, namun apabila kita mulai berenang sedikit ke tengah maka kita akan bisa melihat seperti ada tembok besar yang memanjang kebawah. Dibawah sanalah surga bagi para Diver. Kalau beruntung kalian dapat bertemu dengan penyu atau bahkan hiu di Menjangan.

Ingat untuk selalu menjaga keindahan alam nusantara Indonesia, tidak hanya di Bali tapi diseluruh daerah Indonesia. Seringkali yang disepelekan oleh beberapa orang yang bermain di laut ialah menginjak karang. Ingat, karang itu sangat lama masa pemulihannya. Sekali saja karang patah maka membutuhkan waktu betahun-tahun atau bahkan berpuluh tahun. Sayangi karang dengan tidak menginjaknya, cukup dilihat atau diambil saja gambarnya.

Kemudian jangan membuang sampah sembarangan terutama sampah plastik. Sering kan voyagers melihat banyak plastik diantara karang-karang? plastik tidak bisa melebur di dalam air, plastik juga berpotensi membahayakan biota laut  seperti ikan kalau sampai mereka memakannya. Segala sesuatu berawal dari hal kecil, dengan membiasakan diri untuk tidak merusak alam maka kita juga menyelamatkan generasi-generasi setelah kita.

Underwater menjangan dan White Sand Beach

Underwater menjangan dan White Sand Beach

Akomodasi

Untuk kalian yang bingung bagaimana cara ke Menjangan. Voyagers sekalian bisa mengunjungi www.bangbali.com . Mereka bisa mengatur jadwal dengan waktu yang voyagers miliki, menjemput voyagers ditempat kalian berada selama di Bali. Tidak hanya itu, Bangbali juga bisa mengatur penginapan untuk voyagers sekalian apakah mau menginap di Hotel atau Homestay menjadi satu paket dengan snorkeling tentunya dengan harga yang bersahabat.

Voyagers juga tidak perlu takut apabila hanya pergi sendiri dan takut biaya yang dibutuhkan sangat mahal untuk melakukan snorkeling di Menjangan karena Bangbali akan menggabung voyagers dengan peserta lain apabila memang voyagers tidak ingin snorkeling sendiri sehingga biaya pun tetap terjangkau. Untuk nomor kontak Bangbali, maka voyagers dapat melihatnya langsung di websitenya.

www.bangbali.com

www.bangbali.com

Happy Snorkeling Fellas 🙂

Earth provides enough to satisfy every man’s needs, but not every man’s greed

–Mahatma Gandhi

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

Seorang pria yang sedang terus belajar menulis. Alasan menulisnya simple saja, karena "tertampar" oleh kalimat dari Pramoedya yang berbunyi: Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.