• Home
  • /
  • Tips
  • /
  • 5 hal yang perlu diperhatikan wanita saat ber-couchsurfing

5 hal yang perlu diperhatikan wanita saat ber-couchsurfing

Cslogo

Couchsurfing

Traveling mungkin sudah menjadi hobi dari beberapa wanita di dunia ini. Keinginan untuk berpetualang selagi muda membuat banyak wanita bepergian dari satu negara ke negara lain untuk merasakan atmosfer yang berbeda dari yang ada di negaranya.

Menjadi traveler wanita memang ada plus dan minusnya. Plusnya adalah traveler wanita cenderung lebih mudah mendapatkan bantuan dibandingkan traveler laki-laki, terlebih lagi jika kalian berwajah “cantik”. Minusnya adalah wanita sering dianggap mahluk yang lemah sehingga tidak jarang terjadi pelecehan terhadap traveler wanita dengan memanfaatkan kelemahannya itu. Pelecehan tersebut umumnya terjadi di lingkungan tempat dimana traveler wanita menginap. Pemilihan tempat menginap secara cermat sangatlah perlu dilakukan.

Couchsurfing merupakan aplikasi yang salah satu fungsinya adalah untuk membantu para traveler untuk menemukan tempat menginap di suatu daerah yang dia kunjungi namun bukan hotel atau hostel melainkan seseorang atau kelompok yang memang membuka tempat mereka secara gratis untuk menjadi tempat persinggahan atau tempat menginap bagi para traveler dengan beberapa aturan yang telah ditetapkan.

Couchsurfing hadir untuk mempermudah para traveler untuk berinteraksi dengan traveler lainnya. Aplikasi ini bisa menjadi sangat berguna apabila kita dapat memanfaatkannya dengan benar dan juga bisa menjadi malapetaka apabila kita salah memilih tempat menginap atau host.  Banyak traveler wanita yang mungkin sudah pernah menggunakan aplikasi ini. Tidak jarang yang mendapat pengalaman luar biasa namun ada juga yang apes dan mendapat pengalaman buruk pasca menggunakan aplikasi tersebut seperti yang terjadi pada beberapa cerita disini.

Oleh sebab itu, untuk mencegah hal-hal yang buruk terjadi, berikut ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk traveler wanita terutama yang melakukan Solo Traveling ketika menggunakan Couchsurfing:

  1. Pilih Host yang benar
    Ketika sedang surfing, Pertimbangkan untuk tinggal bersama dengan sesama wanita atau sebuah keluarga, terutama jika kalian traveling sendirian untuk mengurangi resiko terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.  Jangan pernah memposting nomor telepon atau informasi personal yang terlalu detail pada halaman profil atau pada halaman bertemu dan bagikan hanya kepada couchsurfer yang kamu rasa sudah memberikan rasa nyaman ketika kalian berkomunikasi. Baca Profil Host dengan teliti dan pastikan memang host tersebut sudah mendapatkan banyak referensi dari surfer lainnya.
  2. Menjawab Pesan
    Jangan merasa bahwa kamu memiliki kewajiban untuk menjawab semua pesan yang kalian terima, terutama jika pesan terlihat menyeramkan atau tidak tepat. Jika kalian menerima pesan yang membuat kalian tidak nyaman dalam segi apapun atau terlihat seperti penipuan, gunakan tombol Report yang berwarna orange sehingga tim dari Couchsurfing dapat meninjau pesan tersebut. Lebih baik apabila saling bertukar pesan melalui email. Jika memang orang yang kamu ajak chatting memiliki niat yang baik tentu dia tidak akan keberatan untuk saling bertukar pesan lewat email.
  3. Keras dan Tegas
    Tegas dalam menyatakan dan mempertahankan batas-batas apa saja yang kamu punya baik saat menjadi host ataupun surfer. Sangat penting untuk ekstra hati-hati ketika bertemu dengan orang baru yang berusaha untuk mengelabuhi kalian, terutama jika mereka menggunakan obat-obatan terlarang atau narkoba. Jangan berteman dengan hal tersebut, perjalanan kalian bisa menjadi rumit dan berbahaya apabila berhubungan dengan Narkoba dan Obat-obatan terlarang. Jangan membiarkan orang lain memanfaatkan kebaikan yang anda berikan.
  4. Jangan Berkompromi
    Buat janji atau bertemulah di tempat umum sebelum akhirnya menginap. Dengan bertemu paling tidak kita bisa mengetahui atau merasakan apabila ada seseuatu yang tidak beres dengan si host atau surfer. Jangan tinggal di tempat yang memberikan kita rasa tidak nyaman atau tidak aman. Jika menjadi host, jangan takut untuk meminta surfer yang tinggal di tempat anda untuk pergi. Jika kita sebagai surfer, jangan ragu untuk keluar dari rumah atau tempat tinggal yang membuat kamu tidak nyaman.
  5. Show some Respect
    Hormati adat istiadat dan perbedaan agama di tempat kalian tinggal. jangan ragu untuk bertanya tentang adat atau agama tersebut. Peran antara pria dan wanita bisa berbeda di setiap daerah dan pertimbangkan juga apakah daerah tempat kalian tinggal itu memperbolehkan wanita dan pria tinggal di satu rumah.

Cara paling terakhir ialah gunakan insting kalian hai para wanita. Biasanya insting wanita bekerja lebih baik dalam mendeteksi sesuatu hal yang tidak beres.

Itulah sedikit saran yang bisa kami bagikan. semoga bisa bermanfaat bagi kalian para couchsurfer wanita. Suatu Aplikasi akan bermanfaat apabila kita bisa menggunakannya dengan cermat. Happy Couchsurfing 🙂

You’ve got to be very careful if you don’t know where you are going, because you might not get there.

–Yogi Berra

Source: Couchsurfings 

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

Seorang pria yang sedang terus belajar menulis. Alasan menulisnya simple saja, karena "tertampar" oleh kalimat dari Pramoedya yang berbunyi: Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.