Pantai Tiga Warna, Surga Tersembunyi di Malang Selatan

Pantai Tiga Warna

Bagi yang sudah pernah traveling atau suka traveling ke Jawa Timur pasti sudah tau kalau Jawa Timur memiliki banyak objek wisata alam yang sangat amat memanjakan mata terutama gunungnya. Siapa yang tidak tau Bromo? saya rasa semua pasti tau, Gunung indah ini sudah menjadi destinasi wisata internasional dan berkali-kali masuk liputan media baik dalam maupun luar negeri karena keeksotisannya.

Gunung Ijen, Gunung yang terkenal akan api birunya  ini juga sangat spesial karena api biru ini hanya terdapat di 2 tempat di bumi ini yaitu di Islandia dan Indonesia, lebih tepatnya di Gunung Ijen ini. Gunung Semeru, Gunung tertinggi di pulau jawa yang masih aktif dengan puncak bernama Mahameru ini juga memiliki tempat camping yang indah dengan Ranukumbolo-nya dan masih banyak lagi gunung-gunung indah yang terdapat di Jawa Timur.

Namun wisata alam yang indah di Jawa Timur tidak hanya gunung saja. Jawa Timur juga punya pantai-pantai indah yang bisa masuk ke dalam bucket list kamu ketika kamu berkunjung ke sana. Lebih tepatnya di daerah Malang Selatan, terdapat sebuah pantai yang masih sangat asri yang bisa disandingkan kecantikannya dengan pantai-pantai yang berada di Bali atau di Lombok. P

antai tersebut adalah Pantai Tiga Warna, disebut Tiga Warna karena memang pantai ini memiliki tiga warna berbeda yang akan terlihat jelas ketika matahari tepat berada di atasnya. Pantai Tiga Warna sendiri terletak di Kecamatan Sitiarjo, Desa Sendang Biru, Malang Selatan. Pantai ini letaknya tepat bersebelahan dengan Pantai Sendang Biru yang memang sudah lebih dikenal sebelumnya.

Pantai Tiga Warna lagi

Hanya ada satu jalur masuk ke dalam kawasan Pantai ini dimana sebelum masuk ke  dalam jalur tersebut akan berjalan dari tempat parkir motor sekitar 2 Km sampai bertemu sebuah pondok yang merupakan pusat informasi dan tempat pembayaran biaya masuk. Di pos inilah kita akan didata. kita akan ditanya dari rombongan mana, membawa barang apa saja, akan menginap atau tidak  dan yang terpenting apakah kita membawa plastik sampah atau tidak karena saat kembali kita harus membawa pulang juga sampah-sampah yang kita buat disana.

Untuk masuk ke Pantai eksotis nan cantik ini, kita akan dikenakan biaya sekitar Rp 6000,- /orang dan akan dikenakan biaya tambahan kurang lebih sebesar Rp 10.000,-/orang jika kita ingin menginap dan membangun tenda di sana.  Biaya tersebut sudah termasuk donasi untuk penanaman 1 pohon bakau karena memang Pantai Tiga Warna ini termasuk ke dalam kawasan Rehabilitasi & Konservasi Mangrove dan Terumbu Karang.  Ada juga biaya sewa guide untuk ke Pantai Tiga Warna karena memang letaknya yang cukup jauh.

Tenang saja, biaya sewa guide tidak terlalu mahal kok dan guide-nya juga orang lokal setempat. Oh ya sebagai tambahan, bila weekend maka tempat ini akan cenderung sangat ramai dan yang perlu diketahui adalah tempat ini memiliki kuota, untuk itu sebelum berlibur ke Pantai Tiga Warna maka akan lebih bagus jika kita booking tempat terlebih dahulu karena kalau tidak maka kita tidak akan bisa masuk ke area Pantai Tiga Warna.

Pos Pendaftaran Ke Pantai Tiga Warna

Salah satu keuntungan yang bisa kita dapat ketika kita berkunjung ke Pantai Tiga Warna adalah kita tidak hanya akan mengunjungi Pantai Tiga Warna saja, Sebelum sampai ke Pantai Tiga Warna kita akan melewati sekitar 5 pantai yaitu Pantai Clungup, Pantai Gatra, Pantai Batu Pecah, Pantai Savana dan Pantai Mini. Namun perjalanan dari Pantai Clungup sampai ke Pantai Tiga Warna bisa dibilang tidak mudah. Kita harus Treking dengan menempuh waktu kurang lebih 2-3 jam. Jalanan turun naik yang masih berupa tanah memiliki faktor kesulitan tersendiri terutama bila hujan, bisa dipastikan ketika hujan maka badan kita akan penuh lumpur.

Sangat disarankan untuk menggunakan sendal atau sepatu treking bila ingin ke sini. Setelah melewati pos Pendaftaran, di sepanjang perjalanan kita akan melihat bukit-bukit di sebelah kiri dan kawasan hutan bakau. Ketika mulai sudah terdengar suara ombak berarti kita sudah mulai dekat dengan Pantai Clungup. Ya pantai Clungup merupakan pantai pertama yang akan kita lewati. Namun terkadang pantai Clungup ini akan surut sehingga kita tidak akan mendengar suara air. Berjalan tidak jauh dari Clungup maka kita akan sampai di Pantai Gatra,  di Pantai Gatra inilah kita bisa membangun tenda dengan cara mendirikan tenda di sana. Di Pantai Gatra kita bisa melihat gugusan-gugusan karang yang besar.

Camping Ground Pantai Gatra

Dari Pantai Gatra, umumnya kita akan ditawarkan oleh guide yang mendampingi apakah ingin langsung ke Pantai Tiga warna atau mau melihat pantai lainnya sebelum akhirnya sampai ke Pantai Tiga Warna. Kalau langsung, maka kita akan melewati jalan potong yang langsung menuju Pantai Tiga Warna dan memakan waktu hanya 15 Menit. Tapi kalau ingin melihat Pantai Batu Pecah, Savana dan Mini sebelum akhirnya sampai ke Pantai Tiga Warna maka kita harus treking kurang lebih satu jam . Jalur Treking juga bisa dibilang lumayan karena terdiri dari banyak tanjakan dan turunan namun rasanya semua akan terbayar dengan pemandangan indah yang disuguhkan.

Pantai Gatra

Setelah sampai di Pantai Tiga Warna kita bisa foto-foto karena memang pemandangannya sangat indah atau melakukan snorkeling disana. Untuk yang mau snorkeling, di Pantai Tiga Warna tersedia paket penyewaan alat-alat snorkeling dengan biaya penyewaan sebesar Rp 15.000/orang dimana paket tersebut terdiri dari Googles, Snorkle dan Life Jacket.

Oh ya, Untuk pergi ke Pantai Tiga Warna ini kita akan dibagi dalam beberapa kloter agar tidak menumpuk dan kita memiliki batas waktu ketika berada di Pantai Tiga Warna. Jadi ketika kloter A sedang berada di Pantai Tiga Warna maka Kloter selanjutnya bisa menunggu di Pantai Gatra atau pantai lainnya. Pembagian kloter-kloter tersebut dilakukan oleh guide-guide yang ada di sana. Lalu yang perlu diingat kita tidak bisa bermalam di Pantai Tiga Warna karena memang tempatnya yang tidak begitu besar dan disana bukan camping area.

Pantai Clungup

Treking Menuju Pantai Tiga Warna

Bagaimana cara ke Pantai Tiga Warna?

Untuk menuju ke pantai Tiga Warna maka akan lebih mudah apabila menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau sepeda motor dari Malang . Waktu tempuh ke Pantai 3 Warna kurang lebih 2,5 jam. Ambil saja arah menuju ke Pantai Sendang Biru atau Sempu. Petunjuk jalan di sana juga cukup jelas. Setelah 2 jam maka kita akan sampai di sebuah pertigaan yang akan mengarahkan kita ke Pantai Goa Cina atau Pantai Clungup. Pilih Pantai Clungup dan anda sudah tidak jauh lagi dari Pantai Tiga Warna. Penggunaan Aplikasi Maps Seperti Google Maps atau Waze juga akan sangat membantu. Jangan Khawatir akan tempat untuk Parkir Motor atau mobil karena disana tersedia tempat untuk memarkirkan kendaraan anda dan tempat parkir tersebut memang aman.

Peta Menuju Pantai Tiga Warna dari Stasiun Malang

Peta Menuju Pantai Tiga Warna dari Stasiun Malang

Happy Traveling Voyagers!!!

CP Tiga Warna: Pak Saptoyo – 081233339889 / 082132677713
Penyewaan motor Malang: Mujahid – 085648884843

The three great elemental sounds in nature are the sound of rain, the sound of wind in a primeval wood, and the sound of outer ocean on a beach.
–Henry Beston

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

Darius Go Reinnamah

Twitter: @dgoreinnamah | IG: @dgoreinnamah | FB: dgoreinnamah | youtube: Darius Alexander Go Reinnamah | http://goreinnamah.com