Bli Lemed, Pemuda Lokal Amed

Lemed, Pemuda Lokal Amed yang menjadi Guide kami sepanjang kami menghabiskan waktu di Amed

Lemed, Pemuda Lokal Amed yang menjadi Guide kami sepanjang kami menghabiskan waktu di Amed

Buat yang suka traveling, pergi ke suatu daerah baru untuk liburan atau sekedar menapakkan kaki sudah pasti menjadi makanan mereka. Rasanya ‘gatel’ kalau dalam sebulan itu tidak traveling ke suatu tempat yang baru. Namun ketika bepergian pastilah rasa aman dan nyaman menjadi prioritas utama. Tempat yang baru dan orang yang baru terkadang memberikan kita rasa was-was.

Sering kali kita khawatir ketika bertemu dan berkenalan dengan orang baru, kita khawatir apakah orang tersebut memiliki keinginan buruk terhadap kita atau tidak. Berhati-hati memang hal yang bagus, namun curiga berlebihan bukanlah juga sesuatu yang dianjurkan.

Begitu juga dengan tempat baru terutama tempat menginap yang berlabel murah, kita takut apakah akan aman bila barang-barang bawaan yang kita tinggal di tempat ini akan tetap utuh saat kita kembali karena memang tidak semua orang memiliki uang untuk menginap di hotel yang berbintang dan menyewa guide profesional untuk mendampingi mereka selama liburan di suatu daerah.

Hal-hal di atas juga sempat hinggap di pikiran kami tim Daily voyagers saat beberapa minggu yang lalu berkesempatan mengunjungi Amed, suatu daerah pesisir pantai yang indah di Timur Bali. Saat itu dengan informasi yang minim dan persediaan uang yang tidak banyak kami berangkat ke sana. Itulah saat pertama kali kami menginjakkan kaki di Amed.

Pantai Amed sangat panjang dan sangat indah. Hamparan pasir putih pantai menambah keindahan birunya laut di Pantai Amed. Rasanya akan sangat melelahkan apabila kami harus mencoba seluruh spot snorkeling yang ada di Amed. FYI, Setiap daerah yang memiliki banyak spot snorkeling pastilah memiliki spot snorkeling yang paling dahsyat atau kami menyebutnya sebagai Golden Spot. Saat berusaha mencari Golden Spot tersebutlah kami bertemu dengan pemuda yang memiliki panggilan Lemed atau kami memanggilnya Bli Lemed.

Bli Lemed merupakan pemuda asli Amed yang pekerjaan sehari-harinya adalah menjual miniatur kapal laut di sekitar pantai Amed dengan harga sekitar Rp 30.000/buah kepada turis-turis yang datang. Bli Lemed inilah yang menemani kami selama kurang lebih 2 hari di Amed.

Dari Bli Lemed jugalah kami mendapatkan informasi mengenai Golden Spot yang ada di sepanjang Amed seperti Jemeluk Bay dan yang lainnya. (Selengkapnya bisa dibaca disini). Tidak hanya memberi tahu tetapi dia juga mengantarkan kami menuju spot-spot tersebut. Dia bahkan menawarkan diri untuk menemani kami snorkeling namun kami menolaknya karena kami tidak ingin terlalu merepotkannya.

Meskipun tidak sepanjang hari Bli Lemed menemani kami karena memang mata pencaharian utamanya adalah berdagang, namun dia sudah terlebih dahulu memberi tau kami tempat makan yang enak itu ada dimana saja, berapa harga menyewa tempat untuk berjemur di pantai dan tempat menginap yang bagus, murah dan aman itu dimana sehingga kami tidak salah memilih tempat makan atau ditipu soal harga. Yang kami suka dari dia ialah dia itu selalu menyarankan dan bukan memaksakan.

Sebenarnya Bli Lemed ini bukan resmi seorang Guide, dia hanya senang membantu orang lain. Namun yang membuat kami tim Daily voyagers sedikit kaget adalah membantunya itu tidak tanggung-tanggung. Menurutnya, dia senang bisa membantu orang lain karena jarang ada turis yang mengajaknya ngobrol atau meminta tolong padanya. Oh Iya, sebagai tambahan informasi, Bli Lemed ini juga mengalami kesulitan berbicara, cara berbicaranya sedikit terbata-bata tidak seperti orang normal pada umumnya namun kebaikan hatinya telah menutupi kekurangannya tersebut. Dia juga membantu dengan tulus tanpa mengharapkan imbalan sama sekali. Saat kami memberi uang sebagai ucapan terima kasih pun beliau sempat menolak namun kami memaksanya agar dia menerimanya karena kami pun tau kalau dia memang butuh uang tersebut.

Buat yang baru pertama kali mau main ke Amed dan butuh guide mungkin kalian bisa menghubungi Bli Lemed. Bli Lemed itu orangnya asyik kok. Untuk menghubungi Bli Lemed bisa dengan SMS karena kalau Whatsapp tidak pernah dibalas meskipun pesan whatsapp kita delivered atau kalian bisa mencarinya di sekitar Blue Star Cafe and Bunglows, disitu tempat biasa dia menjajakan dagangannya. Untuk yang mau menghubungi Bli Lemed bisa langsung ke nomor 085738980703.

Happy Traveling 🙂

I think there’s nothing more amazing than helping people every day.
–Naomie Harris

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

Darius Go Reinnamah

Twitter: @dgoreinnamah | IG: @dgoreinnamah | FB: dgoreinnamah | youtube: Darius Alexander Go Reinnamah | http://goreinnamah.com

You may also like...