5 Spot yang Wajib dikunjungi jika kamu ke Kebun Raya Bogor

kebun raya

Ingin pergi piknik atau mencari udara segar yang dekat dari jakarta ? Ya, Kebun Raya Bogor bisa jadi salah satu destinasi yang dapat kamu pilih diakhir pekan ini. Letaknya yang mudah diakses dan berada di tengah kota, membuat Kebun Raya Bogor ini selalu ramai saat akhir pekan. Tak hanya anak muda saja, dari anak kecil hingga lansia pun bisa kamu ajak ke tempat ini. Banyaknya pepohonan dan area yang sangat luas, menjadikan Kebun Raya ini sangat cocok untuk dijadikan tempat piknik sekaligus tempat belajar di alam untuk mengenal flora. Bagi voyagers yang sedang atau akan berkunjung ke Kebun Raya Bogor bersama teman, keluarga, saudara maupun seorang diri, berikut rekomendasi spot yang harus kamu kunjungi:

1. Istana Kepresidenan Bogor

Selain varietas pohon yang jumlahnya sangat banyak, di dalam Kebun Raya Bogor juga terdapat  Istana Presiden. Dulu, istana ini dipakai oleh Stamford Raffles pada masa kependudukan hindia belanda. Namun untuk sekarang ini, Istana Presiden yang sering disebut dengan Istana Bogor hanya dibuka untuk umum disaat tertentu saja. Voyagers dapat melihatnya dari belakang atau dari depan sambil memberi makan rusa yang berada disekitar istana. Di belakang istana juga terdapat danau yang dipenuhi oleh bunga teratai, spot yang bagus saat bunga-bunga teratai ini dihinggapi kupu-kupu dengan latar belakang istana yang damai.

2. Museum Zoologi

Selain istana presiden, tempat yang harus voyagers kunjungi selanjutnya adalah Museum Zoologi. Di dalam museum ini terdapat replika rangka-rangka hewan sesuai dengan habitatnya. Museum zoologi dapat digunakan sebagai tempat pembelajaran untuk mengenal fauna melengkapi tujuan wisata kamu di Kebun Raya Bogor ini.

3. Bunga Raflessia Arnoldi

Bagi kamu pecinta flora pasti tidak asing lagi dengan bunga Raflessia Arnoldi atau yang sering disebut juga sebagai bunga Bangkai. Ya, bunga langka ini bisa kamu temukan di Kebun Raya Bogor. Bunga ini sengaja di pindahkan oleh penemunya Mr. Arnoldi yang sebelumnya berada di daerah Bengkulu. Bunga dengan berukuran besar ini hanya berbunga musiman, jadi beruntunglah kamu jika berkunjung saat bunga ini sedang mekar.

4. Jembatan Merah

Selain berbagai jenis flora yang terdapat di Kebun Raya Bogor, tentunya aliran sungai yang mengalir di area kebun ini juga menambah kelengkapan wisata alam yang tak kalah menarik ini. Beberapa spot aliran sungai ini terdapat jembatan gantung yang terbuat dari besi fleksibel dan dicat berwarna merah, oleh karena itu disebutlah jembatan ini sebagai Jembatan Merah. Menurut pengunjung dan warga sekitar, jembatan ini mempunyai mitos bahwa siapa saja pasangan yang sedang menjalin cinta dan melintasi jembatan ini, maka hubungan mereka akan berakhir. Entah benar atau tidak, semua kejadian ini mungkin hanya kebetulan saja.

5. Rumah Anggrek

Bagi kamu pecinta bunga Anggrek jangan sampai terlewat untuk mampir di kawasan Rumah Anggrek Kebun Raya Bogor. Berbagai macam jenis bunga Anggrek dapat kamu temukan di sana. Terdapat 2 rumah kaca di areal Rumah Anggrek ini, satu rumah berisi anggrek hibrida dan satu lagi berisi anggrek alam. Bagi kamu yang ingin belajar mengembang biakkan anggrek, disana juga disediakan tempat edukasi untuk pengembang biakan tanaman Anggrek.

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

Pipit

Programmer who loves code, traveling, food and fashion.
IG @penguintengil
TW @penguintengil
FB http://facebook.com/pipitnurulfitria
Sites http://penguintengil.wordpress.com http://nurulfitria.com

You may also like...