Menginap di Iboih? Eric’s Greenhouse Aja

Jaman Sekolah Dasar dulu mungkin voyagers sering mendengar lagu “Dari Sabang sampai Merauke berjajar pulau-pulau…. ” dan seterusnya. Lagu itu memang terdengar akrab di telinga kita. Tapi pernahkah voyagers berpikir untuk bermain ke Sabang yang merupakan titik paling barat Indonesia? Nah, kalau voyagers punya rencana untuk main ke Sabang (bukan Jl. Sabang yang belakang Sarinah ya), satu hari bukanlah waktu yang cukup untuk berkeliling Sabang. Voyagers paling tidak membutuhkan waktu 3 hari untuk bisa menikmati tempat ini.

Untuk itu pastilah voyagers perlu menyewa sebuah penginapan yang aman dan nyaman untuk bisa beristirahat di malam hari setelah berkeliling Sabang. Pada kesempatan kali ini, Daily Voyagers ingin me-review sedikit salah satu penginapan yang ada di Sabang yaitu Eric’s Greenhouse. Penginapan inilah yang kemarin Daily Voyagers gunakan saat menjelajah Sabang. Siapa tau penginapan ini bisa menjadi pilihan untuk kalian 🙂

Pulau We, letak dimana Sabang berada

Eric’s Greenhouse

Eric’s Greenhouse merupakan salah satu penginapan yang cukup nyaman yang ada di Sabang, lokasi tepatnya adalah di dekat Dermaga Pantai Iboih. Awal mula Daily Voyagers bisa memilih tempat ini sebagai tempat bermalam selama 2 malam di Sabang adalah karena penginapan yang ada di daerah Sumur Tiga itu penuh. Waktu itu Daily Voyagers butuh penginapan yang bisa menampung hingga 6 orang.

Setelah pencarian di beberapa aplikasi pemesanan kamar yang bertebaran di Play Store dan App Store, pilihan pun jatuh kepada penginapan ini (karena masih ada room yang available juga). Kami pun langsung menghubungi pihak Eric yang nomornya tercantum di aplikasi tersebut.

Proses pemesanan kamar di Eric pun tidak begitu ribet. Semua koordinasi kami lakukan via telelpon meskipun sudah ada aplikasi yang bisa memfasilitasi itu semua. Banyak hal yang perlu kami tanyakan pada saat itu, itulah kenapa kami melakukan pemesanan via telepon bukan lewat aplikasi. Di kesempatan kemarin kami melakukan booking tanpa DP, jadi saat kami tiba baru kami lunasi semua biayanya. Nyantai banget kan pihak Eric?

Ada beberapa kamar yang di tawarkan oleh pihak Eric’s Greenhouse, tapi pilihan jatuh pada 2 bungallows yang ada di pinggir pantai yaitu Bungallows nomor 1 dan nomor 4. Sebagai catatan, kami memesan 2 kamar karena di Sabang pria dan wanita yang bukan muhrimnya tidak boleh berada dalam satu kamar (sedangkan kami terdiri dari 4 Pria dan 2 Wanita).

Mari kita bahas lebih detail lagi mengenai bungallows yang Daily Voyagers sewa:

Lokasi

Lokasi Eric’s Greenhouse memang sedikit menanjak namun cukup dekat dari Dermaga Iboih. Dari Dermaga Iboih, voyagers masih harus menaiki beberapa anak tangga (<50 anak tangga) sebelum bertemu dengan papan hijau yang bertuliskan ” Welcome to Ericks Green House & Restaurant” dan sebuah pondok hijau yang merupakan tempat resepsionis. Lokasi Eric’s Greenhouse bisa dibilang yang paling bagus dan paling dekat dibanding penginapan lain di pinggir Iboih yang untuk menjangkaunya saja harus menggunakan perahu atau berjalan cukup jauh.

Salah satu keuntungan menginap di Iboih, terutama di Eric’s ini adalah lokasinya yang sangat dekat dengan Dermaga Iboih dan di depan penginapan itu langsung Pulau Rubiah. Jadi kalau voyagers ingin bermain di Taman Laut Rubiah, voyagers tinggal keluar dari kamar →Jalan ke Dermaga→Sewa Kapal→Snorkeling/Diving di Taman Laut Rubiah. Semua proses tersebut bisa dilakukan kurang dari 10 menit saja.

Reception dari Eric’s Greenhouse

Selamat datang di Eric’s Greenhouse

Keuntungan lainnya adalah penginapan ini dekat dengan Tugu 0 Kilometer dan juga Pantai Gapang. Voyagers hanya membutuhkan waktu 15 menit untuk tiba di Tugu 0 Kilometer yang terkenal akan tugu & rujaknya tersebut dan hanya 6 menit untuk tiba di Pantai Gapang dimana terdapat tank wreck pada bawah lautnya.

Kekurangannya adalah penginapan ini jauh dari pelabuhan, Kota Sabang dan Pantai Sumur Tiga. Butuh waktu kurang lebih 1 – 1,5 jam untuk tiba di Pelabuhan Balohan dan 45 menit untuk tiba di Sumur Tiga yang pasir pantainya sangat halus dan gradasi air lautnya sungguh mempesona itu. Kota Sabang terkenal akan kulinernya dan malam hari adalah waktu yang sangat cocok untuk kulineran di kota Sabang, namun sayangnya Kota Sabang ini cukup jauh dari Eric’s Greenhouse yang berada di Iboih.

Kiri: Jarak Iboih (Eric’s Greenhouse) ke Tugu Kilometer 0
Kanan: Jarak dari Iboih ke Pantai Gapang

Atas: Jarak dari Iboih (Eric’s Greenhouse) ke Sumur TIga dan Kuliner Kota Sabang.
Bawah: Jarak dari Iboih ke Pelabuhan Balohan

Kondisi dan Fasilitas Bungallows

Bungallows yang terbuat dari kayu ini cukup kokoh dan cukup besar sebenarnya untuk bisa menampung 6 orang. Terdapat 1 ruangan besar dengan Double Bed di dalamnya, AC, TV, Lemari, 1 Kamar mandi di dalam dan teras yang cukup besar. (Kalau mau extra bed bisa request).

Kondisi Kamar di Bungallow 4 & 1

Kiri: Teras dari Bungallow 1 yang pemandangannya sedikit tertutup pepohonan.
Tengah: Bungallow 4
Kanan: Kamar Mandi di dalam Bungallow

Penempatan 4 Bungallows di sisi tebing atau pantai ini merupakan hal yang brilliant. Dari teras penginapan ini kita bisa langsung melihat Dermaga Iboih, laut yang biru, Pulau Rubiah dan Pulau Weh yang dipisahkan oleh lautan, kapal-kapal yang mondar-mandir, serta beberapa aktivitas anak -anak yang bermain di pinggir pantai. Ditambah lagi di teras tersbeut disediakan Hammock untuk kita bisa bersantai.

Beberapa kekurangan yang bisa voyagers dapatkan adalah terdapat beberapa lubang di langit-langit di Bungallow 4, Tidak adanya handuk yang disediakan sehingga kita harus bawa handuk sendiri dan Signal WiFi yang tidak sampai ke Bungallow 4. Sisanya berjalan dengan baik mulai dari air di kamar mandi, kunci pintu yang berfungsi baik, TV yang menyala normal dan pelayanannya semua baik.

Pemandangan 4 Bungallows dari Dermaga Iboih.
Bungallow paling kiri pada gambar adalah Bungallow nomor 4

Hammocking di Teras Bungallow

Pemandangan Dermaga Iboih dan Pulau Rubiah langsung dari Teras Bungallow 4

Fasilitas yang termasuk:
- Kamar Mandi di Dalam (Air Tawar)
- TV
- Hammock
- Double Bed
- Free WiFi
Fasilitas Lain:
- Restoran  (Indonesian and Western Food)
- Rental Motor atau Mobil
- Penyewaan Alat Snorkeling
- Teras bersama untuk bersantai
- Laundry
- Antar Jemput ke Pelabuhan

Harga

Harga sewa untuk Bungallows tersebut adalah Rp 350.000/kamar/malam. Price tersebut merupakan harga yang kami bayar untuk penginapan tanpa AC dan tidak termasuk sarapan. (Meskipun di dalam ruangan ada AC namun tidak boleh dinyalakan).

Kesan dan Pesan

Pelayanan yang kami dapatkan cukup baik mulai dari proses pemesanan sampai pelyananan saat kami menginap di sana. Kalau ada beberapa review yang mengatakan di sana terdapat banyak nyamuk, hal tersebut tidak kami jumpai sama sekali. Overall Daily Voyagers merasa puas bisa menginap di sini.

Pesan untuk Voyagers:

  1. Kalau Voyagers ingin benar-benar merasakan penginapan dengan view yang fantastis, pilihlah penginapan di pinggir pantai ini. Dari 1 –  4 Bungallows, pilihlah nomor 4 kalau kamu mau mendapat pemandangan yang paling maksimal dan paling indah. Pemandangan dari Bungallows 1 – 3 sedikit terhalang oleh pepohonan yang tumbuh di sekitar bungallow tersebut. Namun kalau Voyagers ingin bungallow dengan koneksi WiFi paling besar, pilihlah bungallow nomor 1.
  2. Kalau ingin pesan kamar, pesanlah dari jauh-jauh hari penginapan di Sabang pasti penuh di akhir pekan terutama long weekend . Jangan ragu untuk memesan dengan menggunakan aplikasi pada smartphone kalian.
  3. Pakailah Provider merah putih untuk Handphone kalian kalau kalian ingin signal Internet yang bagus.

Pesan untuk Eric’s Greenhouse: Penginapan murah kalian sudah cukup bagus, cocok di kantong para backpacker. Yang perlu ditingkatkan lagi adalah perawatan terhadap Bungallowsnya terutama di bagian Interior.

Nilai

Nilai yang Daily Voyagers untuk penginapan ini adalah 3.9 dari 5.0

Kontak

  1. Eric’s Greenhouse → 085242730564
  2. Sewa Mobil Sabang (Amat) → 085270808485 / 082369286445

Catatan: Daily Voyagers tidak sempat mencoba makanan yang ditawarkan di tempat ini sehingga kami tidak bisa memberikan review soal makanannya.

The great advantage of a hotel is that it is a refuge from home life.

— George Bernard Shaw

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

Darius Go Reinnamah

Twitter: @dgoreinnamah | IG: @dgoreinnamah | FB: dgoreinnamah | youtube: Darius Alexander Go Reinnamah | http://goreinnamah.com

You may also like...