2 Resto Paling Asyik untuk Menikmati Senja di Kupang

Buat kalian, apa sih yang paling menarik dari senja? Kalau untuk saya, yang paling menarik dari senja adalah kombinasi warna yang terbentuk di langit sesaat setelah matahari terbenam. Perpaduan warna oranye dan ungu, ditambah burung-burung dan juga pepohonan yang menghitam membentuk lukisan alam yang benar-benar elok. Memandang keindahan itu meski hanya sebentar bisa membuat hati dan pikiran ini lebih rileks. Masalah-masalah pun seolah berguguran (sementara).

Salah satu senja terbaik yang pernah saya nikmati adalah senja di Kupang, kampung halaman papa saya. Saya masih ingat betul, waktu itu saya menikmati senja dengan ditemani oleh secangkir kopi, sepiring kentang panas, semilir angin, musik daerah yang lembut mengalun, tempat duduk yang nyaman, dan bonus tawa canda hangat dari beberapa orang sahabat. Berlatarkan pemandangan seperti yang saya deskripsikan sebelumnya, lengkap sudah kenikmatan senja di Kupang saat itu. Saya rasa kalian juga menyukai senja dengan nuansa seperti itu, bukan?

Ada dua 2 tempat untuk bisa menikmati senja di Kupang seperti yang saya deskripsikan di atas. Keduanya berada di resto yang terletak di daerah Tenau, daerah pinggir laut dengan panorama yang memesona. Berada di Barat kota Kupang membuat Tenau menjadi salah satu lokasi yang paling tepat untuk menikmati senja di Kupang.

Tanpa berlama-lama, berikut ini saya bagikan 2 resto paling cocok untuk kalian yang ingin menikmati senja di Kupang:

Cafe Tebing

Pintu Masuk Cafe Tebing. Pic via banggawan

Mari kita mulai dari yang paling jauh terlebih dahulu. Seperti namanya, Cafe Tebing ini terletak di pinggir tebing yang berada di depan Dermaga Pelabuhan Tenau. Setelah melalui perjalanan selama ±40 menit dari Bandara El Tari Kupang dengan mobil mengikuti arahan google maps, maka kalian akan tiba di resto ini. Konsep restoran ini mungkin bisa disamakan dengan Rock bar yang ada di Jimbaran, hanya saja ini versi lebih mini dan murahnya. Dan yang membedakannya lagi, di depan Cafe Tebing ini tidak langsung laut seperti di Rock Bar, masih terdapat dermaga dan juga sebuah jalan kecil tempat warga berlalu-lalang.

Ada bagus dan tidaknya sih kondisi tersebut. Sisi baiknya, ada pemandangan tambahan yang sedikit berbeda ketika senja datang. Dari atas tebing, kalian bisa melihat anak-anak lokal bermain di pinggir pantai yang airnya mulai surut. Dengan ceria mereka akan berlarian dan bermain di atas perahu-perahu yang sudah lagi tak bisa melaut sampai air kembali datang untuk mengapungkannya. Pemandangan kapal-kapal dengan berbagai ukuran yang ada di sekitar dermaga juga memberi keindahan yang tersendiri. Sedangkan kekurangannya, kalau menurut saya pribadi, saya tidak bisa melihat birunya laut yang memesona dan merindukan suara deburan ombak yang sesekali menghantam karang.

Sesampainya di lokasi parkir dari Cafe Tebing, kalian akan disambut oleh sebuah pintu kayu yang menjadi gerbang untuk masuk ke Cafe Tebing. Melewati pintu itu, berbagai kursi kayu ditata sedemikian rupa guna memenuhi lokasinya yang tidak terlalu luas. Penataannya pas dan tidak terlalu memaksakan. Dari depan pintu masuk, kalian bisa melihat beberapa meja kayu panjang di sisi kanan dan juga bar tempat para petugas meracik makanan serta meramu minuman bagi tamu yang datang.

Bagian depan Cafe Tebing. Pic via Banggawan

Pemandangan Ketika Masuk. Pic via Banggawan

Ini bagian intinya

Pelabuhan Tenau dari Cafe Tebing

Di pinggir-pinggir tebing, kursi dan meja kayu sudah diatur rapi menghadap ke laut. Karena berada di pinggir tebing dan di atas batu karang, Cafe Tebing ini memiliki 3 tingkatan yang bisa kalian pilih untuk duduk.  Saran saya, pilihlah kursi yang berada di pinggir-pinggir tebing karena di sanalah tempat paling cocok untuk menatap senja. Pepohonan di sekitar resto dan alunan musik yang mengalun semakin menambah kesejukan tempat ini. Soal pemandangan di resto ini? Amazing, seperti yang saya sudah deskripsikan dia atas.

Lalu bagaimana dengan makanan dan pelayanannya? Kalau menurut saya, makanan di sini cenderung biasa saja. Tidak ada makanan khas dari resto ini. Beberapa menunya pun bisa kalian temui di tempat lain seperti kentang goreng, onion ring, ayam goreng. Tidak ada yang spesial. Penyajian makanannya pun bisa dikatakan cukup lama, meskipun tidak lama banget (masih bisa di toleransi). Harga makanannya, bila dibandingkan dengan BIL’s Resto, bisa dikatakan lebih mahal, namun masih tetap cukup bersahabat di kantong. Tersedia beberapa minuman seperti beer, milkshake & whiskey yang siap menemani kalian menghabiskan senja di Kupang.

Menu Ringan di Cafe Tebing. Pic via Banggawan

Di pinggir tebing kan?

Saat matahari mulai pamit

Anak-anak yang bermain dengan penuh keceriaan

Rating

*Nilai 0-100 dimana 100 adalah nilai yang paling baik

**rasa di atas adalah rasa untuk makanan

Alamat

 Alak, City, Alak, Kupang, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, dekat Pelabuhan Tenau. 

Lokasi berdasarkan google maps → INI

Jam Buka

Setiap hari mulai pukul 16:00 – 22:00 WITA

Harga

Untuk minuman mulai dari Rp 15.000 dan makanan mulai dari Rp 25.000

Tambahan

  • Toiletnya bersih
  • Parkir hanya mampur menampung 5-10 mobil
  • Datanglah pukul 16:00 WITA bila kalian ingin memilih tempat duduk. Bila datang sekitar pukul 18:00 WITA, maka tempat ini sudah penuh.
  • Untuk berfoto menggunakan DSLR, Mirrorless atau Drone, dikenakan biaya yang saya lupa harganya. Namun gratis bila total tagihan mencapai Rp 250.000.

BIL’s Resto

BIL’s Resto

Memasuki lokasi kedua untuk menikmati senja di Kupang, saya merekomendasikan BIL’s Resto. BIL sendiri merupakan singkatan dari Bukit Intan Lestari. Lokasinya memang berada di atas bukit, tidak jauh dari Wisata Alam Goa Monyet, sebelum Pelabuhan Tenau. Sama halnya seperti cara menuju ke Cafe Tebing, kalian hanya perlu mengarahkan kendaraan sesuai dengan arahan dari google maps, kurang lebih hanya 30 menit lamanya.

BIL’s Resto ini sedikit lebih modern dari Cafe Tebing. Ia menyediakan 2 tempat untuk makan, yaitu indoor dan outdoor. Untuk menikmati senja secara utuh, tentu saja lokasi outdoor lah yang harus kalian pilih. Di bagian luarnya sendiri, ada 2 tipe tempat lagi yang bisa kalian pilih. Yang pertama adalah pondok dengan berbagai ukuran yang bisa menampung 2-8 orang. Yang kedua, sekaligus yang paling enak, adalah tibe gazebo, lokasinya berada di tower yang terpisah dan lokasinya berada pada daerah tertinggi. Lokasi Gazebo ini cocok sekali buat rombongan.

Makanan dan minuman di Bil’s resto ini juga cenderung enak. Kalau kalian mampir ke sini, kalian wajib mencoba Mie Goreng BIL’s Resto. Mie tersebut disajikan di dalam buah kelapa yang dilubangi, lengkap dengan telur di atasnya. jadi setelah selesai makan mie-nya, kalian bisa menyantap kelapanya. Asyik kan?

Penampakan Bil’s Resto seutuhnya

Penampakan dari senja di kupang via BIL’s Resto

Ada juga ikan kuah asam yang bisa kalian coba. Meskipun tidak terlalu berasa seperti yang ada di Alor, namun kuah asam di Bil’s Resto masih tetap enak. Untuk cemilan sendiri, kalian bisa mencoba Tahu Goreng Crispy-nya. Tahu tersebut dibentuk bulat, lalu digoreng hingga crispy. Saya sendiri sempat terkejut ketika memakannya. Saya adalah orang yang tidak terlalu suka tahu, namun Tahu Goreng Crispy di BIL’s Resto tidak terasa tahunya. Harga-harga menunya sendiri pun cukup murah untuk tempat semewah BIL’s resto.

Lalu bagaimana dengan senja di BIL’s resto? Kalau dibandingkan dengan Cafe Tebing, view senja di sini memang “kalah”, namun masih tetap layak untuk dinikmati. Di depan restoran ini hanya terdapat gudang dengan puluhan Container yang terparkir. Barulah di belakang gudang tersebut laut terbentang luas. Matahari terbenam tepat di arah sebelah kiri dari BIL’s Resto. Lembayungnya masih tetap akan terlihat meskipun proses terbenamnya matahari tidak sempurna sebab dibagian akhirnya, sang surya akan bersembunyi di balik Pulau Semau dan proses pamitnya dari balik horizon tidak akan terlihat.

Untuk menemani senja, tersedia juga live music di sana. Tahu sendiri kan suara orang Kupang itu seperti apa? pasti enak di dengar. Jadi selain makanannya yang enak, suara penyanyinya pun enak. Terdapat bir dan beberapa minuman beralkohol lainnya yang juga bisa kalian pesan di sini.

Hal terakhir yang saya suka dari BIL’s Resto adalah kamar mandinya yang banyak, luas dan bersih. Kalian tidak perlu antri untuk bisa menggunakannya.

Menu Ikan Kuah Asam. Pic via Banggawan

Menu Favorit saya. Mie di dalam Kelapa. Pic via banggawan

Tahu yang tidak seperti tahu saking enaknya

Ini dia Nasi Gorengnya

capcay

Rating

*Nilai 0-100 dimana 100 adalah nilai yang paling baik

**rasa di atas adalah rasa untuk makanan

Alamat

Perumahan Bukit Intan Lestari,, Alak, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (Dekat Wisata Alam Goa Monyet)

Lokasi berdasarkan google maps → INI

Jam Buka

Setiap hari mulai pukul 12:00 – 21:30 WITA

Harga

Minuman mulai dari Rp 10.000 dan Makanan Rp 20.000

Tambahan

  • Terdapat Mushollah di bagian belakang resto.
  • Sampai tulisan ini terbit, proses pambangunan komplek Bukit Intan lestari masih terjadi. Jadi ketika kalian ke sana, mungkin kalian akan berjumpa dengan beberapa alat berat.

******

Itu tadi 2 lokasi resto yang paling saya rekomendasikan untuk menikmati senja di Kupang. Untuk kalian yang ingin berkunjung ke Kupang, pastikan kalian tidak melewatkan sunset di Kota Kasih ini dan merasakannya di tempat yang sudah saya rekomendasikan di atas 🙂

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

Darius Go Reinnamah

Seorang pria yang sedang terus belajar menulis. Alasan menulisnya simple saja, karena "tertampar" oleh kalimat dari Pramoedya yang berbunyi: Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.