Cara Menambahkan Saldo E-Money via Tokopedia

Ada kabar gembira untuk kalian yang suka jalan-jalan dan menggunakan E-Money untuk bertransaksi, baik itu untuk pembayaran tol, pembayaran parkir dan TPE (Terminal Parkir Elektronik), pembayaran kereta (Commuterline, Railink Kualanamu), pembayaran Transjakarta, Transjogja, Batik Solo Trans, dan pembayaran di toko, wahana hiburan dan restoran berlogo E-money. Kini untuk melakukan top up saldo E-Money, kalian tidak lagi harus ke ATM Mandiri atau ke Indom*ret. Kalian cukup melakukannya lewat HP Android kalian.

Yang lebih hebatnya lagi, sekarang top up saldo E-Money lewat HP Android tidak harus menggunakan aplikasi milik Bank Mandiri sebagai pihak yang mengeluarkan kartu nirsentuh tersebut. Bekerja sama dengan Tokopedia, kini kalian bisa melakukan top up saldo via aplikasi tersebut. Enak, bukan? Kalian tidak harus memiliki rekening Mandiri terlebih dahulu untuk bisa menambahkan saldo pada kartu EMoney.

 Lalu apa saja yang perlu dipersiapkan?



  1. HP Android dengan fitur NFC (Near Field Communication).
    Bagaimana bila HP Android saya tidak memiliki fitur tersebut? Ya, mohon maaf. Berarti kalian tidak bisa top up saldo E-Money anda dengan menggunakan telepon genggam.
  2. Aplikasi dengan versi paling baru dari Tokopedia
    Jadi, update selalu ya versi Tokopedia milik kalian di Play Store.
  3. Kartu E-Money
    Nah, ini yang paling penting. Jangan sampai ketika kalian mau top up saldo, eh kalian nggak punya kartunya.
  4. Aplikasi Cek Saldo
    Aplikasi ini untuk memeriksa jumlah saldo yang kalian miliki pada kartu E-Money. Silahkan klik link berikut untuk melakukan instalasi → INI.

Langsung saja saya mulai ya tutorial untuk menambahkan saldo E-Money via aplikasi Tokopedia:

  1. Cek Saldo
    Pertama kali yang perlu kalian lakukan adalah memastikan saldo awal dari kartu E-Money milik kalian. Nyalakan fitur NFC yang ada pada HP Android kalian, lalu tempelkan kartu E-Money pada bagian belakang HP kalian. Bila kalian sudah melakukan instalasi aplikasi Cek Saldo, maka secara otomatis aplikasi tersebut akan terbuka dan memperlihatkan berapa saldo yang kalian miliki.

    Saldo yang saya miliki adalah Rp 100.800

    Jangan lupa untuk mencatat 16 Digit nomor kartu yang tertera, karena nomor tersebut akan kalian gunakan pada tahap berikutnya.

  2. Halaman Utama Tokopedia
    Setelah mengetahui saldo dari kartu E-Money yang kita miliki, sekarang waktunya untuk membuka aplikasi Tokopedia. Untuk bisa melihat menu “E-Money”, pilih tombol “Lainnya” yang ada pada halaman utama.

    Halaman Utama Tokopedia, Pilih “lainnya”

     

  3.  Pilih E-Money
    Setelah menekan tombol “Lainnya”, bermacam menu akan muncul menghiasi layar handphone kalian. Abaikan menu yang lain dan langsung pilih “E-Money”.


    Pilih E-Money

     

  4. Isi Nomor Kartu, Pilih Nominal dan Salin Promo
    Jika sudah, kalian akan melihat halaman untuk melakukan top up. Masih ingat 16 nomor kartu yang tadi saya minta untuk kalian catat, kan? Masukkan nomor tersebut pada bagian Nomor Kartu. Jika sudah, pilih nominal yang ingin kalian tambahkan. Pada contoh kali ini, saya akan menambahkan saldo sebesar Rp 100.000, 00
    Selanjutnya, jangan lupa untuk menyalin kode promo berupa cashback ketika melakukan top up E-Money via Tokopedia (kalau ada). Tekan tombol bayar untuk menuju proses selanjutnya.

    Urutannya adalah dari kiri ke kanan: (1) Isi Nomor Kartu. (2) Pilih Nominal. (3) Salin Kode Promo

     

  5. Check Out alias Waktunya Bayar
    Sekarang kalian akan tiba di halaman check out. Detil dari E-Money kalian akan muncul di sini (nomor kartu, jenis pembayaran, nominal top-up, dan biaya admin). Di ujung kiri bawah, total yang harus kalian bayarkan akan muncul. Sebelum menekan tombol bayar, masukkan terlebih dahulu kode promo atau kupon (jika kalian memang punya). Setelah itu baru tekan tombol bayar.


    Urutannya adalah dari Kiri ke Kanan: (1) Detil transaksi. (2) Masukkan kode promo. (3) Voucher applied dan tekan tombol bayar.

     

  6. Metode Pembayaran
    Enaknya melakukan penambahan saldo E-money di Tokopedia adalah kalian bisa memilih metode pembayaran yang kalian suka. Kalian bisa bayar dengan OVO, pembayaran via bank yang kalian miliki atau kartu kredit. Pada contoh kali ini, saya akan membayar dengan menggunakan OVO karena saldo OVO saya cukup.
    Usai memilih untuk membayar dengan menggunakan OVO, kalian akan diminta untuk memasukkan PIN OVO kalian agar proses pembayaran bisa dilakukan. Pastikan kalian memasukkannya dengan benar agar transaksi berhasil.

    Urutannya dari Kiri ke Kanan: (1) Pilih pembayaran via OVO. (2) Konfirmasi pembayaran. (3) Masukkan pin OVO

     

  7. Saldo Berhasil Ditambahkan
    Apabila pembayaran berhasil, dalam hitungan detik, maka akan ada notifikasi kalau saldo berhasil ditambahkan, baik itu via aplikasi tokopedia atau sms. Namun itu baru sampai pada tahap penambahan saldo di aplikasi tokopedia, belum men-transfernya ke kartu E-Money yang kalian miliki. Untuk meng-update saldo pada kartu, tekan tombol “Update Saldo”.

    Urutannya dari kiri ke kanan: (1) Notifikasi penambahan saldo berhasil dilakukan via aplikasi tokopedia. (2) Notifikasi transaksi berhasil via sms. (3) tahap terakhir alias satu langkah lagi adalah update saldo

     

  8. Update Saldo
    Untuk mengubah saldo pada kartu E-money yang kalian miliki, tempelkan kartu tersebut pada bagian belakang handphone. Sekali lagi, pastikan kalau NFC-nya sudah aktif sebelum kalian menempelkan kartu pada bagian belakang handphone.
    Jika sudah kalian tempelkan dan NFC aktif, maka saldo akan ter-update secara otomatis.

    Urutannya dari kiri ke kanan: (1) Tempelkan Kartu dan NFC Aktif, (2) Saldo berhasil diupdate. (3) Pemeriksaan sald lewat aplikasi Cek Saldo yang menunjukkan jumlah yang sama dengan aplikasi Tokopedia.

Ya, itu tadi sedikit tutorial mengenai cara menambahkan saldo E-Money via aplikasi Tokopedia. Cukup mudah, kan? Sekarang kalian nggak punya alasan lagi deh nggak bisa naik KRL atau nggak bisa bayar tol karena saldo kartunya habis. Lewat Tokopedia, kini semuanya jadi mudah 🙂

Time is more value than money. You can get more money, but you cannot get more time.
–Jim Rohn

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

Darius Go Reinnamah

Seorang pria yang sedang terus belajar menulis. Alasan menulisnya simple saja, karena "tertampar" oleh kalimat dari Pramoedya yang berbunyi: Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.